Comscore Tracker

Mengintip Pelayanan Astra di Ruas Tol Trans-Jawa Jelang Mudik Lebaran

Banyak pelayanan yang diberikan untuk masing-masing ruas tol

Jakarta, IDN Times - Astra Infrastruktur akan memaksimalkan pelayanan dan mudik lebaran pada 2019. Hal ini seiring dengan terhubungnya ruas jalan Tol Trans-Jawa pada akhir tahun 2018, yang mempercepat dan mempermudah pemudik menuju kampung halaman.

Jika dibandingkan tahun lalu, jumlah pemudik yang melalui jalur Tol Trans-Jawa diperkirakan akan mengalami peningkatan. Lalu apa saja layanan mudik di masing-masing ruas Tol Trans-Jawa yang disiapkan oleh Astra Infrastruktur?

1. Begini pelayanan untuk Tol Cikopo-Palimanan

Mengintip Pelayanan Astra di Ruas Tol Trans-Jawa Jelang Mudik LebaranIDN Times / Auriga Agustina

Di ruas jalan Tol Cikopo-Palimanan, kepadatan tertinggi diperkirakan akan terjadi pada 31 Juni hingga 9 Juni. Ruas ini diperkirakan mengalami peningkatan kepadatan 12 persen dari tahun sebelumnya.

Wakil Direktur Utama Lintas Marga Sedaya Firdaus Azis menuturkan, pihaknya telah memiliki rencana taktis untuk mengurangi jumlah kemcetan menjelang hari lebaran. Salah satunya, dengan menambah 14 gardu di Gerbang Tol Palimanan Utara. Dengan demikian, total gardu yang dioperasikan mencapai 26.

"Ada juga tambahan 10 mobile reader di Gerbang Tol Palimanan dan masing-masing 2 mobile reader di gerbang samping," ujarnya.

Tarif Cipali dihitung Rp876 per kilometernya, "kalau di total biayanya sama dengan jika tidak keluar tol. Gunakan uang elektronik untuk 1 kendaran," katanya di Menara Astra.

Baca Juga: Menhub Budi Karya Mengecek Langsung Jalan Tol Palembang-Lampung

2. Tol Tanggerang-Merak akan maksimalkan 9 mobile reader

Mengintip Pelayanan Astra di Ruas Tol Trans-Jawa Jelang Mudik LebaranIDN Times/Auriga Agustina

Direktur Operasional Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak Rinaldi, menyebutkan arus mudik diprediksi akan terjadi pada H-5 lebaran, dengan proyeksi sebanyak 173.900 kendaraan akan melintas Tol Tanggerang-Merak.

Untuk itu, Astra Infrastruktur akan mengoptimalkan sejumlah layanan di tol tersebut. Salah satunya layanan operasional, di mana di Tol Tanggerang-Merak akan memaksimalkan penggunaan 9 mobile reader untuk mempercepat layanan transaksi bagi pengguna jalan.

Lalu pada layanan infrastruktur, Astra Infrastruktur memastikan H-10 s/d H+10 jalan tol sepanjang 144 kilometer jalur AB dalam kondisi baik, bebas dari perambuan, dan pekerjaan peningkatan jalan.

Tol Tanggerang-Merak juga akan dioptimalisasi dengan layanan sosial dengan menyediakan empat tempat istirahat. Pelayanan itu juga disediakan di KM 43 dan 68 arah merak dan KM 45 dan 68 arah Jakarta.

3. Akan ada 6 tempat istirahat dan pelayanan di Tol Semarang-Solo

Mengintip Pelayanan Astra di Ruas Tol Trans-Jawa Jelang Mudik LebaranIDN Times/Auriga Agustina

Selanjutnya untuk Tol Semarang-Solo, Trans Marga Jawa Tengah telah mempersiapkan pelayanan dan fasilitas mudik yaitu menambah jumlah personel, melakukan penambahan 23 gardu di Gerbang Tol Banyumanik, dan menyiapkan tujuh kendaraan patroli.

Untuk memantau kelancaran arus lalu lintas, telah disiapkan 25 CCTV di lajur tol, dan 100 CCTV di gerbang tol. Selain itu, akan ada 6 tempat istirahat dan pelayanan yang telah disiapkan, letaknya di KM 429 A (arah Semarang) dan B (arah Solo), KM 45 A dan B lalu KM 487 A dan B.

Baca Juga: Diresmikan Hari ini,  Tol Padaan-Malang Gratis Hingga Lebaran

4. Astra Infra Toll Road Jombang-Mojekerto menyiapkan empat rest area

Mengintip Pelayanan Astra di Ruas Tol Trans-Jawa Jelang Mudik LebaranIDN Times/Auriga Agustina

Ada juga Astra Infra Toll Road Jombang-Mojokerto, pengelola ruas Tol Jombang-Mojokerto (Tol Jomo) sepanjang 40,5 km, yang telah menyiapkan infrastruktur dan berbagai fasilitas menjelang lebaran.

Untuk kenyamanan pemudik, Astra Infrastruktur menyediakan empat rest area, masing-masing di Teras Melati KM 695 A, dan Teras Dipa KM 678 B dengan konsep bangunan modern yang luas, nyaman, dan instagramable. Sedangkan dua rest area lainnya berada di KM 695 B, dan KM 678 A.

Baca Juga: Pantau Persiapan Mudik di Tol Cikampek, Jonan Jajal Motor BBM

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You