Comscore Tracker

Jelang Natal dan Tahun Baru, Kementan Klaim Stok Daging Sapi Surplus

Stok daging sapi surplus 19.197 ton

Jakarta, IDN Times - Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) mengklaim, menjelang natal dan tahun baru pasokan daging sapi maupun kerbau pada bulan Desember ini mengalami surplus sebesar 19.197,76 ton.

"Kementan meyakini bahwa sampai akhir tahun 2019 dan memasuki tahun 2020, stok pangan asal hewan dalam kondisi yang mencukupi dan harga dapat dijaga stabil," kata Direktur Kesehatan Masyarakat Veteriner Syamsul Ma'arif melalui keterangan tertulis yang diterima Selasa (24/11).

1. Per Desembet stok daging sapi 75.735 ton

Jelang Natal dan Tahun Baru, Kementan Klaim Stok Daging Sapi SurplusIDN Times/Holy Kartika

Menurut Syamsul, Kementan masih memiliki stok 75.735,76 ton daging per Desember. Rinciannya berasal dari stok daging sapi lokal, stok sapi bakalan di feedlotter, stok daging dan jeroan di gudang importir, stok daging kerbau di Bulog, dan stok daging sapi tambahan di Berdikari.

"Dengan kebutuhan daging sebesar 56.538 Ton, maka pada Desember 2019 ini masih ada surplus sebesar 19.197,76 ton," sebutnya.

2. Kebutuhan nasional daging sapi diperkirakan 686.271 ton

Jelang Natal dan Tahun Baru, Kementan Klaim Stok Daging Sapi SurplusIDN Times/M.Idris

Sementara berdasarkan perhitungan kebutuhan dan ketersediaan untuk daging sapi, pada tahun 2019 ini kebutuhan nasional daging sapi diperkirakan sekitar 686.271 ton dengan asumsi konsumsi sebesar 2,56 kg/kapita/tahun.

Ada pun ketersediaan daging sapi berdasarkan produksi dalam negeri sebesar 404.590 ton yang dihasilkan dari 2 juta ekor sapi yang dipotong.

"Berdasarkan data tersebut, masih diperlukan tambahan sebanyak 281.681 ton yang dipenuhi melalui impor, yakni impor sapi bakalan setara 99.980 ton, impor daging sapi 92.000 ton, dan daging kerbau 100.000 ton. Dari impor tersebut ada buffer stock sebanyak 10.299 ton," jelasnya.

3. Daging sapi masih memerlukan dukungan impor

Jelang Natal dan Tahun Baru, Kementan Klaim Stok Daging Sapi SurplusIDN Times/M.Idris

Kendati begitu Syamsul mengakui bahwa ketersediaan daging sapi masih memerlukan dukungan impor.

Namun ia meyakini bahwa dengan program pengembangan sapi yang dilaksanakan pemerintah saat ini, swasembada daging sapi dapat tercapai pada tahun 2026.

"Pemenuhan kebutuhan daging sapi nasional, pemerintah berkomitmen untuk terus mengakselerasi peningkatan populasi dan produktivitas sapi dengan Program Sikomandan (Sapi-Kerbau Komoditas Andalan Negeri) yang akan segera diluncurkan," jelasnya.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Meski Dapat Izin, Bulog Enggan Impor Daging Sapi Brasil Tahun Ini

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya