Comscore Tracker

Ini Tentang Satyamitra Kemas Lestari, Pemasok Kemasan Brand Ternama

Pabriknya ada di Tenggerang

Jakarta, IDN Times - Iklim pasar modal saat ini dalam tren positif, membuat beberapa perusahaan berlomba melepaskan sahamnya ke publik demi mencari peruntungan.

Salah satunya adalah PT Satyamitra Kemas Lestari. Calon emiten ini digadang-gadang menjadi emiten ke 19 di tahun 2019 atau menjadi perusahaan tercatat ke 636 di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Lalu bagaimana profile singkat perusahaan tersebut?

1. Perseroan memiliki kantor dan pabrik di Tangerang

Ini Tentang Satyamitra Kemas Lestari, Pemasok Kemasan Brand TernamaIDN Times/Auriga Agustina

PT Satya Kemas Lestari pertama kali didirikan di Kabupaten Tangerang pada tanggal 26 Juli 2001.

Saat ini perseroan memiliki kantor dan pabrik di Kawasan Industri Benua Permai Lestari yang terletak di Desa Cisereh, Tigaraksa, Tanggerang, Banten.

Luas tanah untuk pabrik dan kantor masing-masing 14 Ha, dengan bangunan fisik 120.000 m2.

Baca Juga: Sah! Bali United Resmi Melantai di Bursa Efek Indonesia

2. Ini kegiatan usaha perseroan

Ini Tentang Satyamitra Kemas Lestari, Pemasok Kemasan Brand TernamaIDN Times/Auriga Agustina

Perseroan memiliki beberapa kegiatan usaha, di antaranya membuat segala macam kemasan dan kotak dari kertas atau karton yang digunakan untuk pembungkusan atau pengepakan, misalnya kemasan dan kotak dari kertas dan papan kertas begelombang, kemasan dan kotak dari papan kertas yang dilipat, kantong kertas dan lain sebagainya.

Adapun costumer perseroan berasal dari berbagai macam brand ternama, di antaranya Adidas, Loreal, Kratingdeng, New Balance, e-commerce blibli dan JD.id,  JCo Donuts, dan Mayora.

3. Pengembangan usaha dilakukan secara bertahap

Ini Tentang Satyamitra Kemas Lestari, Pemasok Kemasan Brand TernamaIDN Times/Auriga Agustina

Marketing and operation Director Satya Mitra Kemas Lestari mengatakan perseroan mulai berkonsentrasi memproduksi kemasan kertas pada 2005. Perseroan memilih kertas, karena produk tersebut dapat didaur ulang.

Kemudian pada tahun 2010, perseroan mulai memproduksi karton boks dengan cetakan yang cukup bagus. Langkah ini dilakukan, karena pada waktu itu perseroan melakukan kerja sama dengan Adidas sehingga perusahaan tersebut tidak perlu melakukan impor produk kemasan dari luar negeri.

Pada tahun 2017- 2018, perseroan mulai memproduksi kemasan makanan dan minuman. Mayora, Unilever Indonesia dan Ultrajaya Milk, menjadi pelanggan utama produk kemasan perseroan di bidang makanan.

4. Akan mengekspor kantong belanja ke negeri Paman Sam

Ini Tentang Satyamitra Kemas Lestari, Pemasok Kemasan Brand TernamaIDN Times/Auriga Agustina

Pada tahun ini, rencananya perseroan akan mengekspor kantong belanja atau shopping bag ke salah satu perusahaan ritel terbesar asal Amerika Serikat (AS), yakni Walmart.

Langkah tersebut dilakukan, karena menurutnya impor dari negara tersebut meningkat, karena adanya efek perang dagang .

Nilai kontrak kerja sama ekspor kemasan kantong belanja itu senilai US$ 10 juta atau setara Rp 141 miliar dengan asumsi kurs Rp 14.100 per US$.

Baca Juga: Perdana di Bursa Efek Indonesia, BRI Syariah Targetkan Hal Ini

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya