Comscore Tracker

Melantai di BEI, Satyamitra Kemas Lestari Bidik Dana Rp260 Miliar

Kenali perusahaannya sebelum membeli saham

Jakarta,  IDN Times -PT Satya Kemas Lestari, perusahaan yang bergerak di bidang produksi karton gelombang atau penyedia kemasan offset untuk berbagai industri di bidang makanan minuman, elektronik, telekomunikasi, sepatu, akan segera melepas saham atau mencatatkan diri di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Presiden  Direktur  Kresna Sekuritas, Octavianus Budiyanto mengatakan,  listing akan dilakukan pada Kami (11/7)  2019) mendatang.

"Listingnya kamis, katanya hari baik dan hari itu katanya ada lebih dari satu perusahaan yang listing," katanya di Hotel J.W Mariot Jakarta.

Selanjutnya Satya Kemas Lestari, menunjuk Kresna Sekuritas sebagai penjamin emisi efek.

1. Harga penawaran Rp150-Rp 200 per saham

Melantai di BEI, Satyamitra Kemas Lestari Bidik Dana Rp260 MiliarIDN Times/Auriga Agustina

Perseroan berencana melepas sebanyak-banyaknya 1,3 miliar saham dari modal yang dikeluarkan dan disetor penuh, dengan harga yang ditawarkan sebesar Rp 150 per saham - Rp 200 per saham.

Sehingga Kemas lestari membidik dana segar Rp 195 miliar - Rp 260 miliar. Harga tersebut mencerminkan price earning ratio (PER) 10 kali di bawah rata-rata industri.

2. Dana akan digunakan untuk hal berikut

Melantai di BEI, Satyamitra Kemas Lestari Bidik Dana Rp260 MiliarIDN Times / Auriga Agustina

Marketing and Operational Director Satyamitra Herryanto S. Hidayat mengatakan, dana hasil IPO yang didapat rencananya 40 persen akan digunakan sebagai modal kerja, 30 persen untuk membayar utang di bank dan 30 persen untuk membeli mesin dan membangun pabrik baru.

3. Catat jadwal IPO perseroan

Melantai di BEI, Satyamitra Kemas Lestari Bidik Dana Rp260 MiliarIDN Times / Auriga Agustina

Selanjutnya masa penawaran awal atau book building akan dilakukan tanggal 13 Juni - 20 Juni 2019. "Diharapkan masa efektif dari OJK tanggal 27 Juni," ucapnya.

Lalu, penawaran umum atau public offering akan dilakukan pada tanggal 1 Juli - 4 Juli 2019, kemudian perkiraan tanggal penjatahan akan dilakukan 8 Juli 2019, serta perkiraan tanggal distribusi saham dan pengembalian uang pesanan dilakukan pada tanggal 10 Juli 2019.

4. Tahun 2019 laba bersih ditargetkan Rp 65 - Rp 70 miliar

Melantai di BEI, Satyamitra Kemas Lestari Bidik Dana Rp260 MiliarIDN Times / Auriga Agustina

Dalam masa penawaran awal, perseroan menggunakan buku Desember 2018, jika mengintip laporan keuangan tahun 2018, pendapatan Satyamitra Kemas Lestari naik 37,86 persen secara year on year (Yoy) menjadi Rp 2,17 triliun. Adapun laba bersih perseroan meningkat 26,6 persen menjadi Rp 45 miliar. Hingga akhir tahun ini, perseroan menargetkan laba bersih mencapai Rp 65 - Rp 70 miliar.

5. Berdiri sejak 2001, Satyamitra Kemas Lestari terus berkembang

Melantai di BEI, Satyamitra Kemas Lestari Bidik Dana Rp260 MiliarIDN Times / Auriga Agustina

PT Satyamitra Kemas Lestari berdiri sejak tahun 2001, didirikan di Kabupaten Tangerang.
Perseroan memproduksi karton gelombang (Corrugated Carton Box) dan sebagai penyedia kemasan offset untuk berbagai industri di bidang makanan minuman, elektronik, telekomunikasi, sepatu yang memerlukan kotak kemasan untuk memasarkan produk-produknya.

Adapun costumer perseroan saat ini berasal dari berbagai macam brand ternama, di antaranya Adidas, Loreal, Kratingdeng, New Balance, e-commerce blibli dan JD.id.

Baca Juga: Sah! Bali United Resmi Melantai di Bursa Efek Indonesia

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You