Comscore Tracker

Tunjuk Millennial Jadi Direksi BUMN, Erick Thohir: Bukan Gaya-gayaan

Erick meminta para generasi millennial diberi kesempatan

Jakarta, IDN Times - Menteri Badan Usaha Milik Negara atau BUMN, Erick Thohir, mengatakan dirinya menunjuk jajaran direksi yang berusia muda bukan tanpa alasan. Menurut Erick, hal itu diperlukan saat ini, saat BUMN harus menghadapi era transformasi.

Dia mengatakan pemilihan wajah-wajah muda itu bukan karena Kementerian BUMN ingin memudakan gaya dan tampang atau visual. Namun, menurutnya, sebesar 62 persen penduduk Indonesia berusia muda.

"Saya tidak segan-segan mengangkat direksi yang muda bukan untuk gaya-gayaan tapi bagian transformasi," katanya Rabu (1/7/2020).

1. Dirut diminta membimbing direksi muda dengan baik

Tunjuk Millennial Jadi Direksi BUMN, Erick Thohir: Bukan Gaya-gayaanMenteri BUMN Erick Thohir kunjungan kerja ke Bandara Soekarno-Hatta. Dia meninjau dan melihat fasilitas dan perlengkapan upaya pencegahan penyebaran COVID-19 di Bandara Soetta (IDN Times/Candra Irawan)

Untuk itu, Erick meminta agar para direktur utama di perusahaan BUMN membimbing dengan baik para direktur muda yang baru ditunjuk. "Karena itu bagian dari komitmen juga," ucapnya.

Dia mengatakan direksi muda harus diberi kesempatan untuk berkembang dan menjadi generasi penerus para pemimpin saat ini.

"Mohon maaf, kita sebagai pemimpin ada waktunya dan ada umurnya," ucapnya.

Baca Juga: [BREAKING] Pendiri Bukalapak Fajrin Rasyid Jadi Direktur Telkom

2. Fajrin menjadi direktur muda pertama di BUMN

Tunjuk Millennial Jadi Direksi BUMN, Erick Thohir: Bukan Gaya-gayaanCo-founder dan Presiden Bukalapak, Fajrin Rasyid (ANTARA News/Arindra Meodia)

Erick Thohir baru saja mengangkat seorang dari generasi millennial untuk menduduki jabatan di perusahaan BUMN. Millennial pertama yang diangkat Erick Thohir dalam jajaran direksi di BUMN yakni Muhammad Fajrin Rasyid. Dia di angkat menjadi Direktur Digital Business PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (PT Telkom).

Menteri BUMN Erick Thohir melemparkan pujian terhadap Fajrin dengan menyebut eks co-founder Bukalapak itu sebagai figur anak muda yang sudah teruji kiprah dan karyanya di bisnis digital.

"Dengan rekam jejak dan pengalaman meski masih berusia muda, Fajrin adalah figur yang tepat untuk memimpin pengembangan bisnis digital Telkom. Seperti yang pernah saya sampaikan beberapa waktu lalu, Telkom harus merubah dan memperkuat strategi bisnisnya terutama di era pasca-COVID-19 terutama dalam memperkuat bisnis Telkom," kata Erick dalam keterangan tertulisnya, Jumat (19/6).

3. Berikut millennial yang ditunjuk jadi bos BUMN

Tunjuk Millennial Jadi Direksi BUMN, Erick Thohir: Bukan Gaya-gayaanErick Thohir pantau apotek kimia farma (IDN Times/Muhammad Athif Aiman)

Selain itu, ada beberapa generasi millennial lainnya yang ditunjuk untuk menduduki jabatan di perusahaan pelat merah.

Di antaranya, Fadli Rahman yang menjabat sebagai komisaris millennial di sub holding Pertamina Hulu dan Energi. Adrian Zakhary yang menjabat sebagai komisaris di PTPN, serta Kaspar Situmorang diangkat menjadi Executive Vice President Digital Center of Excellence BRI.

Baca Juga: Baru Jabat Direktur, Fajrin Curhat Banyak Dikomplain Pelanggan Telkom

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya