Comscore Tracker

Meski IHSG Terjungkal, Pelaku Pasar Optimistis terhadap Kabinet Baru

Pelaku pasar mengambil profit taking

Jakarta, IDN Times - Pascapengumuman Kabinet Indonesia Maju oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Rabu (23/10) pagi, indeks harga saham gabungan (IHSG) sempat menguat. Namun sayang, IHSG tidak bertahan lama di zona hijau. IHSG, pagi ini, terkoreksi 0,34 persen ke level 6.204 pada pukul 10.08 WIB.

Lalu pada penutupan perdagangan sesi I, IHSG masih terkoreksi 2,801 poin atau 0,04 persen ke level 6.222. Total nilai transaksi yang terjadi di lantai bursa mencapai sekitar Rp4,562 triliun dengan volume perdagangan tercatat sekitar 11,63 miliar lembar saham.

Baca Juga: Ini Cara Sri Mulyani Yakinkan Pasar Saham Usai IHSG Melemah 

1. Pelaku pasar profit taking

Meski IHSG Terjungkal, Pelaku Pasar Optimistis terhadap Kabinet BaruIDNTimes/Holy Kartika

Kepala riset infovesta Wawan Hendrayana mengatakan pelaku pasar masih euforia terhadap kabinet baru Joko "Jokowi" Widodo, yakni kabinet Indonesia maju. Sehingga, menurutnya, wajar saja jika tadi pagi IHSG menguat.

Namun pelaku pasar mengambil kesempatan ini untuk melakukan profit taking, sehingga IHSG tidak bertahan lama di zona hijau. "Mengingat sudah naik tiga hari berturut wajar bila ada yang profit taking," katanya saat dihubungi oleh IDN Times, Rabu (23/10).

Sejak senin, IHSG sudah menguat 2,3 persen.

2. Masuknya Sri Mulyani sebagai Menkeu dalam kabinet, menjadi katalis positif

Meski IHSG Terjungkal, Pelaku Pasar Optimistis terhadap Kabinet BaruIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Ia menambahkan, majunya kembali Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan RI direspon positif oleh pelaku pasar. Ke depan, pelaku pasar akan menanti program kerja beliau.

"IHSG hanya koreksi tipis , pasar bisa berbalik positif, hari ini kisaran 6200-6250," tuturnya.

3. Pelaku pasar optimistis dengan menteri baru

Meski IHSG Terjungkal, Pelaku Pasar Optimistis terhadap Kabinet BaruANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Hal yang sama juga disampaikan oleh Analis Oso Sekuritas, Sukarno Alatas. Ia mengatakan untuk jangka panjang pelaku pasar optimistis dengan para menteri baru, dengan adanya kombinasi politis dan profesional.

"Proyeksi IHSG akan bergerak turun terbatas, dan idealnya sih IHSG bagusnya koreksi dulu sebelum melanjutkan tren penguatan," ucapnya.

Baca Juga: Berkah Wajah-Wajah Baru di Kabinet Jilid II, IHSG Kinclong Hari Ini

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Anata Siregar

Just For You