Comscore Tracker

Singapura Dominasi Investasi Asing di RI Walau Lagi Resesi, Kok Bisa? 

Investasi Singapura di RI 28,8 persen dari total PMA

Jakarta, IDN Times - Singapura baru saja masuk ke dalam jurang resesi ekonomi, setelah mengalami kontraksi secara dua kuartal berturut-turut. Pada April-Juni 2020, ekonomi Singapura bahkan terkontraksi hingga 41,2 persen.

Namun ternyata, investasi asing atau penanaman modal asing (PMA) dari Singapura masih mendominasi Indonesia.  Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menjelaskan Singapura mencatatkan investasi sebesar US$2 juta--setara Rp29,3 miliar, atau 28,8 persen dari total PMA.

"Pasti banyak teman-teman bertanya 'kok Singapura kuartal keduanya (ekonomi) minus 41 persen, kok realisasi investasinya masih tinggi? Saya ingin menyampaikan bahwa dana yang masuk dari Singapura itu bukan hanya Singapura. Itu jadi hub saja itu," katanya melalui virtual, Rabu (22/7/2020).

1. Korea Selatan menggeser posisi Malaysia

Singapura Dominasi Investasi Asing di RI Walau Lagi Resesi, Kok Bisa? IDN Times/Hana Adi Perdana

Sementara investor asing terbesar kedua ialah Hongkong sebesar US$1,2 juta atau sekitar 17,2 persen PMA, Tiongkok sebesarUS$ 1,1 juta atau sebesar 16,8 persen, Jepang US$0,6 juta atau sekitar 9 persen, Korea Selatan US$0,6 juta atau 8,1 persen, dan negara lainnya US$1,3 juta atau 20,1 persen.

Bahlil menjelaskan, Korea Selatan menggeser posisi Malaysia yang saat ini menempati posisi keenam. "Di kuartal pertama yang masuk lima besar itu Malaysia. Tapi kemudian digeser oleh Korea Selatan," ujarnya.

Baca Juga: BKPM: Ekonomi Indonesia Jangan Bergantung Terus pada Tiongkok

2. Total PMA tercatat Rp97,6 triliun

Singapura Dominasi Investasi Asing di RI Walau Lagi Resesi, Kok Bisa? Ilustrasi (IDN Times/Mia Amalia)

Total penanaman modal asing di Indonesia pada kuartal kedua 2020 sebesar Rp97,6 triliun atau 50,9 persen. Sementara penanaman modal dalam negeri atau PMDN Rp94,3 triliun 49,1 persen

"Kalau di kuartal pertama kemarin itu, PMDN lebih tinggi ketimbang PMA karena kita tahu Januari, Februari, Maret itu dunia internasional syok karena persoalan di mana China dan beberapa negara lain baru puncak-puncaknya pandemik," ujarnya.

3. Realisasi investasi langsung kuartal dua turun 4,3 persen

Singapura Dominasi Investasi Asing di RI Walau Lagi Resesi, Kok Bisa? Ilustrasi Penurunan (IDN Times/Arief Rahmat)

Adapun secara keseluruhan BKPM mencatat, realisasi investasi langsung sebesar Rp191,9 triliun, dengan penyerapan tenaga kerja sebanyak 263.109 orang sepanjang kuartal dua tahun 2020. Realisasi ini turun 4,3 persen secara year on year dan turun 3,4 persen secara quartal on quartal.

Capaian ini mengalami penurunan 8,9 persen dari kuartal pertama tahun 2020, dan jauh dari target yang dipatok oleh BKPM sebelumnya.

"Capaian ini bukan hasil yang jadi rencana BKPM. Karena rencana BKPM lebih dari Rp200 triliun untuk kuartal dua," kata Bahlil.

Baca Juga: BKPM Gagal Capai Target Investasi, Bahlil: Kuartal 2 Cobaan Terberat

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Anata Siregar
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya