Comscore Tracker

Wah, 70 Persen Investor Pasar Modal Generasi Millennial

Rentang usia para investor berkisar 18-40 tahun

Jakarta, IDN Times - Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia (BEI) Hasan Fawzi mengatakan total investor di pasar modal sejak 2016 hingga Mei 2020 didominasi oleh investor berusia muda. Mereka mendominasi baik sebagai investor saham, reksa dana, atau obligasi.

Total investor berusia di bawah 30 tahun hampir 45 persen dari total investor pasar modal. Lalu usia 31 tahun hingga 40 tahun sebesar 25 persen dari total ivenstor di pasar modal dan sisanya berasal dari usia di atas 40 tahun. 

"Sebetulnya investor muda sampai 40 tahun, hingga sekarang ada di 70 persen dari total investor pasar modal," katanya melalui diskusi virtual, Jumat (26/6).

1. Penyebab meningkatnya jumlah investor millennial di pasar modal

Wah, 70 Persen  Investor Pasar Modal Generasi MillennialIlustrasi stimulus ekonomi. (IDN Times/Mia Amalia)

Menurut dia, peningkatan itu karena BEI sudah melakukan pendekatan aksesibilitas pada investor ritel yang berusia muda. Misalnya dengan menggulirkan kampanye 'Yuk Nabung Saham', juga menggandeng agen mitra untuk membuka rekening dengan jumlah saldo rekening awal yang sangat terjangkau.

"Yang sekarang dapat memulai di angka Rp100 ribu. Itu ternyata menarik investor usia muda untuk memulai di pasar modal kita khususnya di pasar saham," katanya.

Baca Juga: 10 Istilah tentang Saham yang Perlu Diketahui Investor Pemula

2. Investor saham di usia muda selalu mengalami pertumbuhan sejak 2016

Wah, 70 Persen  Investor Pasar Modal Generasi Millennialidn media

Dia menjelaskan, sejak akhir 2016 lalu, investor saham usia muda selalu mengalami pertumbuhan. Pada rentang 18 sampai 25 tahun, pertumbuhannya hampir 3,5 kali lipat, tepatnya 338 persen.

"Pertumbuhan selanjutnya ada di usia berikutnya di 26 tahun sampai 30 tahun tumbuh lebih dari 2 kali," ujarnya.

Selanjutnya pada rentan usia 31-40 tahun tumbuh 113,85 persen. "Segmen di atas 41 tahun bertumbuh tapi lebih rendah dibanding usia bawahnya," ujarnya.

3. Total investor di pasar modal hingga Mei 2020, meningkat dari tahun lalu

Wah, 70 Persen  Investor Pasar Modal Generasi Millennialilustrasi investasi. IDN Times/Arief Rahmat

Hasan mengatakan demografi ini menarik untuk penguatan basis investor ritel domestik dari waktu ke waktu. Dia berharap pertumbuhan aset investor muda dan kekuatan modalnya bisa jadi penopang pertumbuhan pasar modal di masa akan datang.

Adapun, total investor di pasar modal hingga Mei 2020 mengalami peningkatan sekitar 13 persen, dari 2,484 juta investor pasar modal di akhir tahun lalu dan Mei meningkat menjadi 2,814 juta investor.

Baca Juga: 4 Jenis Investasi dengan Modal Murah yang Cocok buat Pemula 

Topic:

  • Anata Siregar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya