Comscore Tracker

Spanyol Terapkan Pajak Baru bagi Bank dan Perusahaan Energi

Atasi lonjakan BBM penyebab inflasi

Jakarta, IDN Times - Perdana Menteri Spanyol, Pedro Sanchez pada Selasa (12/7/2022), mengungkapkan penerapan pajak baru bagi sektor perbankan dan perusahaan energi. Kebijakan ini diterapkan di tengah melambungnya inflasi yang dialami negara-negara Eropa, termasuk Spanyol. 

Rencana ini sudah digodok Pemerintah Spanyol sejak bulan lalu untuk melindungi konsumen yang tengah menghadapi kenaikan harga kebutuhan pokok. Selain itu, ini dilakukan demi mengurangi lonjakan harga bahan bakar yang jadi penyebab utama inflasi di Spanyol. 

Baca Juga: Ribuan Warga Spanyol Berdemo Menolak KTT NATO di Madrid

1. Diprediksi akan mendatangkan dana Rp105,6 Kuadriliun dalam dua tahun

Implementasi pajak sementara kepada perusahaan energi dan perbankan di Spanyol ini diperkirakan akan mendatangkan dana segar. Bahkan, pemerintah setempat memprediksi dana tersebut mencapai 7 miliar euro (Rp105,6 kuadriliun) dalam kurun waktu dua tahun hingga 2024. 

Pada pidatonya di parlemen, PM Sanchez menegaskan bahwa pendapatan dari pajak luar biasa ini akan mendatangkan profit sebesar 2 juta euro dari perusahaan energi dan 1,5 juta euro dari insituti finansial dalam satu tahunnya, dilansir Reuters

Sanchez juga mengatakan bahwa pemberlakuan pajak kepada bank-bank raksasa ini karena mereka sudah mendapatkan keuntungan berlipat dari kenaikan suku bunga. Meskipun demikian, masih belum diketahui perusahaan mana yang mendapatkan pajak tersebut. 

Akan tetapi, terdapat kabar bahwa perusahaan perbankan dan energi yang memperoleh pendapatan setidaknya mencapai 1 miliar euro (Rp15 triliun) yang akan dikenakan pajak luar biasa kali ini. 

Baca Juga: Roadmap Pasar Karbon Belum Sinkron, Pajak Karbon Bakal Tertunda?

2. Dana dialokasikan untuk biayai perjalanan kereta api gratis dan beasiswa

Pajak luar biasa yang diterapkan Pemerintah Spanyol kali ini akan digunakan untuk membiayai perjalanan gratis dengan kereta api pada September sampai Desember mendatang. Selain itu, digunakan untuk mendanai beasiswa dan pembangunan rumah baru. 

PM Sanchez menuturkan bahwa tiket kereta api gratis akan diberikan kepada penumpang dengan perjalanan jarak dekat dan menengah. Sedangkan beasiswa diberikan kepada satu juta penerima di sekolah dan universitas dengan tambahan 100 euro (Rp1,5 juta). Serta 12 ribu rumah akan dibangun di Madrid dengan dana tersebut. 

"Saya akan terus bekerja keras untuk membantu dan membela penduduk kelas pekerja di negara ini" ungkap pemimpin sayap kiri tersebut, dikutip Vice News

Para pengguna kereta api bisa mendapatkan tiket terusan gratis untuk perusahaan milik negara Renfe. Sedangkan diskon 50 persen sudah diterapkan mulai Juni ini untuk membantu para pekerja komuter. 

Baca Juga: BUMN China Gandeng PLN, Potensi Energi Terbarukan Indonesia Diakui

3. Pemerintah adakan pertemuan dengan perusahaan perbankan

Spanyol Terapkan Pajak Baru bagi Bank dan Perusahaan EnergiPerdana Menteri Spanyol, Pedro Sanchez. (instagram.com/sanchezcastejon)

Pemerintah Spanyol pada Kamis (14/7/2022) sudah menjadwalkan bertemu dengan perbankan lokal untuk mendiskusikan masalah pajak luar biasa ini minggu depan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui secara detail bagaimana pajak ini berlaku, dilaporkan Bloomberg

Sementara, perusahaan perbankan telah kehilangan nilai pasar hingga miliaran euro sejak PM Sanchez mengumumkan pajak tersebut pada 12 Juli lalu. Juru bicara Asosiasi Perbankan Spanyol (AEB), Jose Luis Martinez mengatakan kenaikan suku bunga tidak selalu menaikkan profit bank. 

"Kemungkinan kenaikan suku bunga di European Central Bank tidak selalu memastikan kenaikan profit bank atau tidak bisa diartikan bahwa ini adalah keuntungan yang luar biasa, tapi lebih kepada kenaikan inflasi dan mengarahkan kepada kurangnya aktivitas ekonomi" tuturnya. 

Sejak berlangsungnya invasi Rusia ke Ukraina, inflasi di Spanyol diketahui terus melambung. Bahkan, di bulan Juni ini, angka inflasi di negara semenanjung Iberia itu sudah mencapai 10,2 persen dan disebut menjadi yang tertinggi dalam 37 tahun terakhir. 

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya