Comscore Tracker

Kerjar Target Selamatkan Jiwasraya, IFG Life Segera Ajukan Izin ke OJK

Ditargetkan rampung Desember

Jakarta, IDN Times - Selangkah lagi, perusahaan pengganti Jiwasraya, IFG Life, akan segera terbentuk. IFG Group, selaku induk holding telah mengajukan izin kepada Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan selanjutnya ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Kami sudah melakukan persiapan pembentukan IFG Life 4-5 bulan," kata Direktur Bisnis IFG Group Pantro Pander Silitonga melalui siaran virtual, Selasa (20/10/2020).

1. Berikut persiapan yang sudah dilakukan

Kerjar Target Selamatkan Jiwasraya, IFG Life Segera Ajukan Izin ke OJKDirektur Bisnis IFG Group, Patro Pander Silitonga (Tangkap Layar IDN Times/Auriga Agustina)

Dia mengatakan persiapan pembentukan sudah dilakukan mulai dari operasional, model bisnis, sumber daya manusia dan teknologi. 

"Kami menyiapkan orang-orang kami sekitar 1.100 agen produktif untuk membantu penjualan IFG Life. Kemudian mempersiapkan IT yang mumpuni untuk mendukung operasional, serta menyiapkan SOP. Semoga semua ini selesai sebelum akhir tahun," jelasnya.

Baca Juga: Jadi Holding BUMN Asuransi, Aset IFG Tembus Rp72,5 Triliun

2. Berikut strategi IFG Life

Kerjar Target Selamatkan Jiwasraya, IFG Life Segera Ajukan Izin ke OJKDirektur Keuangan dan Umum IFG Rizal Ariansyah, dalam konferensi pers Perubahan Brand dan Logo BPUI menjadi IFG, Selasa (20/10/2020) (Tangkap Layar IDN Times/Auriga Agustina)

Nantinya, menurut dia, IFG Life akan didukung digitalisasi serta SDM yang handal, dengan memanfaatkan produktivitas digital untuk relationship manager (RM) dan agen, kapabilitas dana analisis, serta digital platform sebagai direct channel

Selanjutnya, memanfaatkan ekosistem BUMN sebagai target market melalui partnership dengan ekosistem BUMN. Hal ini, menurut dia, untuk mendapatkan bisnis korporasi (grup), karyawan, dan pelanggan BUMN. 

"Selain itu, memanfaatkan jaringan agensi yang menargetkan masyarakat di luar ekosistem BUMN. Kemudian melakukan cross selling terhadap nasabah Jiwasraya yang sudah ada."

3. Akan didirikan Desember 2020

Kerjar Target Selamatkan Jiwasraya, IFG Life Segera Ajukan Izin ke OJKGedung BUMN. (IDN Times/Indiana Malia)

Sebelumnya, Kementerian BUMN melalui Badan Usaha Binaan Usaha Indonesia atau BPUI menyatakan akan mendirikan IFG Life, sebuah perusahaan asuransi penyelamat PT Asuransi Jiwasraya pada akhir tahun 2020.

“Kita targetkan Desember 2020, dapat izin dari OJK. Kita sudah siapkan berkasnya untuk IFG Life. Dengan IFG Life BUMN punya asuransi baru yang kuat dan mampu bersaing di Indonesia,” kata Direktur Utama BPUI Robertus Bilitea melalui virtual conference, Minggu (4/10/2020) malam.

Dia optimistis bahwa IFG Life akan tumbuh menjadi perusahaan asuransi yang sehat. Menurut dia, nantinya IFG Life ini akan disinergikan dengan perusahaan-perusahaan asuransi di bawah BPUI.

"Sinergi ini akan secara langsung memberi energi lain. Dan ujungnya memberi profitabilitas bagus buat perusahaan dan memastikan perlindungan pemegang polis ke depannya. Eks Jiwasraya dapat dijalankan dengan baik," tuturnya.

Baca Juga: IFG Life, Perusahaan Asuransi Penyelamat Jiwasraya Beroperasi Desember

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya