Comscore Tracker

Persahabatan Erick Thohir, Sandiaga Uno dan Rosan Berawal dari Tawuran

Kini ketiganya menjadi pengusaha sukses

Jakarta, IDN Times - Menteri BUMN Erick Thohir, Sandiaga Uno dan Rosan Roeslani merupakan tiga sahabat yang sukses sebagai pengusaha. Kedekatan mereka ternyata bermula dari aksi tawuran ketika duduk di bangku SMA.

"Awal persahabatan saya dengan Mas Rosan bukan dari bisnis justru karena tawuran, tapi gak boleh diikutin. Mas Rosan, Mas Sandi itu di PL (Pangudi Luhur), saya di sekolah lain tapi satu tim basket dengan Mas Sandi. Cuma kita itu ya maklumlah anak muda, jangan sudah tua begini tawuran, salah nanti," kata dia dalam diskusi online yang digelar oleh Kumparan, Rabu (28/10/2020).

1. Tawuran karena terpengaruh teman

Persahabatan Erick Thohir, Sandiaga Uno dan Rosan Berawal dari TawuranBank Mandiri menyiapkan perlindungan asuransi dengan total uang pertanggungan hingga Rp1 triliun bagi tenaga kesehatan. (Dok.Kementerian BUMN)

Erick mengatakan aksi tawuran yang dilakukan mereka saat itu, murni karena masalah sepele.

"Waktu itu justru ada teman kita yang berselisih. Jadi, tawuranlah. Tapi gak boleh diikutin ya dan tentu nyesel banget. Karena kadang-kadang kita ini suka terjebak dari orang sekitarnya padahal gak penting," ujarnya.

Baca Juga: Kisah Erick Thohir Jual Mobil Kesayangan Demi Selamatkan Bisnisnya

2. Ketiganya membangun persahabatan yang positif

Persahabatan Erick Thohir, Sandiaga Uno dan Rosan Berawal dari TawuranErick Thohir pastikan Bio Farma siap produksi 250 juta dosis vaksin COVID-19 per tahun di akhir tahun 2020 (Dok. Kementerian BUMN)

Kini, ketiganya mampu membangun persahabatan yang lebih positif, utamanya dalam bidang bisnis. Masih segar dalam ingatan Erick, saat Rosan dan Sandi membantunya mengakuisisi perusahaan media.

"Mas Rosan dan Mas Sandi membantu saya mengakuisisi sebuah media di tahun 1999-2000 waktu itu. Itu yang memang kalau dari segi bisnisnya ya berlanjut dengan macam-macam. Kalau segi aneh-anehnya juga banyak," jelas dia.

Pada 2000-an, Erick bersama mulai merambah bisnis media dengan membeli perusahaan billboard, radio, hingga Harian Republika dan Republika online, di bawah grup Mahaka Media.

3. Erick meminta generasi muda tidak ikut tawuran

Persahabatan Erick Thohir, Sandiaga Uno dan Rosan Berawal dari TawuranErick thohir menerima bantuan untuk tangani COVID-19 (Tangkapan Layar Zoom Kementerian BUMN)

Mengenang pengalamannya, dia meminta agar generasi muda saat ini tidak mencontoh tawuran yang dilakukannya tersebut. Dia meminta generasi muda lebih berhati-hati dalam memilih teman pergaulan agar tidak terlibat dalam berbagai tindak kejahatan.

"Inilah kenapa penting sekali kita memilih teman dan orang sekitar kita yang di mana lingkungan kita harus memastikan kita lebih baik. Jangan justru merosot, ini bahaya," tegasnya.

Baca Juga: Jurus Andalan Erick Thohir untuk Bikin UMKM Naik kelas

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya