Comscore Tracker

Mantap! Akhir Bulan Ini Subsidi Pulsa Pelajar hingga Dosen Bakal Cair

Pastikan kalian sudah terdata ya

Jakarta, IDN Times - Menteri BUMN sekaligus Ketua Pelaksana Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Erick Thohir mengatakan, bantuan untuk guru, pelajar sekolah, mahasiswa dan dosen akan disalurkan pada akhir September 2020.

“Program pulsa kemarin sudah saya cek, sebenarnya kemarin sudah berjalan. Tapi nanti akan ada yang jauh lebih besar ketika Kemendikbud meluncurkan bantuan pulsa untuk dosen, guru, mahasiswa dan pelajar. Itu akan di-launching-kan akhir bulan ini Insyaallah,” katanya, Jumat (11/9/2020).

1. Untuk membantu masyarakat di tengah pandemik COVID-19

Mantap! Akhir Bulan Ini Subsidi Pulsa Pelajar hingga Dosen Bakal CairErick Thohir di acara kampanye protokol kesehatan jelang pilkada 2020 di Polda Metro Jaya (Dok. Humas Polda Metro Jaya)

Dia mengatakan, pemerintah juga akan melanjutkan bantuan sosial bagi masyarakat. Hal tersebut dilakukan bertujuan untuk membantu meringankan beban masyarakat di masa pandemik COVID-19 ini.

“Kemarin arahan Bapak Presiden dengan kami semua untuk bantuan sosial yang tunai akan terus dilanjutkan di awal tahun depan. Lalu juga subsidi gaji, bantuan presiden usaha mikro juga akan berlanjut, pra kerja terus berlanjut," katanya.

Baca Juga: Begini Tanggapan Mahasiswa soal Subsidi Pulsa Rp150 Ribu 

2. Mendikbud akan beri subsidi kuota sebesar 50 GB pada mahasiswa dan dosen

Mantap! Akhir Bulan Ini Subsidi Pulsa Pelajar hingga Dosen Bakal CairMenteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam Rapat Kerja dengan Komisi X DPR (Website/dpr.go.id)

Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim akan memberikan subsidi kuota internet bagi siswa, guru, dosen, dan mahasiswa selama masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di tengah pandemik COVID-19 di Tanah Air.

Dalam paparannya, Nadiem menyebutkan dosen dan mahasiswa masing-masing akan menerima subsidi kuota internet sebesar 50GB per bulannya. Guru dan siswa juga mendapatkan subsidi dengan jumlah yang berbeda. Subsidi ini diberikan setelah Kemendikbud mendapat anggaran tambahan.

"Kami sudah mendapat persetujuan untuk anggaran sebesar Rp9 triliun untuk tahun ini yang akan kami kerahkan untuk pulsa dan kuota bagi siswa, guru, mahasiswa dan dosen selama 3-4 bulan ke depan," ujar Nadiem Makarim dalam Rapat Kerja dengan Komisi X DPR RI yang disiarkan melalui kanal YouTube DPR RI pada Kamis (27/8/2020).

 

3. Kemendikbud akan keluarkan Rp7,2 triliun untuk subisidi kuota

Mantap! Akhir Bulan Ini Subsidi Pulsa Pelajar hingga Dosen Bakal CairIlustrasi Belajar Online (IDN Times/Sunariyah)

Dalam paparannya, Nadiem menyebutkan ada anggaran tambahan yang diterima Kemendikbud yang jumlahnya hampir Rp9 triliun, yakni sebesar Rp7,2 triliun di antaranya akan digunakan untuk subsidi kuota internet bagi guru, siswa, dosen, dan mahasiswa.

Selain dosen dan mahasiswa yang masing-masing akan mendapat subisidi kuota 50GB/bulan mulai September hingga Desember 2020 mendatang, guru akan mendapatkan subsidi kuota sebesar 42 GB/bulannya, sedangkan siswa akan menerima 35GB/bulan.

Baca Juga: Ini Persyaratan Subsidi Kuota Internet untuk Mahasiswa dan Dosen

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya