Comscore Tracker

Pepsi Hengkang, AIBM Tetap Kembangkan Usaha Minuman Non-Alkohol

Keluarnya Pepsi karena alasan komersial

Jakarta, IDN Times - Meski kerja sama dengan PepsiCo berakhir, PT Anugerah Indofood Beverage Makmur (AIBM) akan terus mengembangkan usaha di bidang minuman. Kerja sama antara keduanya berlaku untuk jangka waktu 5 tahun dan berakhir pada 2019.

“Berakhirnya kerja sama dengan PepsiCo karena jangka waktu EBA sudah berakhir. AIBM dan PepsiCo telah sepakat untuk tidak melanjutkan jangka waktu EBA karena alasan komersial,” kata Corporate Secretary PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP)  Gideon A Putro.

1. Meski kontrak dengan PepsiCo tidak lanjut karena alasan komersial, AIBM tetap usaha minuman

Pepsi Hengkang, AIBM Tetap Kembangkan Usaha Minuman Non-AlkoholIDN Times / Auriga Agustina

Ia tidak menjelaskan secara detail apa yang dimaksud dengan alasan komersial yang menyebabkan kontrak dengan PepsiCo tidak dilanjutkan. Namun yang pasti, PT AIBM yang merupakan entitas anak ICBP yang bergerak di bidang minuman non-alkohol itu tetap melanjutkan bisnis di bidang minuman tersebut.

Selama ini, AIBM ditunjuk oleh PepsiCo Inc (PepsiCo) untuk memproduksi, menjual, dan mendistribusikan secara eksklusif produk minuman non-alkohol dengan menggunakan merek-merek milik PepsiCo di wilayah Indonesia. Hal itu dilakukan sesuai syarat dan ketentuan yang ditetapkan dalam perjanjian Exclusive Bottling Agreement atau EBA dengan PepsiCo.

Baca Juga: 7 Fakta Unik tentang Pepsi yang Hengkang dari Indonesia, Sudah Tahu?

2. ICBP memiliki beragam portfolio produk

Pepsi Hengkang, AIBM Tetap Kembangkan Usaha Minuman Non-Alkoholbeverage-digest.com

Saat ini, ICBP memiliki beragam portofolio produk yang meliputi minuman teh siap minum, air minum dalam kemasan, serta minuman rasa buah yang dipasarkan dengan menggunakan merek Ichi Ocha, Club, dan Fruitamin.

“Sepanjang sepengetahuan direksi, hingga saat ini tidak terdapat fakta atau kejadian penting lainnya yang belum diungkapkan kepada publik yang dapat berpengaruh signifikan terhadap perseroan serta dipandang dapat mempengaruhi fluktuasi perdagangan saham perseroan,” ucapnya.

3. Pepsi keluar dari Indonesia 10 Oktober 2019

Pepsi Hengkang, AIBM Tetap Kembangkan Usaha Minuman Non-AlkoholIDN Times / Auriga Agustina

Sebelumnya, Pepsico menyatakan akan mengakhiri kontrak dengan AIBM per 10 Oktober 2019. Artinya, konsumen tidak akan menemukan minuman ringan asal AS tersebut lagi di pasaran. Kendati begitu, pihak Pepsi berharap suatu saat nanti dapat kembali ke pasar Indonesia.

Baca Juga: Selamat Tinggal Pepsi! Resmi Keluar dari Indonesia per 10 Oktober

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Anata Siregar

Just For You