Comscore Tracker

Kerja Sama dengan Korsel, Juni Kalbe Farma Uji Klinis Vaksin Corona

Kalbe Farma telah meneken nota kesepahaman 

Jakarta, IDN Times - PT Kalbe Farma Tbk menandatangani nota kesepahaman dengan Genexine, Inc, sebuah perusahaan obat biologi dari Korea Selatan, untuk mengembangkan vaksin corona virus baru atau COVID-19.

“Kerja sama pengembangan vaksin COVID-19 ini merupakan kontribusi Kalbe untuk membantu pemerintah mengatasi pandemik COVID-19 di Indonesia,“ kata Direktur PT Kalbe Farma Sie Djohan, melalui keterangan yang diterima IDN Times, Jumat (29/5).

Adapun uji klinis vaksin COVID-19 ini rencananya akan dilakukan pada Juni 2020.

Baca Juga: [WANSUS] Pakar Epidemiologi: Temuan Vaksin Tak Membuat COVID-19 Hilang

1. Diharapkan dapat segera membuahkan hasil

Kerja Sama dengan Korsel, Juni Kalbe Farma Uji Klinis Vaksin CoronaIlustrasi Petugas Lab (Dok. Istimewa)

Kalbe dan Genexine sepakat untuk melakukan uji klinik GX-19 di Indonesia, yakni pengembangan vaksin DNA terhadap virus corona oleh konsorsium dengan Genexine, Binex, the International Vaccine Institute(IVI), GenNBio, the Korea Advanced Institute of Science & Technology (KAIST), and Pohang University of Science & Technology (POSTECH).

“Kalbe berharap melalui upaya penelitian dan pengembangan vaksin COVID-19 ini secara cepat bisa mendapatkan hasil, sehingga kebutuhan vaksin di Indonesia dapat terjamin ketersediaannya,“ ucap dia. 

2. Riset vaksin diklaim telah dilakukan dan terbukti mampu menetralisir virus corona

Kerja Sama dengan Korsel, Juni Kalbe Farma Uji Klinis Vaksin CoronaRUPST Kalbe Farma (Dok. Kalbe Farma)

Menurutnya, riset vaksin ini telah dilakukan kepada primata, dan telah terbukti menghasilkan antibodi yang mampu menetralisir virus corona, sehingga tahap berikutnya akan diuji kepada manusia.

Lebih lanjut, Sie Djohan juga menambahkan bahwa Kalbe akan menggandeng lembaga pemerintah terkait untuk berkolaborasi mengembangkan vaksin COVID-19, sehinggga proses penelitiannya berjalan lancar dan hasilnya dapat dimanfaatkan untuk kepentingan kesehatan masyarakat Indonesia.

3. Kalbe Farma bekerja sama dengan Genexine di Korea Selatan sejak 2016

Kerja Sama dengan Korsel, Juni Kalbe Farma Uji Klinis Vaksin CoronaRUPST Kalbe Farma (Dok. Kalbe Farma)

Sebelumnya diberitakan, Kalbe Farma sedang merancang proposal kerja sama dengan perusahaan farmasi Korea Selatan, Genexine Inc. Kerja sama ini dilakukan untuk mengembangkan obat COVID-19.

"Yang sudah banyak kerja sama sejak 2016 adalah Genexine di Korea Selatan. Karena mereka banyak teknologi baru di biotech dan vaksin," kata Direktur Utama Kalbe Farma Vidjongtius dalam video conference, Senin (18/5).

Vidjongtius mengatakan, 2 pekan lalu pihaknya masih merancang proposal kerja sama. Diharapkan dalam waktu satu hingga dua bulan akan ada proposal konkret bentuk kerja sama.

"Seperti apa, caranya bagaimana, kami juga komunikasi dengan BPOM agar berjalan baik," ujarnya.

Baca Juga: Duterte Tak Izinkan Siswa Sekolah Hingga Vaksin COVID-19 Ditemukan

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya