Comscore Tracker

7 Trik Jitu dari CMO Paragon & COO Tokopedia Jalankan Startup

Panduan buat millennials leader yang tertarik dunia bisnis

Dukungan teknologi yang kian canggih mendorong generasi muda untuk mulai berani merambah dunia bisnis. Startup begitu mereka biasa menyebutnya. Kesuksesan beberapa startup Indonesia seperti Gojek, Traveloka dan Tokopedia menjadi daya tarik bagi milennials untuk mulai tertarik menjadi entrepreneur.

Kendati demikian, kesuksesan tidak diraih secara instan. Hadiri Indonesia Milennials Summit 2019, Salman Subakat selaku CMO PT Paragon Technology and Inspiration dan Melissa Siska Juminto, COO Tokopedia berbagi cerita tentang pentingnya keseimbangan performa bisnis dan budaya.

Termasuk trik jitu yang wajib dimiliki bagi millennials yang ingin jalankan sebuah startup. Kira-kira apa aja sih?

1. Ketahui dan pahami tujuan kamu membuat startup

7 Trik Jitu dari CMO Paragon & COO Tokopedia Jalankan StartupDok. Pribadi

Hal pertama yang wajib kamu ketahui adalah tujuan dari startup yang akan dibangun. Bukan hanya terbatas profit, bisnis yang baik dan dapat konsisten selama sekian tahun adalah jembatan yang dapat menjadi akses tanpa terbatas waktu.

Hal ini menjadi penting ketika suatu hari perusahaan yang kamu jalankan menjumpai masalah, seperti yang diungkapkan oleh Salman Subakat. Tujuan yang jelas dapat membantu kamu menemukan jalan keluar yang tepat.

2. Tentukan visi dan misi yang bisa dijalankan oleh seluruh bagian perusahaan

7 Trik Jitu dari CMO Paragon & COO Tokopedia Jalankan StartupDok. Pribadi

Setelah mengetahui tujuan membuat startup tersebut, mulai susun visi dan misi agar ke depannya bisnis yang dijalankan lebih terarah. Menyusun kedua hal tersebut bukan perkara gampang. Pastikan kamu memikirkannya dengan baik-baik.

Melissa menegaskan bahwa visi dan misi yang dibuat harus bisa tersebar dan diterima oleh seluruh bagian perusahaan. Dengan begitu perusahaan tersebut akan searah dalam meraih target yang telah ditentukan.

Baca Juga: IMS 2019: Bupati Banyuwangi Sebut Urus KTP hanya 3 Jam

3. Menjalin komunikasi yang baik antar semua elemen

7 Trik Jitu dari CMO Paragon & COO Tokopedia Jalankan StartupInstagram.com/Indonesia.millennial.summit

Menanggapi soal masalah yang kerap timbul dalam sebuah perusahaan, Salman pun mengungkap bahwa komunikasi masih memegang peran penting. Adanya komunikasi yang baik antara setiap elemen menjadi pondasi yang kuat untuk keberlangsungan sebuah hubungan dalam dunia kerja.

Bukan hanya dari aspek bisnis, saling memahami dengan melakukan komunikasi yang baik justru dapat membantu meningkatkan inovasi dan menekan adanya gesekan antar teman kerja.

4. Respect jadi kunci yang harus dimiliki setiap pemeran startup

7 Trik Jitu dari CMO Paragon & COO Tokopedia Jalankan Startupinstagram.com/indonesia.millennial.summit

Selain komunikasi, Melissa menambahkan bahwa sikap respect juga wajib dimiliki oleh setiap orang. Terlebih untuk mereka yang sudah terjun dalam dunia kerja. Di samping karena ini adalah sikap dasar kepemimpinan yang wajib dimiliki oleh setiap orang, sikap respect juga dapat menciptakan lingkungan kerja yang sehat.

Kamu yang suka gonta-ganti tempat kerja, pasti setuju dong kalau lingkungan kerja yang nyaman dan sehat bikin betah dan lebih produktif dalam bekerja.

5. Dunia startup rentan dengan risiko, kamu harus berani menjadi risk taker

7 Trik Jitu dari CMO Paragon & COO Tokopedia Jalankan Startupinstagram.com/indonesia.millennial.summit

Berbeda dengan perusahaan atau instansi pemerintah yang sudah terjamin hingga hari tua. Startup memiliki ruang lingkup yang lebih dinamis dan terus menerus bersaing. Akan ada masanya kamu dihadapkan dengan pilihan yang sama-sama berisiko. Gak jarang hal tersebut mengharuskanmu menjadi risk taker atau berani mengambil risiko. Kamu sudah siap belum nih?

6. Pikirkan strategi untuk atasi segala masalah yang mungkin terjadi

7 Trik Jitu dari CMO Paragon & COO Tokopedia Jalankan Startupinstagram.com/indonesia.millennial.summit

Nah, karena rentan dengan risiko seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kamu juga wajib memikirkan strategi apa yang akan dilakukan untuk mengatasi masalah yang akan dihadapi.

Di sini kecakapanmu dalam mengambil keputusan juga dituntut nih millennials. Ada baiknya, kamu mulai pelajari studi kasus tentang permasalahan-permasalahan yang biasa terjadi di startup serta cara mengatasinya seperti apa.

7. Wajib punya jiwa pantang menyerah serta mau untuk terus belajar

7 Trik Jitu dari CMO Paragon & COO Tokopedia Jalankan StartupDok. Pribadi

Walaupun letaknya terakhir, tapi yang satu ini gak boleh diremehin. Kalau kamu mau terjun di dunia startup, wajib banget punya sikap pantang menyerah dan mau untuk terus belajar. Tekanan yang akan kamu hadapi bukan hanya dari luar melainkan internal lingkup kerja. Apalagi jika startup yang kamu bangun memiliki beragam pekerja yang memiliki latarbelakang budaya berbeda.

Dengan memiliki sikap pantang menyerah dan mau belajar dari siapapun, kamu bisa bertahan dalam menghadapi segala tekanan. Bahkan, kamu juga bisa menemukan inovasi untuk meningkatkan performa bisnis yang dijalankan.

Nah, itu tadi 7 trik jitu buat kamu yang mau menjalankan startup. Sekarang udah tahu belum nih mau bikin startup yang seperti apa? 

Baca Juga: IMR 2019: Begini Kebiasaan Millennial saat Belanja Online

Chalimatus Sa'diyah Photo Community Writer Chalimatus Sa'diyah

Be brave. Be humble :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You