Comscore Tracker

Kompak dengan Bursa Global, Rabu Pagi IHSG Melaju di Zona Hijau 

Investor percaya pembukaan ekonomi di AS pulihkan keadaan

Jakarta, IDN Times - Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG dibuka menguat 27,75 poin atau 0,57 persen ke level 4.875,26 pada perdagangan, Rabu (3/6).

Sebanyak 47 saham terpantau menguat, 11 saham menurun, dan 13 saham tidak mengalami perubahan.

Adapun volume saham yang diperdagangkan pada pagi ini sebanyak 11.462 juta, dengan transaksi sebesar Rp14.013 miliar saham dan jumlah frekuensi sebanyak 849 kali.

Baca Juga: Normal Baru Segera Diterapkan Bulan Depan, IHSG Ditutup Bertenaga

1. Investor percaya pembukaan kembali ekonomi di AS dan negara lain bisa pulihkan keadaan

Kompak dengan Bursa Global, Rabu Pagi IHSG Melaju di Zona Hijau Pengunjungi mengamati layar pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper Jordan sebelumnya sudah memprediksi, bahwa IHSG akan melaju ke zona hijau pada perdagangan pagi ini.

Alasannya, investor percaya bahwa pembukaan kembali ekonomi di AS dan negara lain akan memulihkan kondisi ekonomi yang saat ini sedang terpuruk.

Kendati demikian, kata dia, penguatan memang sangat terbatas karena masih banyaknya ketidakpastian akibat new normal atau normal baru.

Dia memprediksi, IHSG akan bermain di level Support 4.772 - 4.734 dan Resistance  4.903 - 4.959.

2. Mayoritas bursa Asia dibuka menguat

Kompak dengan Bursa Global, Rabu Pagi IHSG Melaju di Zona Hijau Ilustrasi stimulus ekonomi. (IDN Times/Mia Amalia)

Tak hanya IHSG, saham-saham bursa kawasan Asia juga kompak dibuka menguat pada pagi hari ini. Indeks Nikei 225 naik 2,05 persen, Indeks Topix menguat 1,39 persen. Sementara Kospi mengalami kenaikan 1,37 persen. 

3. Bursa AS ditutup menguat

Kompak dengan Bursa Global, Rabu Pagi IHSG Melaju di Zona Hijau Presiden Amerika Serikat Donald Trump berbicara kepada wartawan di Gedung Putih sebelum ia berangkat menuju Michigan saat pandemik COVID-19 di Washington, Amerika Serikat, pada 21 Mei 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Jonathan Ernst

Bursa Amerika Serikat juga ditutup menguat. Dow Jones ditutup 25,742.65 menguat 1.05 persen, NASDAQ ditutup 9,608.38 menguat 0.59 persen, S&P 500 ditutup 3,080.82 menguat 0.82 persen, bursa saham US ditutup menguat meskipun masih terjadi kerusuhan dan penjarahan di beberapa kota.

"Investor masih bertaruh pada pembukaan kembali ekonomi di US daripada terfokus pada kerusuhan dan penjarahan yang sedang terjadi. Kejadian ini dibandingkan terhadap tahun 1968 yang jauh lebih mematikan," kata Dennies.

Dia melanjutkan, "namun risiko di luar itu masih tetap ada, di mana risiko geopolitik dari tensi dagang antara US-Tiongkok masih belum mereda. Bursa saham Asia juga terlihat optimis atas pembukaan kembali ekonomi di negara-negara Asia Pasifik."

Baca Juga: Dibayangi Ketidakpastian COVID-19, Rabu Pagi IHSG Bergerak Dua Arah

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya