Comscore Tracker

Investor Asing Borong Saham, IHSG Ditutup Terbang ke Zona Hijau

IHSG menguat 1,46 persen

Jakarta, IDN Times - Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG ditutup menguat 81,108 poin atau 1,46 persen ke level 5.652,76 pada perdagangan Senin (23/11/2020).

Volume perdagangan tercatat sebanyak 23,409 juta lembar saham, dengan frekuensi tercatat sebanyak 981,50 kali. Sementara secara kesuluruhan nilai transaksi saham mencapai Rp12,184 triliun.

1. Investor masih optimistis terkait perkembangan vaksin

Investor Asing Borong Saham, IHSG Ditutup Terbang ke Zona HijauIlustrasi Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Saham-saham di sektor Industri dasar menguat 3,20 persen, pertambangan menguat 2,69 persen, dan Infrastruktur menguat 2,58 persen.

"Optimistis, investor dalam negeri berlanjut mengiringi penguatan ekuitas global yang kembali risk off setelah perkembangan vaksin COVID-19 yang mendekati fase terakhir," kata Kepala Riset Relience Sekuritas Lanjar Nafi, Senin (23/11/2020).

2. Investor asing percaya diri beli saham hari ini

Investor Asing Borong Saham, IHSG Ditutup Terbang ke Zona HijauPengunjungi berjalan di samping layar pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Sementara itu, saat dihubungu IDN Times, analis Binaartha Sekuritas Nafan Aji mengatakan menguatnya IHSG diwarani dengan perkembangan terkait efektivitas vaksin COVID-19 dari berbagai perusahaan di negara maju.

Lalu dari dalam negeri, menguatnya IHSG masih diwarnai rasa optimistis investor khususnya investor asing terhadap Omnibus Law Cipta Kerja. Berdasarkan data RTI, hari ini investor asing melakukan beli bersih Rp325,24 miliar.

3. Mayoritas saham Asia ditutup menguat

Investor Asing Borong Saham, IHSG Ditutup Terbang ke Zona HijauANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Mayoritas indeks saham Asia ditutup menguat, Indeks HangSeng menguat 0,13 persen dan CSI300 menguat 1, 25 persen, penguatan mengiringi indeks berjangka AS yang juga bergerak dizona positif. Sementara bursa milik Jepang hari ini tidak beroperasi.

Baca Juga: IHSG Awal Pekan Langsung Melaju ke Zona Hijau

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya