Comscore Tracker

Uang Rp75 Ribu Menjamur di E-Commerce, Sabar Pesan di BI Saja

BI akan buka lagi pemesanan

Jakarta, IDN Times - Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia banyak diperdagangkan secara online, dengan harga di atas nominal Rp75.000.

Karena hal itu, Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia, Marlison Hakim meminta masyarakat bersabar mendapat uang baru tersebut di Bank Indonesia. Hal ini untuk menghindari jual-beli uang yang merugikan masyarakat.

"Masyarakat tidak perlu khawatir dan bersabar dengan memesan di Bank Indonesia sama dengan harga penukaran atau nominal Rp75.000," katanya melalui keterangannya, Senin (24/8/2020).

1. BI tidak dapat memberikan sanksi

Uang Rp75 Ribu Menjamur di E-Commerce, Sabar Pesan di BI SajaPeluncuran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI yang bernilai Rp75000 (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Baca Juga: Peminat Tinggi, BI Bakal Evaluasi Tanggal Penukaran Uang Baru Rp75.000

Marlison mengatakan, meski diperjualbelikan di atas harga nominal,  Bank Indonesia tidak dapat memberikan sanksi, sebab otoritas moneter tidak bisa mengendalikan penjualan uang edisi khusus di masyarakat.

"Kita tidak bisa menghindari jual beli UPK di masyarakat karena memang yang terjadi antara gap supply dan demand. Justru dengan adanya penukaran secara kolektif ini masyarakat sekarang punya kesempatan luas memiliki UPK," ujarnya.

2. Seharusnya uang dijual tidak melebihi Rp75 ribu

Uang Rp75 Ribu Menjamur di E-Commerce, Sabar Pesan di BI SajaPeluncuran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI (Youtube.com/Bank Indonesia)

Hal yang sama juga disampaikan oleh Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi, beberapa waktu lalu dia mengatakan pemilik memang tidak dilarang untuk menjual uang pecahan tersebut. Akan tetapi, harga jualnya tidak boleh melebihi Rp 75 ribu.

“Disimpan untuk koleksi, bisa. Kalau misalnya, saya mau beli, ya silakan saja. Kami tidak mengatur itu. Hanya, harga penukarannya tetap Rp 75 ribu,” katanya, secara virtual, Selasa (18/8/2020).

3. Berdasarkan pantauan IDN Times ada uang yang dijual Rp1.500 ribu

Uang Rp75 Ribu Menjamur di E-Commerce, Sabar Pesan di BI SajaPeluncuran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI (Youtube.com/Bank Indonesia)

Sebelumnya diberitakan Pemerintah dan Bank Indonesia baru saja meluncurkan uang bernominal Rp75 ribu dalam perayaan hari ulang tahun ke 75 RI. Namun sejumlah e-commerce seperti Shopee, Bukalapak, dan Tokopedia menjual uang itu dengan harga yang lebih mahal.

Berdasarkan pantaun IDN Times uang tersebut dijual dengan harga jutaan rupiah. Di shopee uang Rp75.000 dibanderol dengan harga Rp1.500,000.

Baca Juga: Antrean Uang Baru Rp75 Ribu di BI Jateng Full sampai September 2020

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya