Konsisten Majukan UMKM, BRI Bawa Pulang Dua Penghargaan

Komitmen bantu UMKM 'naik kelas'

Jakarta, IDN Times - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) berhasil membawa pulang dua penghargaan KUR Digital Innovation, dan Integrated CSR Strategy for Brilian Tourism Village Development dari ajang Inews Maker Awards 2022.

Adapun penghargaan tersebut diberikan kepada BRI atas konsistensinya dalam membawa pelaku UMKM ‘naik kelas’, serta menumbuhkembangkan sektor UMKM, terutama segmen mikro.  

Malam penganugerahan Inews Maker Awards 2022 dihadiri oleh Senior Vice President Micro Business Development Division, Fita Arisanti dan Vice President Social Entrepreneurship & Incubation Division, Evi Sulistyowati pada Kamis (30/6/2022). 

1. Hadirkan inovasi dalam penyaluran KUR

Konsisten Majukan UMKM, BRI Bawa Pulang Dua PenghargaanWakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto. (Dok. BRI)

Catur Budi Harto, Wakil Direktur Utama BRI mengatakan bahwa penghargaan ini menjadi pemicu semangat perseroan untuk mengoptimalisasi potensi usaha mikro di Indonesia. Salah satunya, dengan terus menghadirkan inovasi dalam penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR).

“Tentu saja penghargaan ini kami dedikasikan bagi seluruh Insan BRILiaN yang tanpa lelah memberikan kinerja terbaiknya. BRI telah dikenal sebagai Bank UMKM, dan kami akan teruskan fokus tersebut. BRI siap berkontribusi maksimal menjadi mitra strategis pemerintah dalam mengeskalasi pelaku usaha mikro, salah satunya melalui penyaluran KUR,” terang Catur. 

Baca Juga: Green Bond BRI Laris Manis Diminati Investor

2. Kuota KUR BRI tahun ini mencapai Rp260 triliun

Konsisten Majukan UMKM, BRI Bawa Pulang Dua PenghargaanMantri BRI bertemu pelaku UMKM. (Dok. BRI)

Bank terbesar di Indonesia ini memang tercatat punya andil besar dalam penyaluran KUR di Indonesia. Adapun kuota KUR BRI pada tahun ini mencapai Rp260 triliun atau setara 70 persen dari total dana KUR yang sebesar Rp373,17 triliun.

Lebih lanjut, Catur mengungkapkan, KUR memiliki dampak besar bagi perekonomian Indonesia. Berdasarkan hasil riset Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), penyaluran KUR diestimasikan mampu menyerap 32,1 juta tenaga kerja.  Hal tersebut dikarenakan akses KUR berpotensi meningkatkan penyerapan tenaga kerja sebesar rata-rata 3 orang.

3. Penyaluran KUR dapat menyerap 32,1 juta lapangan kerja

Konsisten Majukan UMKM, BRI Bawa Pulang Dua PenghargaanBRI terus menyalurkan kredit mikro yang terdiri atas KUR, Kupedes, dan Briguna Mikro. (Dok. BRI)

Diketahui, BRI memiliki 10,7 juta nasabah eksisting KUR dari segmen Super Mikro, Mikro, dan KUR Kecil. Dengan demikian, multiplier effect dari penyaluran KUR BRI disebut dapat menyerap 32,1 juta lapangan kerja di seluruh Indonesia. 

“Pemberdayaan KUR dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat. Di samping itu, BRI juga senantiasa menerapkan social values untuk mendatangkan kebermanfaatan bagi berbagai lapisan masyarakat di Indonesia,” ujar Catur. (WEB)

Baca Juga: Penyaluran KUR BRI Diestimasi Menyerap 32,1 Juta Lapangan Kerja 

Topik:

  • Ridho Fauzan

Berita Terkini Lainnya