Comscore Tracker

Wah, Kimia Farma Sudah Bisa Produksi Avigan

Erick mengaku sudah menghubungi BPOM

Jakarta, IDN Times - Menteri Badan Usaha Milik Negara atau BUMN Erick Thohir mengatakan, PT Kimia Farma Tbk saat ini telah mampu memproduksi Avigan. Avigan merupakan merek dagang untuk favipiravir yang merupakan jenis obat yang biasa diberikan kepada pasien-pasien yang terpapar COVID-19.

“Bahan-bahan obat yang diperlukan saat pandemi Covid-19 ini seperti favipiravir. Dulu yang ngetopnya Avigan kita sudah bisa produksi sendiri,” katanya melalui virtual, Selasa (22/9/2020).

1. Disebut dapat mengurangi ketergantungan impor

Wah, Kimia Farma Sudah Bisa Produksi AviganMenteri BUMN, Erick Thohir memberikan kata sambutan (Dok. IDN Times/Humas BUMN)

Menurutnya, hal ini dapat mengurangi ketergantungan impor. Selain itu, harga yang akan dijual di pasar Indonesia pun bisa lebih murah.

“Kalau Avigan kita pastikan bisa lebih murah. Tapi yang oseltamivir karena ini impor, tentu sesuai dengan pasar. Kalau Avigan tentu favipiravir sudah bisa jauh lebih murah, kurang lebih Rp20 ribuan,” ujarnya.

Baca Juga: Peneliti LIPI: Chloroquine dan Avigan Aman bagi Penderita Pneumonia

2. Erick sudah mehubungi BPOM

Wah, Kimia Farma Sudah Bisa Produksi AviganFoto hanya ilustrasi. (pexels.com/Polina Tankilevitch)

Dia mengatakan telah menghubungi BPOM untuk mengurus izin edar obat Avigan buatan Indonesia.

“Hari ini saya baru telpon BPPOM agar segera bisa dikeluarkan izinnya karena memang kebutuhannya sangat tinggi,” ucapnya.

3. Jokowi pernah sebut telah mempersiapkan Avigan untuk menyembuhkan COVID-19

Wah, Kimia Farma Sudah Bisa Produksi AviganMenteri BUMN Erick Thohir dan Menko Polhukam Mahfud MD saat menyerahkan bantuan Avigan ke Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Minggu (5/7/2020). IDN Times/ Dok. Istimewa

Sebelumnya, Presiden "Joko "Jokowi" Widodo menyebut, pemerintah sudah menyiapkan obat yang diyakininya ampuh untuk menyembuhkan pasien COVID-19.

"Obat ini sudah dicoba oleh satu, dua, tiga negara dan memberikan kesembuhan yaitu Avigan. Kita telah mendatangkan 5.000 dan dalam proses pemesanan 2 juta (butir)," kata Jokowi dalam keterangan persnya, di Istana Kepresidenan Bogor, yang disiarkan langsung melalui channel YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (20/3/2020).

Baca Juga: Jepang Mulai Uji Coba Avigan untuk Obati Pasien Virus Corona 

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya