Comscore Tracker

Kunjungan Wisatawan Mancanegara Tahun Ini Naik

Wisman dari Malaysia terbanyak berkunjung ke Indonesia

Jakarta, IDN Times -  Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto mengatakan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia mengalami kenaikan 1,10 persen pada Mei 2019, secara year on year (yoy). Kendati demikian, jika dibandingkan April, pada Mei jumlah kunjungan wisman mengalami penurunan sebesar 3,19 persen.

"Terjadi penurunan pada Mei 2019 karena musiman, di mana Mei 2019 ini Ramadannya hampir full dari awal sampai akhir bulan," katanya di kantor BPS, Senin (1/7).

Secara kumulatif Januari hingga Mei 2019, jumlah kunjungan wisman ke Indonesia mencapai 6,37 juta kunjungan atau naik 2,70 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada 2018 yang berjumlah 6,20 juta kunjungan.

1. Jumlah wisman yang melalui pintu masuk udara menurun

Kunjungan Wisatawan Mancanegara Tahun Ini NaikANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Suhariyanto mengatakan, jumlah kunjungan wisman ke Indonesia yang datang melalui jalur udara pada Mei 2019 mengalami penurunan sebesar 11,37 persen, dibandingkan jumlah kunjungan wisman pada bulan yang sama tahun sebelumnya.

Penurunan kunjungan wisman tersebut, terjadi di delapan pintu masuk udara. Persentase penurunan tertinggi tercatat di Bandara Internasional Lombok, Nusa Tenggara Barat yang mencapai 62,18 persen, diikuti Bandara Juanda, Jawa Timur 40,18 persen, dan Bandara Ahmad Yani, Jawa Tengah 37,84 persen.

2. Jumlah hunian kamar hotel menjadi salah satu cermin turunnya wisman yang berkunjung

Kunjungan Wisatawan Mancanegara Tahun Ini NaikIDN Times/Auriga Agustina

Penurunan jumlah wisman juga tercermin dari penurunan tingkat penghunian kamar (TPK) hotel. Jika berdasarkan kelompok hotel berbintang, pada Mei 2019, rata-rata mencapai 43,53 persen atau turun 10,33 persen, dibandingkan tahun sebelumnya pada priode yang sama.

Demikian pula, jika dibandingkan dengan TPK klasifikasi hotel berbintang, pada Mei 2019, mengalami penurunan 10,37 persen jika dibandingkan April lalu.

3. Wisman dari malaysia mendominasi

Kunjungan Wisatawan Mancanegara Tahun Ini NaikANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Dari 1,26 juta kunjungan wisman ke Indonesia pada Mei 2019, wisman dari Malaysia mendominasi yakni sebanyak 252 ribu kunjungan atau sekitar 20,12 persen dari total kunjungan. Angka tersebut naik dari periode yang sama pada tahun lalu, yaitu 180 ribu kunjungan dengan kontribusi 14,49 persen. 

Disusul wisman dari Tiongkok sebanyak 165.074 kunjungan, Singapura 136.346 kunjungan, Australia dengan 108.057 kunjungan, dan Timor Leste 100.338 kunjungan.

Baca Juga: Dampak Perang Dagang, Indonesia Berpeluang Tarik Wisatawan Tiongkok

4. Wisatawan dari wilayah Timur Tengah paling sedikit

Kunjungan Wisatawan Mancanegara Tahun Ini NaikIDN Times/Rehuel ​Willy Aditama

Sementara dari segi kawasan, kunjungan wisman ke Indonesia yang paling besar sejak Januari hingga Mei 2019 berasal dari ASEAN dengan 2,5 juta kunjungan, sedangkan pengunjung paling sedikit adalah wisman yang datang dari wilayah Timur Tengah, yaitu sebesar 13,84 persen.

"Jumlah wisman yang berkunjung ke Indonesia masih mengalami peningkatan. Diketahui Kementerian Pariwisata membuat berbagai kebijakan untuk meningkatkan kunjungan wisman dengan harapan performa ke depan semakin bagus, karena potensi pariwisata Indonesia luar biasa," katanya.

Baca Juga: Genjot Wisatawan, Jabar Siapkan 262 Acara Menarik hingga Akhir Tahun 

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You