Comscore Tracker

Pertamina Bantah Melakukan Diskriminasi Kasih Diskon Hanya ke Ojol

Program cashback 50 persen bertujuan membantu ojek online

Jakarta, IDN Times - PT Pertamina memberikan cashback 50 persen kepada pengemudi ojek online yang melakukan pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) di SPBU Pertamina melalui aplikasi MyPertamina.

Program ini mendapat kritik dari media sosial, salah satu akun @NephiLaxmus menuduh bahwa Pertamina melakukan diskriminasi karena memberikan keistimewaan pada satu kelompok usaha tertentu saja.

Namun saat dikonfirmasi Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman membantah tuduhan tersebut. "Ini merupakan bantuan Pertamina saja," katanya, Selasa (14/4).

1. Ini alasan Pertamina memilih ojek online

Pertamina Bantah Melakukan Diskriminasi Kasih Diskon Hanya ke OjolIDN Times/Arifin Al Alamudi

Baca Juga: Pertamina Beri Cashback 50 Persen untuk Ojol saat Isi Bensin

Kemudian dia mengirimkan keterangan tertulis yang menjelaskan alasan perseroan memilih ojek online dalam program tersebut.

Dalam keterangan itu, Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, menjelaskan alasan Pertamina memilih ojek online dalam program ini lantaran pengemudi ojek online menjadi salah satu profesi yang sangat bermanfaat dan diandalkan untuk membantu memberikan pelayanan pengantaran kebutuhan sehari-hari, terutama pada masa COVID-19. Sehingga program ini bertujuan meringankan beban hidup para pengemudi.

“Karena itu, sebagai apresiasi atas jasa yang diberikan ojek online, Pertamina memberikan program khusus dalam pembelian BBM yang menggunakan aplikasi MyPertamina. Diharapkan program yang berjalan 3 bulan ke depan ini juga bisa meringankan beban biaya yang harus dikeluarkan ojek online dalam menjalankan pekerjaannya,” ujarnya.

2. Ombudsman belum berencana memanggil Pertamina

Pertamina Bantah Melakukan Diskriminasi Kasih Diskon Hanya ke OjolIDN Times / Istimewa

Soal kebijakan Pertamina ini, Komisioner Ombudsman Alvin Lie mengatakan, sejauh ini tidak ada laporan resmi yang diterima oleh Ombudsman terkait program tersebut.

Sebelumnya akun @NephiLaxmus itu juga me-mention akun Alvin Lie dan KPPU

Alvin pun mengatakan belum ada rencana untuk memanggil Pertamina. "Kami akan memantau dulu perkembangannya," ujarnya.

3. Total cashback saldo Rp13,5 miliar

Pertamina Bantah Melakukan Diskriminasi Kasih Diskon Hanya ke OjolIDN Times / Auriga Agustina

Perlu diketahui, total cashback saldo yang akan diberikan Pertamina untuk keseluruhan program ini sebesar Rp13,5 miliar. 

Untuk mengikuti program ini, pengemudi ojek Ooline harus mengunduh aplikasi MyPertamina dan mengaktifkan fitur LinkAja. Kemudian pengemudi dapat melakukan pembelian BBM non subsidi (Pertalite dan Pertamax Series) dengan pembayaran non tunai LinkAja yang ada di aplikasi MyPertamina.

Selanjutnya, pengemudi dapat melakukan screenshoot user profile mitra Ojek Online dan meng-upload ke MyPertamina (pilih banner Ojek Online, lalu pilih Info Lebih Lanjut dan Upload). Kemudian upload screenshoot bukti pembayaran BBM dengan LinkAja dan masukkan reference number. Program ini hanya berlaku di SPBU yang telah menyediakan fitur transaksi non tunai dengan LinkAja, yang daftarnya dapat dilihat di https://mypertamina.id/spbu/

Selain mendapatkan cashback, semua pengemudi Ojek Online yang melakukan tahap-tahap tersebut, maka juga bisa mendapatkan kupon ganda untuk mengkuti undian berbagi berkah MyPertamina 2020

Baca Juga: Kemenhub Serahkan Putusan Ojol Boleh Angkut Penumpang ke Pemda

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya