Sebelum Tinggalkan Jabatan, Mirza Adityaswara Kisahkan Memori di BI

Pemerintahannya turut merasakan ketidakpastian global

Jakarta, IDN Times - Pemaparan hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI kepada awak media yang digelar kemarin, Kamis (18/7), menjadi pemaparan yang terakhir bagi Deputi Gubernur Senior (DGS) Bank Indonesia (BI), Mirza Adityaswara. Ia pun menuturkan kesan-kesannya selama menjabat, sebelum masa jabatannya berakhir pada 24 Juli 2019 mendatang.

"Sudah 5 tahun 10 bulan saya memegang amanah, ini periode yang memang cukup challenging, kami dengan dewan gubernur menghadapi situasi global yang tidak mudah," katanya di Jakarta, Kamis (18/7).

Baca Juga: Gubernur BI Yakin Destry Cepat Beradaptasi sebagai Dewan Gubernur Baru

1. Periodenya dinilai banyak tantangan

Sebelum Tinggalkan Jabatan, Mirza Adityaswara Kisahkan Memori di BIIDN Times / Auriga Agustina

Masih segar dalam ingatan Mirza, pada masa pemerintahannya, pihaknya turut merasakan ketidakpastian global, yang berimbas pada perekonomian Indonesia.

"Ada policy dari Trump terkait trade war, ekspor kita turun, 2013-2018 bukanlah periode yang mudah. Namun bisa dikatakan bahwa tahun ini, 2019 juga bukan periode yang easy going," kenangnya.

2. Ini harapan Mirza untuk Bank Indonesia

Sebelum Tinggalkan Jabatan, Mirza Adityaswara Kisahkan Memori di BIIDN Times / Auriga Agustina

Pria yang telah menjabat sebagai DGS Bank Indonesia sejak 2013 silam ini, berharap bank sentral Indonesia dapat terus menjaga stabilitas dalam negeri, guna mendorong pertumbuhan ekonomi untuk tahun-tahun yang akan datang.

"BI adalah tim yang sangat solid bersama dengan Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK). Saya mengucapkan terima kasih kepada Pak Gubernur BI. Ini semua kita lakukan untuk stabilitas negeri ini guna pertumbuhan ekonomi yang stabil," ujarnya.

3. Destry Damayanti menjadi pengganti Mirza

Sebelum Tinggalkan Jabatan, Mirza Adityaswara Kisahkan Memori di BIANTARA/Satyagraha

Sebelumnya, Komisi XI DPR RI telah menyepakati bahwa posisi Mirza sebagai Deputi Gubernur Senior (DGS) Bank Indonesia, akan digantikan oleh Destry Damayanti.
Saat ini, Destry masih menjabat sebagai anggota Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan.

Dalam catatan IDN Times sebelumnya, Dewan Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo yakin bahwa Destry mudah beradaptasi dengan lingkungan Bank Indonesia.

Baca Juga: Tok! DPR Terima Destry Sebagai Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You