Comscore Tracker

Tokopedia Sudah Laporkan Kasus Kebocoran 91 Juta Data Pengguna

Tautan data pengguna disebar di forum di Facebook

Jakarta, IDN Times - Lembaga Riset Siber Indonesia Communication and Information System Security Research Center (CISSReC) menemukan bahwa ada orang yang membeli data 91 juta e-commerce Tokopedia yang bocor beberapa pada Mei lalu dan mengedarkan tautan unduhannya melalui Facebook.

Menanggapi hal itu, VP of Corporate Communications, Tokopedia  Nuraini Razak angkat bicara. Menurut dia, pihak ketiga yang tidak berwenang telah mengunggah informasi secara ilegal di media sosial dan forum internet terkait cara mengakses data pelanggan Tokopedia yang telah dicuri.

"Kami ingin menegaskan bahwa ini bukanlah upaya pencurian data baru dan informasi password pengguna Tokopedia tetap aman terlindungi di balik enkripsi," katanya kepada IDN Times, Senin (6/7).

1. Telah dilaporkan oleh Tokopedia ke pihak kepolisian

Tokopedia Sudah Laporkan Kasus Kebocoran 91 Juta Data PenggunaTokopedia.com

Menurutnya, pihaknya telah melaporkan hal ini ke pihak kepolisian. Dia mengimbau seluruh pihak untuk menghapus segala informasi yang memfasilitasi akses ke data yang diperoleh melalui cara yang melanggar hukum.

"Tokopedia telah menyampaikan informasi terkait insiden pencurian data ini secara transparan dan berkala kepada seluruh pengguna, berkoordinasi dengan pemerintah dan berbagai pihak berwenang terkait insiden pencurian data ini dan telah menerapkan langkah-langkah keamanan sesuai standar internasional," ujarnya.

Baca Juga: Data Pengguna Dicuri, Tokopedia Pastikan Data Pembayaran Tidak Bocor 

2. Data dapat diunduh secara gratis

Tokopedia Sudah Laporkan Kasus Kebocoran 91 Juta Data PenggunaDok. Tokopedia

Sebelumnya, Dr. Pratama Persadha
Chairman Lembaga Riset Siber CISSReC melaporkan, data yang sebelumnya dikabarkan diperjual belikan seharga US$5.000 atau sekitar Rp70 juta itu kini bisa diunduh secara bebas.

Berdasarkan keterangannya, salah satu anggota pada sebuah group facebook terkait keamanan siber yang berisikan hampir 15 ribu anggota memberikan link tautan untuk mengunduh data Tokopedia sebanyak 91 juta secara gratis, pada Sabtu 4 Juli 2020.

"Saat ditelusuri, link tersebut bersumber pada salah satu akun bernama @Cellibis di forum Raidsforum yang memang sudah membagikan lebih dulu pada jumat 3 juli 2020. Akun tersebut membagikan secara hampir cuma-cuma di Raidforums yang sebelumnya dia dapatkan dari cara membeli data tersebut di dark web sebesar $5000," ujarnya.

3. Tokopedia diminta bertanggung jawab

Tokopedia Sudah Laporkan Kasus Kebocoran 91 Juta Data PenggunaDok. Tokopedia

Menurut dia, Tokopedia harus bertanggung jawab karena data pengguna yang mereka kelola bocor dan akan banyak pihak yang menggunakan untuk tindak kejahatan.

"Ini membuktikan bahwa Tokopedia benar-benar sudah diretas, tidak seperti penjelasan Tokopedia sebelumnya yang mengatakan hanya terjadi upaya peretasan di platformnya," ujarnya.

Kendati dapat diunduh, namun dia mengatakan hal itu tidak mudah karena
file tersebut telah disimpan di server Amerika sehingga harus menggunakan VPN dengan IP Amerika.

Baca Juga: Kemkominfo Panggil Tokopedia, Diminta  Investigasi Kebocoran Data 

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya