Comscore Tracker

Lewat Sri Mulyani, Presiden Jokowi Titip Pesan untuk Dirjen Pajak Baru

Selamat bertugas Pak Suryo

Jakarta, IDN Times - Menteri Kuangan Sri Mulyani, mengatakan Presiden Joko "Jokowi" Widodo, menitipkan pesan untuk Dirjen Pajak baru, Suryo Utumo. Presiden Joko "Jokowi" Widodo, meminta agar ia meneruskan seluruh reformasi di bidang perpajakan yang selama ini telah dijalankan.

"Karena itu adalah titipan yang diberikan langsung oleh Presiden, kepada Pak Suryo melalui saya, agar Dirjen pajak mampu tetap menjaga momentum penerimaan negara namun tidak boleh merusak iklim bisnis dan investasi," kata dia di Gedung Kementerian Keuangan, Jumat (1/11).

1. Tugas Suryo sangat berat

Lewat Sri Mulyani, Presiden Jokowi Titip Pesan untuk Dirjen Pajak BaruIDN Times / Auriga Agustina

Sri Mulyani mengatakan tugas baru yang dijalankan oleh Suryo bukan hal yang mudah. Ia mengatakan tugas baru yang diemban Suryo sangat berat pasalnya 70 persen penerimaan di dalam APBN yang digunakan untuk mendukung seluruh aktivitas negara, berasal dari penerimaan pajak.

"Saya tidak menggunakan kata tidak ringan. Tapi sangat berat karena saya bisa memilih kata-kata tidak ringan untuk sedikit meringankan Pak Suryo," ucapnya.

Baca Juga: Tax Amnesty Jilid I Belum Sesuai Target, Pemerintah Wacanakan Jilid II

2. Catatan karier dan pengalaman diharapkan dapat mendukung tugasnya

Lewat Sri Mulyani, Presiden Jokowi Titip Pesan untuk Dirjen Pajak BaruKemenkeu.go.id

Selanjutnya Sri Mulyani menuturkan catatan karier Suryo, seperti pernah menjadi Kepala Kantor Pelayanan Pajak Penanaman Modal Asing Tiga, Kepala kantor wilayah dan menjadi Staf Ahli Menteri Keuangan bidang Kepatuhan Pajak, Suryo. Berbagai pengalaman itu, kata Sri, dinilai sangat tepat untuk mengisi posisi sebagai Dirjen Pajak, seuai dengan amanah yang diberikan oleh Presiden, Joko" Jokowi" Widodo.

"Saya anggap sangat lengkap (catatan karier), untuk bisa menyiapkan diri di dalam posisi sebagai Dirjen Pajak yang dipercayai oleh Presiden, untuk bisa menjalankan tugas ini," tuturnya.

3. Suryo dilantik 11 November

Lewat Sri Mulyani, Presiden Jokowi Titip Pesan untuk Dirjen Pajak BaruIDN Times/Auriga Agustina

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, resmi melantik Dirjen Pajak Suryo Utumo sebagai Dirjen pajak yang baru, pada hari ini, Jumat (1/11). Suryo akan menggantikan Robert Pakpahan yang baru saja pensiun pada 10 Oktober lalu.

"Saya Menteri Keuangan, dengan ini resmi melantik saudara-saudara, dengan jabatan yang baru di lingkungan Kementerian Kuangan, saya percaya saudara akan melaksanakan tugas sebaik-baiknya sesuai tanggung jawab yang diberikan," kata Sri Mulyani di Aula Djuanda, Gedung Kementerian Keuangan,Jumat (1/11).

Baca Juga: Suryo Utmo Resmi Dilantik sebagai Dirjen Pajak

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya