Comscore Tracker

Wow! Mantan Menteri hingga Presenter Siap Jadi Relawan Vaksin Sinovac

Ini persyaratan jadi relawan

Jakarta, IDN Times - Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga, mengatakan sudah banyak yang mendaftar sebagai relawan uji Klinis Tahap III Vaksin Sinovac dari Tiongkok yang bekerja sama dengan PT Bio Farma. Ada beberapa orang penting yang akan mendaftar sebagai relawan vaksin tersebut.

"Kabarnya saya dapat informasi, mantan menteri pun mau gabung juga, ada juga presenter cowok. Terus aku bilang ayuk kita ramai-ramai, sama-sama demi kemanusiaan," kata Arya saat ngobrol seru bersama IDN Times, Kamis (30/7/2020).

1. Tidak perlu stay di Bandung

Wow! Mantan Menteri hingga Presenter Siap Jadi Relawan Vaksin Sinovac(Ilustrasi vaksin COVID-19) IDN Times/Arief Rahmat

Arya mengatakan untuk menjadi relawan, para calon relawan tidak perlu stay di Bandung, meskipun uji klinis vaksin tersebut akan dilakukan di kota Bandung. Dia mengatakan akan ada beberapa tahapan.

"Misalnya pertama akan disuntik dua kali, diambil darah. Kemudian boleh beraktivitas, dua minggu kemudian saya (salah satu relawan) akan datang lagi. Nanti dites lagi, dua minggu kemudian diambil lagi. Beberapa bulan akan diambil lagi. Saya akan bolak-balik ke Bandung," katanya.

2. Berikut syarat dan tempat pendaftaran menjadi relawan

Wow! Mantan Menteri hingga Presenter Siap Jadi Relawan Vaksin SinovacIlustrasi Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Lebih lanjut dia menjelaskan, ada beberapa syarat yang harus dimiliki oleh para relawan di antaranya tidak memiliki sakit bawaan, seperti diabetes, paru-paru, kanker dan sebagainya.

Kemudian para calon relawan tidak pernah terkena corona, harus dalam keadaan sehat, dan dalam waktu 100 bulan tidak pernah mengikuti uji klinis vaksin lainnya. Nantinya para relawan dapat mendaftarkan diri langsung ke Bio Farma ataupun di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Hasan Sadikin, Bandung.

3. Stafsus Menteri BUMN mendaftar sebagai relawan vaksin Sinovac yang akan diuji klinis tahap III

Wow! Mantan Menteri hingga Presenter Siap Jadi Relawan Vaksin SinovacIDN Times/Auriga Agustina

Sebelumnya diberitakan Arya Sinulingga mendaftar sebagai salah satu relawan vaksin COVID-19. Dia mengatakan tengah menunggu hasil administrasi apakah sesuai dengan kriteria yang dicari atau tidak.

"Saya kemarin sudah kirimkan, KTP saya dan dalam waktu dekat saya melakukan pendaftaran," ujar dia.

Arya optimistis bisa lolos dalam proses administrasi, lantaran selama ini dia tidak memiliki riwayat terinfeksi corona, maupun riwayat penyakit lain. Sehingga dia menilai, ini menjadi langkah yang tepat untuk menjadi relawan.

"Menguji apa yang menjadi produknya Bio Farma yang merupakan BUMN," ujarnya.

Baca Juga: Tiga Jenis Vaksin Ini Penting untuk Lansia, Terutama Vaksin Influenza

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya