Comscore Tracker

Langkah-langkah agar Tetap Aman Berbelanja di Bandara Soekarno Hatta 

Gerai ritel di bandara mulai dibuka

Jakarta, IDN Times - Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan bandara-bandara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura II telah kembali membuka layanan tenant ritel dan food and beverage. Pembukaan ini disertai sejumlah aturan yang diterapkan pihak bandara.

"Tenant komersial harus memenuhi ketentuan, antara lain penyemprotan disinfektan secara berkala di area tenant, kewajiban penggunaan masker bagi karyawan tenant, serta memonitor kesehatan karyawan tenant," kata President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, melalui keterangannya yang dikutip Selasa (16/6).

Nah, bagi kamu yang menjadi pengunjung yang akan berbelanja di tenant-tenant Bandara Soekarno Hatta, perhatikan aturan ini. Selama masih pandemik COVID-19, kamu perlu menerapkan hal-hal yang diimbau pihak bandara berikut ini:

Baca Juga: 3 Jurus Angkasa Pura II Pertahankan Bisnis di Tengah COVID-19

1. Bertransaksi secara cashless dan ikuti aturan standar untuk kesehatan

Langkah-langkah agar Tetap Aman Berbelanja di Bandara Soekarno Hatta Ilustrasi berbelanja cashless (Dok. Angkasa Pura II)

Pertama, penumpang pesawat atau pengunjung bandara wajib menggunakan masker ketika berada di salah satu tenant. Jangan lupa, menggunakan hand sanitizer setelah menyentuh barang-barang.

Kedua, pengunjung juga diimbau bertransaksi secara cashless dengan menggunakan dompet digital, uang elektronik, kartu debit, atau kartu kredit.

"Saat ini aspek kebersihan dan kesehatan dikedepankan, sehingga mungkin membutuhkan waktu lebih untuk memproses segalanya di tenant komersial. Misalnya dalam hal pembayaran dilakukan secara cashless, serta lalu lalang di dalam tenant juga tidak bebas seperti halnya dalam keadaan normal," ujarnya

Untuk menjaga agar penumpang tetap higienis, penumpang diminta tidak langsung menggunakan barang-barang yang baru dibeli. Seringkali penumpang pesawat membeli barang untuk mendukung penerbangan seperti kabel charger, powerbank, tas, hingga travel pillow. Sebaiknya barang-barang tersebut terlebih dahulu dibersihkan menggunakan cairan disinfektan.

"Atau apabila tidak memungkinkan maka sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu di kota tujuan sebelum digunakan."

2. Perkirakan waktu agar tidak ketinggalan pesawat

Langkah-langkah agar Tetap Aman Berbelanja di Bandara Soekarno Hatta Protokol kesehatan di Bandara Soetta (AP II)

Untuk mengantisipasi waktu lebih lama dalam berbelanja itu, hal selanjutnya yang tidak kalah penting ialah masalah waktu. Penumpang pesawat harus memperhitungkan betul apakah masih memiliki waktu yang cukup untuk berbelanja. Jangan sampai ketinggalan pesawat ya!

Untuk menghemat waktu dan berbelanja secara cepat sehingga tetap bisa menjaga physical distancing. Upayakan sebelum tiba di bandara sudah mengetahui barang atau makanan apa yang ingin dibeli di terminal penumpang.

Baca Juga: Bandara Beroperasi di Masa Pandemik, AP II Siapkan Cek Dokumen Digital

3. Tetap physical distancing di mana pun termasuk saat berbelanja atau makan di tenant

Langkah-langkah agar Tetap Aman Berbelanja di Bandara Soekarno Hatta Protokol kesehatan di Bandara Soetta (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Poin keempat, pihak Angkasa Pura menyarankan penumpang pesawat sebaiknya memesan makanan dan minuman untuk dibawa, atau tidak makan di tempat. Hal ini demi menjaga physical distancing.

"Makanan yang dibawa tersebut dapat dinikmati di kursi yang tersedia di boarding lounge atau area lainnya, di mana di jajaran kursi tersebut sudah terdapat rambu-rambu physical distancing," ucapnya.

Jika memang akan menyantap di lokasi tenant, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan. Penumpang pesawat dan karyawan tenant harus memperhatikan physical distancing. Ketika ingin memasuki area tenant, penumpang harus bergantian atau tidak bergerombol.

"Begitu juga antrean saat proses transaksi harus menerapkan physical distancing sedikitnya dengan jarak 2 meter. Di restoran, meja untuk makan sudah diatur sedemikian rupa," jelasnya.

4. Bandara Soekarno Hatta menyiapkan layanan ritel di segmen kesehatan

Langkah-langkah agar Tetap Aman Berbelanja di Bandara Soekarno Hatta Digital Wayfinding, Bandara Soekarno Hatta (Dok. Angkasa Pura II)

Selain itu, Bandara Internasional Soekarno-Hatta saat ini tengah menyiapkan layanan ritel di segmen kesehatan guna mendukung penumpang pesawat di tengah pandemik COVID-19.

“Pada prinsipnya kami ingin agar alat pelindung diri seperti masker, hand sanitizer, face shield, sampai dengan obat kumur antiseptik dapat dengan mudah didapat di bandara-bandara PT Angkasa Pura II," jelas Awal.

Layanan pertama yang tengah disiapkan yakminvending machine untuk memasarkan APD seperti masker, face shield, antiseptik mulut dan sarung tangan. Layanan kedua yakni digital wayfinding atau mesin peta digital di terminal penumpang yang difungsikan sebagai media e-commerce untuk pemesanan APD dan obat-obatan.

Layanan ketiga yakni health center yang merupakan tempat bagi calon penumpang pesawat dapat melakukan rapid test atau PCR test, serta layanan medical check up dan menyediakan produk kesehatan, farmasi dan APD.

"Ketiga layanan ini akan diluncurkan dalam waktu dekat di Soekarno-Hatta, kemudian menyusul di bandara lainnya," jelasnya. 

Baca Juga: Ini Pedoman Operasional Bandara Angkasa Pura II saat New Normal

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya