Comscore Tracker

Bisnis Internasional BRI Catat Pertumbuhan Positif di Tengah Pandemik

BRI juga siapkan perizinan di Taipei, Taiwan

Jakarta, IDN Times - Meski situasi ekonomi global terpukul akibat pandemik COVID-19, Bank Rakyat Indonesia (BRI) masih mampu mencatatkan pertumbuhan positif, termasuk pertumbuhan bisnis internasionalnya. 

Resilience business internasional milik BRI terlihat dari pertumbuhan bisnis Unit Kerja Luar Negeri (UKLN) yang berhasil memberi kontribusi laba USD 30,56 juta, atau tumbuh 23,04 secara year on year pada pada penutupan 2020 lalu.

1. BRI New York Agency jadi kontributor terbesar

Bisnis Internasional BRI Catat Pertumbuhan Positif di Tengah PandemikGedung BRI. (Dok. BRI)

Lebih lanjut SEVP Treasury & Global Services BRI Listiarini Dewajanti menjelaskan bahwa saat ini BRI New York Agency menjadi kontributor atau penyumbang terbesar dari laba yang UKLN yang ada di BRI dengan mengambil porsi sebesar lebih dari 54 persen. Pertumbuhan tersebut ditunjang fee based income dan pendapatan bunga dari earning asset.

Listriani juga mengatakan bahwa BRI sangat concern terhadap pengembangan bisnis Unit Kerja Luar Negeri BRI. Ia pun optimistis bisnis UKLN BRI tahun 2021 akan tumbuh dengan baik seiring pulihnya perekonomian dunia dari dampak pandemik COVID-19.

“Strategi yang diambil BRI adalah dengan meningkatkan portofolio pada earning asset, seperti trade finance, pinjaman, dan surat berharga yang lebih selektif dan sehat. Penyaluran tersebut akan tetap fokus untuk mendukung program-program pemerintah dalam meningkatkan kelas UMKM ke dunia global,” jelas Listriani dalam keterangan pers.

Baca Juga: Terus Dorong Kemajuan UMKM, BRI Masuk Daftar Perusahaan Kelas Dunia 

2. BRI persiapkan izin pengembangan BRI Taipei Branch

Bisnis Internasional BRI Catat Pertumbuhan Positif di Tengah PandemikGedung BRI. (Dok. BRI)

Tidak hanya itu, Listriani juga mengungkapkan bahwa pada tahun ini BRI tengah mempersiapkan perizinan pengembangan BRI Taipei Branch. Nantinya, BRI Taipei Branch akan  beroperasi pada awal semester 1 Tahun 2021 dengan lisensi Full Retail Banking Branch

Dengan begitu, BRI dapat melayani seluruh kebutuhan transaksi perbankan nasabah di Taipei, Taiwan. BRI juga masih mengurus perizinan untuk BRI Hong Kong Branch. Dengan kehadiran BRI di kedua negara tersebut, BRI berharap dapat memfasilitasi kebutuhan jasa perbankan untuk diaspora Indonesia, maupun Indonesian related business di Taiwan dan Hong Kong.

“BRI akan mengoperasikan secara penuh BRI Taipei Branch pada April 2021 mendatang yang dapat melayani seluruh transaksi perbankan nasabah hingga ke wilayah Hong Kong,” kata Listiarini.

3. Semangat memajukan UMKM, BRI masuk daftar perusahaan kelas dunia

Bisnis Internasional BRI Catat Pertumbuhan Positif di Tengah PandemikMantri BRI bertemu para pelaku UMKM di pasar (Dok. Bank BRI)

BRI menjadi perusahaan publik asal Indonesia dengan peringkat tertinggi dalam daftar Global 2000: The World’s Largest Public Companies yang dirilis majalah ekonomi terkemuka Forbes. BRI menduduki peringkat 347 di antara seluruh perusahaan publik di seluruh dunia.

Capaian positif tersebut juga merupakan salah satu apresiasi terhadap kinerja BRI dalam mendorong kemajuan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang berperan dalam menjaga roda perekonomian di Indonesia.

“BRI akan terus melakukan edukasi untuk mendorong pelaku UMKM naik kelas, dari ultra mikro menjadi mikro, mikro menjadi kecil, kecil menjadi menengah, dan seterusnya,” urai Direktur Utama BRI Sunarso, Kamis (4/3/2021). (CSC)

Baca Juga: Bangkitkan dan Selamatkan UMKM, Begini Semangat Tinggi Mantri BRI

Topic:

  • Ridho Fauzan
  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya