Comscore Tracker

Kini Akra Mulai Merambah Bisnis Avtur

Sudah dilakukan sejak 13 Agustus

Jakarta, IDN Times - PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) mulai merambah bisnis avtur seiring dengan peluang tumbuhnya bandara baru, khususnya di Indonesia Timur. Penjualan avtur ini sudah dilakukan sejak 13 Agustus 2019.

"Kami ingin menyampaikan berita gembira bahwa sudah dilakukan soft opening di awal Agustus kemarin dan telah siap depot pengisian avtur di sana (Morowali),” kata Business Development & JV Relationship AKR, V Suresh, di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa ( 27/8).

Baca Juga: Resmi! Pertamina Turunkan Harga Avtur Mulai Hari Ini

1. Dilakukan melalui joint venture antara British Petroleum

Kini Akra Mulai Merambah Bisnis AvturANTARANEWS/Reuters

Ia menjelaskan, proses distribusi ini dilakukan melalui joint venture antara British Petroleum (BP) dengan anak usaha perseroan yakni PT Aneka Petorindo Raya (APR). Kendati begitu, ia tidak menjelaskan nilai investasi dan jumlah avtur yang disalurkan.

2. Akra akan fokus ke wilayah lain selain Indonesia bagian Timur

Kini Akra Mulai Merambah Bisnis AvturIDN Times / Auriga Agustina

Pada kesempatan yang sama, Corporate Secretary and Head of Investor Relations PT AKR Corporindo Tbk Ricardo Silaen mengatakan saat ini, Akra tengah fokus mendistribusikan avtur di Indonesia bagian Timur. Meski demikian, menurutnya, tidak menutup kemungkinan akan merambah ke wilayah lainnya.

"Kami masih fokus di Indonesia Timur dulu. Kedepannya kami bisa buka di beberapa bandara," tuturnya.

3. Laba mengalami penurunan

Kini Akra Mulai Merambah Bisnis AvturANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Pada semester-I 2019, Akra mencatatkan laba bersih sebesar Rp309,76 atau turun 65,14 persen dibandingkan pada periode yang sama pada tahun lalu. Sedangkan, laba kotor semester-I sebesar Rp837 miliar dan laba usaha sebesar Rp493 miliar, masing-masing turun sebesar 2 persen. Penurunan tersebut diklaim dipengaruhi oleh pergerakan harga minyak bumi dan bahan kimia dunia.

Baca Juga: Tak Lagi Impor, Jokowi Mau RI Ekspor Avtur

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya