Comscore Tracker

Pemilik Bank Jago Jerry Ng Masuk Daftar Orang Terkaya di Indonesia

Peringkat 44 orang terkaya dengan kekayaan Rp8,47 triliun

Jakarta, IDN Times - Bankir senior Jerry Ng masuk dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes. Berdasarkan data yang dikutip IDN Times, dia menempati peringkat ke 44 orang terkaya di Indonesia.

Jerry memiliki kekayaan bersih sebesar 600 juta dolar AS atau setara Rp8,47 triliun dengan asumsi kurs Rp14.075 per dolar AS.

1. Jerry Ng pernah berpengalaman di beberapa bank

Pemilik Bank Jago Jerry Ng Masuk Daftar Orang Terkaya di IndonesiaIlustrasi Uang (IDN Times/Arief Rahmat)

Melansir Forbes, kekayaan Jerry  salah satunya berasal dari Bank Jago. Dia mengakuisisi saham yang kemudian disebut Bank Artos pada Desember 2019 yang kini bernama Bank Jago.

Bank Jago mengubah dirinya menjadi bank digital dan ingin bekerja sama dengan perusahaan fintech kecil dan menengah.

Jerry sebelumnya memegang posisi teratas di Bank Danamon Indonesia dan Bank Central Asia. Hingga Februari 2019, Ng menjabat sebagai direktur utama Bank BTPN.

Baca Juga: 6 Tahun Berturut-turut Forbes Nobatkan BRI Perusahaan Publik Terbesar di RI

2. Saham Bank Jago menguat secara year to date

Pemilik Bank Jago Jerry Ng Masuk Daftar Orang Terkaya di IndonesiaIlustrasi Harga Saham Naik (Bullish) (IDN Times/Arief Rahmat)

Bank Jago berawal di Bandung pada 1992 dengan nama PT Bank Artos Indonesia. Setelah lebih dari 27 tahun melayani masyarakat dengan produk perbankan konvensional, pada 2019 Bank Artos memasuki era baru yang ditandai dengan masuknya PT Metamorfosis Ekosistem Indonesia (MEI) dan Wealth Track Technology Limited (WTT) sebagai pemegang saham pengendali baru setelah melakukan akuisisi saham Bank Artos sebesar MEI atau 37,65 persen dan WTT atau 13,35 persen.

Untuk mendukung aspirasi besar bank, pada 2020 Bank melakukan perubahan nama dari PT Bank Artos Indonesia Tbk menjadi PT Bank Jago Tbk.

Berdasarkan data RTI, saham Bank Jago ditutup menguat 1,56 persen atau Rp3. 900 per saham, pada perdagangan Jumat (18/12/2020). Sementara secara year to date saham Bank Jago menguat 25,81 persen.

3. Gojek baru berinvestasi di Bank Jago

Pemilik Bank Jago Jerry Ng Masuk Daftar Orang Terkaya di IndonesiaIlustrasi Investasi (IDN Times/Mardya Shakti)

Untuk diketahui, aplikasi layanan on demands dan penyedia layanan pembayaran di Asia Tenggara, Gojek berinvestasi di PT Bank Jago Tbk yang merupakan bank berbasis teknologi di Indonesia.

Co-CEO Gojek, Andre Soelistyo, mengatakan aksi korporasi ini merupakan bagian dari strategi bisnis jangka panjang yang akan memperkuat pertumbuhan dan keberlanjutan bisnis Gojek ke depannya.

"Gojek sebagai pemegang 22 persen saham Bank Jago. Terlaksananya transaksi ini tidak mengubah pengendalian saham di Bank Jago. PT Metamorfosis Ekosistem Indonesia (MEI) dan Wealth Track Technology (WTT) tetap sebagai pemegang saham pengendali dengan total kepemilikan saham 51 persen," katanya melalui keterangan resminya, Jumat (18/12/2020).

Andre menyebut, Bank berbasis teknologi seperti Bank Jago akan memperkuat ekosistem Gojek sekaligus akan membuka akses yang lebih luas kepada layanan perbankan digital bagi masyarakat Indonesia.

“Kolaborasi ini akan menjadi awal dari cara baru dalam menawarkan layanan keuangan kepada para pengguna Gojek. Melalui kolaborasi ini, kami juga dapat mengembangkan model agar bisa bermitra dengan berbagai institusi perbankan lainnya," tuturnya.

Baca Juga: 2 Perempuan RI Masuk Daftar Power Businesswomen Forbes Asia 2020

Topic:

  • Dwifantya Aquina
  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya