Comscore Tracker

Lagi-Lagi Investor Asing Kabur dari Pasar Saham Indonesia

Perang dagang dan sentimen politik masih menjadi penyebab utama

Jakarta, IDN Times - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali tutup melemah 1,42 persen atau menyentuh level 5.895 pada Kamis (16/5) .

Tercatat asing melakukan jual bersih sebesar Rp 6.86 miliar, angka ini lebih besar dari net sell yang dilakukan asing kemarin yakni Rp 458,1 miliar.

1. Perang dagang masih membayangi investor asing keluar dari pasar saham

Lagi-Lagi Investor Asing Kabur dari Pasar Saham IndonesiaIDN Times/Auriga Agustina

Menurut Analis Binaartha Sekuritas Nafan Aji, sentimen yang membuat Asing kembali melakukan jual beli hari ini karena perang dagang antara AS dan China belum terlihat ada solusi, hal ini membuat investor asing khawatir, sebab jika negeri Paman Sam dan negara tirai bambu tesebut tidak segera melakukan negosiasi, ekonomi global diprediksi akan mengalami perlambatan.

"Mereka cenderung menghindari aset-aset yang berisiko secara psikologis, untuk saat ini," katanya kepada IDN Times,Kamis (16/5).

Baca Juga: Baru IPO, Ini Rencana Bisnis Jasnita Telekomindo Agar Stabil Di Bursa

2. Sejak memasuki tahun politik awal tahun ini, asing sudah melakukan jual beli

Lagi-Lagi Investor Asing Kabur dari Pasar Saham IndonesiaIDN Times/Auriga Agustina

Di sisi lain Analis Jasa Utama Chris Apriliony menilai, sejatinya bukan hari ini saja Asing keluar dari pasar saham, berdasarkan data RTI secara Year to Date nett sell asing tercatat Rp 1,21 triliun.

Menurutnya situasi kondisi politik di Indonesia yang belum kondusif, menjadi salah satu penyebab Asing pergi dari pasar saham Indonesia.

"Setidaknya mereka keluar sampai ekonomi stabil, terutama dalam negeri menjelang pengumuman KPU setidaknya Indonesia aman," jelasnya.

3. Belum ada strategi yang dapat menarik asing masuk kembali

Lagi-Lagi Investor Asing Kabur dari Pasar Saham IndonesiaIDN Times/Auriga Agustina

Selanjutnya William Hartanto Analis Panin Sekuritas mengatakan, belum ada strategi yang dapat dilakukan oleh Pemerintah untuk menarik asing masuk kembali, pasca terjadinya perang dagang.

"Sejak perang dagang, apa pun yang dilakukan pemerintah belum sanggup menarik asing kembali selama situasi eksternal juga belum mendukung, " tuturnya.

4. Program pembangunan infrastruktur dan kawasan industri bisa menarik minat asing

Lagi-Lagi Investor Asing Kabur dari Pasar Saham IndonesiaIDN Times/Auriga Agustina

Namun William mengatakan, setelah perang dagang meredah yang dapat menarik asing masuk kembali ke pasar saham adalah program pemerintah yang memungkinkan mereka untuk berinvestasi dengan return yang tinggi, seperti program pembangunan infrastruktur maupun kawasan industri.

"Return tinggi karena masih banyak infrastruktur yang tertinggal dan kawasan industri yang belum dikembangkan, " tambahnya.

Baca Juga: Neraca Dagang Defisit, Ini Strategi Genjot Ekspor dan Tarik Investasi

Topic:

  • Dwi Agustiar
  • Anata Siregar

Just For You