Comscore Tracker

UMKM dan Koperasi Dapat Restrukturisasi Kredit Rp441 T, Ini Rinciannya

Simak rincian restrukturisasi yang dilakukan Bank BUMN

Jakarta, IDN Times - Kementerian Badan Usaha Milik Negara atau BUMN menyampaikan Bank Himbara telah melakukan restrukturisasi kredit untuk segmen UMKM dan koperasi sebesar Rp441 triliun.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan bank-bank BUMN tersebut telah merampungkan proses restrukturisasi dalam kurun waktu 3,5 bulan sejak keluarnya Peraturan Otoritas Jasa Keuangan.

1. Berikut rincian restrukturisasi untuk UMKM

UMKM dan Koperasi Dapat Restrukturisasi Kredit Rp441 T, Ini RinciannyaIlustrasi kredit (IDN Times/Arief Rahmat)

Arya merinci restrukturisasi untuk UMKM tersebut meliputi KUR sebesar Rp51 triliun, mikro sebesar Rp74 triliun, kemudian SME sebesar Rp104,6 triliun dan total sekitar Rp229 triliun. Kemudian total untuk consumer dan whosale sebesar Rp211 triliun.

"Jadi total Rp441 trilliun itu adalah utang yang sudah berhasil direstrukturisasi dan diselesaikan teman-teman Himbara dalam tempo 3,5 bulan," ucap Arya kepada awak media, Rabu (29/9/2020).

Baca Juga: Dear Pemerintah, Subsidi dan Relaksasi Kredit Tak Cukup Gairahkan UMKM

2. Berikut rincian restrukturisasi per bank

UMKM dan Koperasi Dapat Restrukturisasi Kredit Rp441 T, Ini RinciannyaIDN Times/Auriga Agustina

Arya menjelaskan total restrukturisasi yang dilakukan oleh BRI sebesar Rp171,9 triliun, Mandiri sebesar Rp112,4 triliun, BNI sebesar Rp120,2 triliun, dan
BTN sebesar Rp36,46 triliun.

"Apa yang diminta Pak Jokowi untuk mempercepat restrukturisasi ekonomi yang berhubungan langsung dengan rakyat itu dalam tempo 3,5 bulan sudah dilaksanakan Himbara," ujarnya.

3. Berharap resktrukturisasi BUMN dapat membantu UMKM

UMKM dan Koperasi Dapat Restrukturisasi Kredit Rp441 T, Ini RinciannyaIlustrasi UMKM Kerupuk ikan lele (IDN Times/Yurika Febrianti)

Dia berharap restrukturisasi yang dilakukan BUMN ini akan membantu UMKM tetap bergerak di tengah dampak pandemi dan tidak terbebani dengan beratnya cicilan.

"Kita harapkan ini bisa membuat UMKM kembali bisa bergerak dan menumbuhkan ekonomi. Permintaan dari Pak Jokowi itu percepatan UMKM dan bidang swasta lainnya, apalagi yang berkaitan dengan consumer bisa diterima para pelanggan juga. Kita harapkan bisa membuat masyarakat terbantu," ujarnya.

Baca Juga: Selain Pinjaman Modal Rp2,4 Juta, UMKM Bisa Dapat Kredit Bunga Rendah

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya