Comscore Tracker

Sepekan Ini, Harga Emas Antam dalam Tren Penurunan 

Tahan dulu jika mau beli emas Antam sekarang

Jakarta, IDN Times - Pergerakan harga emas PT Aneka Tambang Tbk, hari ini, Rabu (10/7) stagnan di posisi Rp699.000 per gram. Tetapi angka tersebut sejatinya turun Rp1.000 dibandingkan posisi Senin (8/7) yang sempat menyentuh Rp700.000 per gram.

Harga emas Antam satu pekan ini memang berada dalam tren penurunan. Pada Rabu (3/7), emas Antam sempat berada di level Rp7.14.000. Artinya dalam satu pekan ini, harga emas Antam turun 2,1 persen.

Sementara, harga pembelian kembali (buyback) berada di Rp628 ribu per gram. Sedangkan, hari sebelumnya, harga buyback melemah Rp1.000 per gram.

1. Kebijakan The Fed tidak naikkan suku bunga pengaruhi pergerakan emas

Sepekan Ini, Harga Emas Antam dalam Tren Penurunan ANTARA FOTO/REUTERS/Jonathan Ernst

Direktur Utama yang juga analis PT Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan, tren penurunan harga emas Antam disebabkan adanya ekspektaksi bahwa Bank Sentral Amerika Serikat, The Fed, tidak akan menurunkan suku bunga acuan di akhir bulan ini. Bahkan ekspektasi itu juga mempengaruhi penurunan harga emas secara global yang berimbas pada emas Antam dalam satu pekan ini.

"Data yang dirilis Jumat lalu menunjukkan rebound tajam dalam pertumbuhan pekerjaan AS pada bulan Juni dan mengurangi harapan The Fed akan memangkas suku bunga sebesar 50 basis poin ketika bertemu pada akhir Juli," katanya.

2. Tahan dulu jika ingin investasi emas Antam

Sepekan Ini, Harga Emas Antam dalam Tren Penurunan ANTARA

Ibrahim menambahkan, pelaku pasar sebaiknya menahan diri jika ingin berinvestasi di emas Antam karena harga per ons emas global saat ini dinilai masih ketinggian. Hal ini dianggap mempengaruhi harga emas Antam.

"Kalau nanti harga emas global US$1.300 per ons bolehlah dimanfaatkan untuk beli Antam. Kalau sekarang jangan dulu masih ketinggian," tuturnya.

Saat ini, harga emas global di pasar spot bertengger di US$1.391 per ons. Sementara itu, harga emas berjangka US$1.394 per ons. 

3. Berikut harga emas antam hingga hari ini

Sepekan Ini, Harga Emas Antam dalam Tren Penurunan ANTARA

Mengutip situs logammulia.com, emas Antam dengan ukuran 0,1 gram dijual dengan harga Rp699.000 ribu, sedangkan ukuran 0,5 gram dijual dengan harga Rp374.000. Kemudian emas dengan ukuran 2 gram dijual dengan harga Rp1,34 juta dan 3 gram sebesar Rp1,99 juta.

Sedangkan, 5 gram sebesar Rp3,31 juta,10 gram sebesar Rp6,56 juta. Untuk emas dengan ukuran 25 gram dijual dengan harga Rp16,3 juta, 50 gram dengan harga Rp32,53 juta dan 100 gram dijual dengan harga Rp65 juta. 

4. Harga sudah termasuk PPH 22

Sepekan Ini, Harga Emas Antam dalam Tren Penurunan ANTARA

Sebagai informasi tambahan, harga emas Antam tersebut termasuk Pajak Penghasilan (PPh) 22 atas emas batangan sebesar 0,45 persen bagi pemegang Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), jika pembeli tidak menyertakan NPWP akan terkena potongan pajak lebih tinggi sebesar 0,9 persen.

Baca Juga: 5 Investasi Uang Paling ‘Sehat’ yang Harus Kamu Lakukan di Usia 20-an

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You