BRI Dukung Produktivitas UMKM Lewat Pelatihan Virtual  

Pelaku usaha mendapat lima materi pelatihan

Jakarta, IDN Times – “Ketahanan Pangan Keluarga” menjadi tema Bank BRI dalam memberikan dukungan untuk membangkitkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia melalui pelatihan virtual/kelas online

Dalam kelas online ini, pelaku usaha mendapat berbagai materi pelatihan, seperti Budidaya Ayam Skala Rumah Tangga, Budidaya Aquaponik (dua komoditas sekali panen), Manajemen Perkandangan, Pakan Sapi Perah, serta Manajemen Pakan Sapi Potong. Melalui pelatihan ini, pelaku usaha diharapkan bisa menjadi petani maupun peternak yang dapat mengembangkan skala usaha.

“Kami terus hadir dalam memberikan pendampingan di tengah pandemi. Antusiasme petani cukup tinggi dan materi yang diberikan diharapkan membantu memberikan motivasi sekaligus solusi bagi pelaku usaha seperti petani dan peternak,” ungkap Aestika Oryza Gunarto, Corporate Secretary Bank BRI.

1. Materi budidaya ayam portable

BRI Dukung Produktivitas UMKM Lewat Pelatihan Virtual  alatternakayam.com

Dalam kelas budidaya ayam, pelaku usaha diberikan materi tentang budidaya ayam portable yang sangat direkomendasikan bagi pelaku usaha di wilayah perkotaan yang memiliki keterbatasan lahan usaha. Pelaku usaha diberikan beberapa tips membuat kandang ayam yang layak serta memilih jenis induk ayam dan pakan yang cocok sehingga mampu menghasilkan ternak ayam berkualitas.

2. Kelas Aquaponik mengajarkan sistem produksi sayuran yang diintegrasikan dengan budidaya hewan air

BRI Dukung Produktivitas UMKM Lewat Pelatihan Virtual  rumah.com

Jika kelas Aquaponik, peserta kelas online mendapatkan materi tentang sistem produksi sayuran yang diintegrasikan dengan budidaya hewan air (ikan, udang, atau siput) dalam satu lingkungan simbiosis. Dengan mengikuti kelas ini, pelaku usaha bisa mendapatkan pengetahuan tentang keberagaman produksi pangan lokal dan meningkatkan pengetahuan tentang produksi pangan sehat bebas pencemaran.

“Sektor pangan menjadi salah satu fokus BRI dalam mendukung ketahanan pangan nasional. Kelas Aquaponik bisa menjadi solusi bagi pelaku usaha terutama petani modern karena sudah memadukan antara Economic Impact dan Enviroment Impact,” imbuh Aestika.

3. Manajemen perkandangan dan manajemen pakan

BRI Dukung Produktivitas UMKM Lewat Pelatihan Virtual  sulawesion.com

Pelaku usaha juga diberikan pengetahuan tentang beternak sapi perah dan sapi potong dengan pelatihan tentang manajemen perkandangan dan manajemen pakan, baik untuk sapi perah maupun sapi potong. Dengan pelatihan ini, para peternak sapi mendapatkan pengetahuan dalam menghasilkan produksi susu sapi yang tinggi dengan biaya produksi pakan yang murah.

Sementara dalam manajemen pakan sapi potong, pelaku usaha diberikan pengetahuan tentang metode penggemukan sapi potong dengan pakan yang murah. Dengan metode ini, para peternak bisa menghasilkan sapi potong berkualitas tinggi dan hemat pakan hingga 80 persen.

“Kami juga memfasilitasi pelaku usaha yang mau mendapatkan materi melalui Aplikasi Wirausahabrilian atau dapat mengunduhnya di website www.wirausahabrilian.bri.co.id. Semoga bermanfaat,” pungkas Aestika.

Ke depannya, BRI akan terus hadir bagi pelaku usaha melalui kelas-kelas online lainnya dengan materi pelatihan di semua sektor usaha serta menghadirkan pemateri-pemateri yang mampu mendorong motivasi pelaku usaha pelaku UMKM di Indonesia untuk tetap produktif dan berkembang dalam kapasitas usaha.

Topik:

  • Ester Ajeng

Berita Terkini Lainnya