Comscore Tracker

Media Nasional Kelas Kakap MNC dan SCTV Kerjasama Bikin Konten 

Untuk mengantisipasi serangan di era digital

Jakarta, IDN Times - Media nasional kelas kakap PT MNC Media Tbk dan PT Surya Citra Media Tbk melakukan kolaborasi untuk pembuatan konten yang dapat ditonton di platform online kedua perusahaan secara streaming dan melalui film layar lebar.

MNC sendiri memiliki platform digital FTA+, sementara SCM memiliki Vidio.

"Kita sepakat mengadakan kerja sama dan kolaborasi strategis menghadapi tantangan ke depan.Konten ini bisa kita tayangkan di platform OTT (Over The Thop). Bisa kita tayangkan bersama baik di platform RCTI dan SCMA," kata Direktur Utama MNC David Fernando Audi di Jakarta, Kamis (12/12).

1. Konten lokal diklaim masih merajai

Media Nasional Kelas Kakap MNC dan SCTV Kerjasama Bikin Konten IDN Times / Auriga Agustina

David menjelaskan konten lokal sejatinya masih lebih merajai daripada konten international, itu yang menjadi salah satu alasan perseroan melakukan kolaborasi.

"Local content is king, pasti menjadi yang dipilih. Non english speaking country, local content selalu merajai," katanya.

Sementara itu Direktur Utama Surya Citra Media Sutanto Hartono menilai bahwa kolaborasi pembuatan konten jauh lebih mudah daripada kaloborasi dalam bentuk lain.

"Ini awal yang lebih make sense. Kenapa konten? karena ini lazim terjadi. Kalau film tak hanya diinvestasi satu perusahaan tapi banyak," ujarnya.

2. Konten akan berbentuk lokal

Media Nasional Kelas Kakap MNC dan SCTV Kerjasama Bikin Konten IDN Times / Auriga Agustina

Selanjunya Sutanto menjelaskan konten yang dibuat nantinya akan berbentuk tayangan lokal, hal itu demi mengantisipasi era digital, yang mana film lebih banyak didominasi dari luar negeri.

"Skala ekonomi, seperti Google, Netflix, Disney, itu punya skala world wide. Nah daripada production content itu datang dari luar negeri, kita dalam hal ini sama-sama punya idealisme maka mendingan yang kita besarkan itu sama-sama ekosistem pemain lokal. Dengan tujuan juga nantinya konten yang jadi besar itu konten Indonesia," katanya.

3. Jumlah konten belum ditentukan

Media Nasional Kelas Kakap MNC dan SCTV Kerjasama Bikin Konten IDN Times / Auriga Agustina

Kendati telah mengumumkan adanya kolaborasi antara kedua perusahaan, namun pihaknya belum menargetkan berapa konten yang akan dibuat pada tahun depan.

"Kita harus duduk bersama lagi, untuk hitung-hitungan soal itu (jumlah konten)," kata David.

Kolaborasi tersebut resmi dilakukan, dengan dilakukannya penandatangan kerjasama antara kedua belah pihak pada hari ini.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

 

Baca Juga: [Wawancara Khusus] Televisi di Hari-Hari Terakhir Presiden Soeharto

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Umi Kalsum

Just For You