Comscore Tracker

Kementerian BUMN Tanggapi Balik Tudingan Andi Arief Soal Jiwasraya

Perusahaan Erick Thohir dituding terlibat dengan Jiwasraya

Jakarta, IDN Times - Staf Khusus Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Arya Sinulingga menanggapi tudingan Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Andi Arief yang mengatakan perusahaan milik Menteri BUMN Erick Thohir terlibat kasus Jiwasraya.

Menurut Arya investasi saham yang dilakukan Jiwasraya terhadap saham di perusahaan Erick Thohir yakni Mahaka Media Tbk (ABBA) adalah hal yang umum dilakukan di bursa saham.

Ia mencontohkan jika orang membeli saham di suatu perusahaan, pemilik perusahaan tidak akan tahu siapa investor yang membeli saham itu.

"Ini pemelintiran. Omongan Andi Arief mungkin dia gak pernah main atau beli saham di market, akibatnya dia tidak tahu orang bisa beli saham suka-suka," katanya di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (26/12).

Baca Juga: Pengamat: Ada yang Berusaha Mengaburkan Masalah Hukum Jiwasraya

1. Kasus Jiwasraya tidak dapat ditangani cepat karena sudah lama

Kementerian BUMN Tanggapi Balik Tudingan Andi Arief Soal JiwasrayaANTARA FOTO/Galih Pradipta

Selanjutnya Arya menjelaskan, sejatinya kasus yang dialami Jiwasraya sudah berlangsung cukup lama, sehingga proses penyelesaiannya juga tidak dapat dilakukan dengan cepat-cepat. Bukan seperti yang dituduhkan yakni berbelit-belit.

"Kalau ada yang katakan Jiwasraya kasusnya hanya 2017, ini justru ada usaha untuk menutupi kerusakan Jiwasraya sejak 2006, malah bisa membuat yang seharusnya diduga ada pelanggaran malah enggak ada pelanggaran," tuturnya.

2. Jiwasraya pernah melakukan mark up keuangan untuk jadi sponsor klub liga Inggris

Kementerian BUMN Tanggapi Balik Tudingan Andi Arief Soal JiwasrayaAntara Foto

Arya membeberkan, kasus lain yang pernah dilakukan oleh Jiwasraya melakukan mark up laporan keuangan untuk menjadi sponsor salah satu klub Liga Inggris, Manchester City.

"Bayangkan kalau kita lihat pada 2014, posisi Jiwasraya sudah jelek tapi masih bisa mark up agar bisa menjadi sponsor Manchester City," tuturnya.

3. Tudingan terhadap Erick Thohir itu disampaikan oleh Andi Arief melalui Twitter

Kementerian BUMN Tanggapi Balik Tudingan Andi Arief Soal JiwasrayaTwitter/ @AndiArief_

Sebagai informasi saja, sebelumnya Andi Arief meminta penyelesaian kasus Jiwasraya tidak harus dilakukan berbelit-belit. Dalam kicauan itu, Andi Arief mempersoalkan perusahaan Menteri Badan Usaha Milik Negara yang sahamnya ditempatkan Jiwasraya dalam berinvestasi.

''Tak usah muter-muter dan berpolitik dalam selesaikan kasus jiwasrayagate. Selesaikan dengan jujur. Ada yg diduga pelaku yang ditarik jadi orang penting di staf Presiden. Menurut BPK Ada yg diduga perusahaan yg ditempatkan sahamnya oleh Jiwasraya, dan pemiliknya adalah Menteri BUMN," cuit Andi di akun Twitternya.

Sebagai informasi saja Erick Thohir merupakan pendiri Mahaka Media Tbk (ABBA).

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Selamatkan Keuangan, Jiwasraya Akan Lepas Saham Bernilai Rendah

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya