Comscore Tracker

Singapore Airlines Angkut Logistik Penanganan COVID-19 Seluruh Dunia

Kerja sama dengan Temasek Foundation, Program Pangan Dunia

Jakarta, IDN Times - Singapore Airlines dan Temasek Foundation bekerja sama dengan Program Pangan Dunia (PPD) untuk mendukung tanggapan global COVID-19 dengan membantu pengangkutan persediaan medis, barang kesehatan dan kemanusiaan
lainnya melalui udara ke tempat-tempat yang dibutuhkan di seluruh dunia.

Amer Daoudi COVID-19 Corporate Response Director mengatakan, guna menyediakan layanan logistik dalam upaya penanganan COVID-19 secara PPD mengoperasikan jaringan antara pusat dengan jalur udara penumpang kargo untuk memastikan distribusi persediaan dan dukungan yang stabil ke garis depan.

1. PPD telah mengelola lebih dari 800 penerbangan

Singapore Airlines Angkut Logistik Penanganan COVID-19 Seluruh Duniainstagram.com/singaporeair

Dia mengatakan sejak layanan ini dimulai pada Mei, PPD telah mengelola lebih dari 800 penerbangan kemanusiaan ke 159 negara, dengan kargo yang cukup untuk mengisi 188 jet jumbo yang diperkirakan membutuhkan transportasi PPD dalam beberapa pekan mendatang.

"Sementara permintaan untuk Layanan Umum PPD bertambah setiap minggu, sumber daya yang ada sangat terbatas sehingga dukungan tambahan sangat dibutuhkan,” katanya melalui keterangannya, Rabu (12/8/2020).

Baca Juga: Singapore Airlines Batalkan Penerbangan ke Indonesia karena Corona

2. SIA menyediakan penerbangan carter ad-hoc dan kargo seperti tempat penyimpanan kargo

Singapore Airlines Angkut Logistik Penanganan COVID-19 Seluruh Duniainstagram.com/singaporeair

Amer mengapresiasi Singapore Airlines dan Temasek Foundation yang telah ikut berpartisipasi dalam mendukung program pangan dunia dan tanggapan global COVID-19.

Dalam kesempatan ini Chin Yau Seng, Senior Vice President Cargo, Singapore Airlines mengungkapkan, suatukebanggaan bagi SIA untuk bermitra dengan PPD dan Temasek Foundation dalam program yang bermanfaat ini.

"Hal ini akan memungkinkan kami untuk memanfaatkan keahlian kami sebagai penyedia pengiriman udara global dan menggunakan jaringan internasional kami untuk mengirimkan persediaan penting ke titik-titik yang dibutuhkan dan membantu untuk membuat dampak positif pada komunitas yang telah terkena dampak langsung COVID-19," ujarnya.

Untuk diketahui SIA menyediakan penerbangan carter ad-hoc dan kargo seperti tempat penyimpanan kargo dalam layanan berjadwal dengan dasar pengembalian biaya operasi, dengan biaya penerbangan ditanggung oleh kontribusi hingga US$6,5 juta dari Temasek Foundation.

 

3. Kemitraan ini salah satu cara untuk memastikan persediaan penting menjangkau masyarakat yang paling membutuhkan

Singapore Airlines Angkut Logistik Penanganan COVID-19 Seluruh Duniainstagram.com/singaporeair

Ng Boon Heong, CEO Temasek Foundation, mengungkapkan senang bermitra dengan
PPD dan SIA untuk membantu penerbangan ini.

"Bersama-sama, kita akan lebih mampu dalam memerangi pandemik global COVID-19 dengan upaya kolaborasi sinergis di komunitas internasional," ujarnya.

Kemitraan ini merupakan salah satu cara untuk memastikan bahwa persediaan penting menjangkau masyarakat yang paling membutuhkan, meskipun mereka
terpisahkan oleh jarak.

Adapun perkiraan US$965 juta dibutuhkan untuk mempertahankan Layanan Umum PPD atas nama komunitas kemanusiaan dan kesehatan.

"Sampai saat ini hanya 21 persen dari jumlah tersebut yang telah diterima. Penerbangan penumpang dan kargo PPD kemungkinan besar akan berhenti pada akhir Agustus jika tidak ada dukungan tambahan yang diterima," ujarnya. 

Baca Juga: Dirut Garuda Bandingkan Dana Talangan dengan Singapore Airlines

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya