Comscore Tracker

Ini 5 Cara yang Perlu Kamu Coba Agar Hemat Belanja Kue Lebaran

Jangan lupa susun budget ya! #RamadanMasaKini

Jakarta, IDN Times - Tiga minggu lagi umat Muslim akan merayakan Hari Raya Idul Fitri. Tradisi ini menjadi ajang silahturami. Rasa keinginan menyuguhkan yang terbaik untuk kerabat terdekat kita tentu hadir dengan sendirinya, sehingga tak heran jika kue kering sudah mulai diburu untuk menghiasi toples kosong diatas meja rumah.

Kebiasaan ini, menjadi salah satu yang membuat pengeluaran membengkak menjelang Ramadhan. Nah, untuk membantu kamu menghemat pengeluaran saat berbelanja kue, IDN Times telah merangkum tips yang dapat kamu praktekan. 

1. Survei harga

Ini 5 Cara yang Perlu Kamu Coba Agar Hemat Belanja Kue LebaranIDN Times/Aan Pranata

Sebelum memutuskan untuk membeli, survei harga terlebih dahulu tentang harga kue yang akan kamu beli antar toko yang satu dengan toko yang lainnya.

Cara ini dapat membantu kamu menyesuaikan harga dengan dana yang telah kamu siapkan. Dengan langkah ini, kamu bahkan bisa lebih hemat dari perkiraan sebelumnya.

Baca Juga: 4 Cara Liburan Saat Ramadan yang Gak Bikin Kantong Seret

2. Beli di pusat grosir

Ini 5 Cara yang Perlu Kamu Coba Agar Hemat Belanja Kue LebaranANTARA/Andreas Fitri Atmoko

Pusat grosir bisa kamu manfaatkan untuk berbelanja kue Lebaran, dijamin harganya akan jauh lebih murah daripada yang ada di mal atau di toko online. Ditambah lagi meski harga sudah murah, kamu masih tetap dapat menawarnya

Kualitas rasa yang diberikan tentu tidak kalah dengan kue yang ada di mall atau toko online. Bahkan, terkadang pusat grosir menyediakan testimoni untuk kamu.

3. Jangan tergiur oleh potongan harga

Ini 5 Cara yang Perlu Kamu Coba Agar Hemat Belanja Kue LebaranIDN Times/Abdurrahman

Potongan harga menjadi salah satu daya tarik saat berbelanja kue Lebaran. Namun, hal ini justru bisa membuat pengeluaran kamu semakin besar. Taukah kamu bahwa ini merupakan salah satu strategi penjualan untuk menarik minat konsumen?

Saat melihat diskon, sering kali kita langsung memborong tanpa berpikir panjang. Padahal bisa jadi kue yang kita beli tidak bertahan lama.

4. Buat budget pengeluaran

Ini 5 Cara yang Perlu Kamu Coba Agar Hemat Belanja Kue LebaranIDN Times/Aan Pranata

Mempersiapkan budget anggaran untuk membeli kue Lebaran juga penting dilakukan.
Kamu harus ingat bahwa masih banyak kebutuhan lain yang harus kamu keluarkan menjelang Lebaran, seperti membeli baju baru, ongkos perjalanan dan juga memberi THR untuk saudara.

Baca Juga: Tips Hemat Menyiapkan Menu Buka dan Sahur 

5. Buat daftar kue yang akan dibeli

Ini 5 Cara yang Perlu Kamu Coba Agar Hemat Belanja Kue LebaranIDN Times/Humas Pemkab Kutim

Membuat daftar kue yang akan kamu beli untuk Lebaran ialah hal yang wajib. Tanpa membuat daftar, bisa-bisa keranjang belanja kamu akan dipenuhi oleh kue Lebaran yang sebenarnya tidak ingin kamu beli. Daftar belanja akan membantu kamu untuk mengontrol budget belanja, seleksi mana kue Lebaran yang bisa bertahan lama.

Baca Juga: Suka Beli Makanan Online Saat Ramadan? Jangan Asal Pesan, Ini Tipsnya!

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You