Comscore Tracker

INDEF: Millennial Terancam Tidak Punya Rumah di Ibu Kota Baru

Harga tanah di Kaltim sudah naik 4 kali lipat

Jakarta, IDN Times - Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Bhima Yudhistira mengatakan, rencana pemerintah untuk memindahkan ibu kota ke Kalimantan Timur, tepatnya ke Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kertanegara, akan mengancam kaum millennials.

Bhima mengatakan, millennials akan terancam tidak bisa memiliki rumah di ibu kota baru, karena harga tanah sudah naik 4 kali lipat. Artinya, pengembang akan menawarkan harga yang lebih tinggi dan tidak dapat dijangkau oleh generasi millennials.

"Harga tanah naik berapa di sana? Coba teman-teman main ke sana, harga tanah naik empat kali lipat, terus properti mau dijual berapa nanti ke kita-kita. Thesis saya, millennials terancam tidak punya rumah di ibu kota baru," kata Bhima saat ditemui di Universitas Pembangunan Nasional, Jakarta Selatan, Rabu (11/9).

Baca Juga: Tol Pertama Ibu Kota Negara Baru Ditargetkan Beroperasi Oktober 2019

1. Hasil riset: 15 persen millennials masih tinggal dengan orang tua

INDEF: Millennial Terancam Tidak Punya Rumah di Ibu Kota BaruIDN Times / Auriga Agustina

Prediksi Bhima terkait millennials tidak dapat memiliki rumah, diperkuat dari hasil riset yang menyebutkan, 15 persen millennials masih tinggal dengan orang tua karena tidak bisa membeli rumah baru, bahkan untuk menyewa kontrakan pun tidak bisa.

"Nanti millennials disuruh kontrak atau KPR di ibu kota baru dengan harga yang lebih mahal, ini akan menjerat generasi ke depannya untuk tidak bisa punya rumah di ibu kota baru," tuturnya.

2. Pendapatan millennials masih rendah

INDEF: Millennial Terancam Tidak Punya Rumah di Ibu Kota BaruIDN Times / Auriga Agustina

Apalagi, kata Bhima, pendapatan millennials rata-rata masih di bawah pendapatan orang tuanya. Karena itu, Presiden Joko "Jokowi" Widodo diharapkan memikirkan bagaimana generasi millennials yang akan tinggal di ibu kota baru dapat fasilitas perumahan.

"Jangan sampai ibu kota pindah, tapi millennialnya jadi gelandangan di ibu kota," ucap dia.

3. Dana ibu kota baru Rp466 triliun

INDEF: Millennial Terancam Tidak Punya Rumah di Ibu Kota BaruIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Sebagai informasi, pemerintah akan memindahkan ibu kota negara dari Jakarta ke Provinsi Kalimantan Timur. Pemindahan itu rencananya mulai dilakukan pada 2024.

Adapun biaya yang dikeluarkan untuk pemindahan ibu kota baru tersebut, sebesar Rp466 triliun.

Baca Juga: Persiapkan Ibu Kota Baru, Kementerian ESDM Tambah Jaringan Gas

Topic:

  • Sunariyah

Just For You