Comscore Tracker

Kabar Gembira! Lion Air Turunkan Harga Tiket untuk Rute Domestik

Tarif spesial diberlakukan untuk rute-rute populer lho!

Bandung, IDN Times - Bagi kalian yang cukup sering menggunakan transportasi udara namun sering mengeluh karena harga tiket belakangan melambung tinggi, maka ada kabar gembira. Maskapi penerbangan Lion Air mulai Jumat (21/6), menurunkan harga tiketnya untuk sejumlah rute domestik. 

Penurunan harga ini mengikuti keputusan pemerintah yang meminta sejumlah maskapai penerbangan menyesuaikan harga tiket layanan minimum (no frills/ low cost carrier).

Humas Lion Air, Danang Mandala Prihantoro mengatakan, pihaknya akan memberlakukan harga jual tiket promo sampai dengan 50 persen dari tarif dasar batas atas (basic fare), yang rencananya diterapkan pada waktu (jam-jam) keberangkatan (schedule time departure) dan kondisi tertentu serta mengikuti syarat dan ketentuan. Tarif yang berlaku belum termasuk tarif bagasi tercatat (didaftarkan), pelayanan jasa penumpang udara (passenger service charges/ PSC), pajak pertambahan nilai (PPN) dan biaya asuransi (Iuran Wajib Jasa Raharja/ IWJR).

"Untuk pemesanan atau pembelian tiket promo harus dilakukan paling lambat 10 hari sebelum keberangkatan (H-10)," ujar Danang melalui siaran pers, Jumat (21/6).

Lalu, rute mana saja yang harga tiketnya diturunkan?

1. Ini daftar rute yang tiketnya diturunkan

Kabar Gembira! Lion Air Turunkan Harga Tiket untuk Rute Domestikpixabay

Lion Air saat ini sedang melakukan persiapan dan proses terkait penyesuaian harga jual tiket. Adapun penurunan harga jual tiket melalui beberapa promo, antara lain bertepatan momen 19 tahun Lion Air. Penawaran tarif spesial untuk rute populer domestik yang terdiri harga mulai dari:

1. Soekarno-Hatta, Tangerang-Tanjung Karang Rp 216.000

2. Soekarno-Hatta, Tangerang-Semarang Rp 396.000

3. Soekarno-Hatta, Tangerang- Palembang Rp 417.000

4. Soekarno-Hatta, Tangerang-Surakarta/Solo Rp    444.000

5. Soekarno-Hatta, Tangerang-Pangkalpinang, Bangka Rp 489.000

6. Soekarno-Hatta, Tangerang-Bengkulu Rp 517.000

7. Soekarno-Hatta, Tangerang-Jambi  Rp  583.000

8. Soekarno-Hatta, Tangerang-Pekanbaru Rp 697.000

9. Soekarno-Hatta, Tangerang-Surabaya Rp 583.000

10. Soekarno-Hatta, Tangerang-Lombok Praya  Rp 695.000

11. Soekarno-Hatta, Tangerang-Pontianak Rp 645.000

12. Soekarno-Hatta, Tangeran-Padang Rp 725.000

13. Balikpapan- Surabaya Rp 670.000

14.  Banjarmasin-Surabaya Rp 513.000

15. Batam- Soekarno-Hatta, Tangerang Rp  707.000

16. Soekarno-Hatta, Tangerang-Medan Kualanamu Rp 896.000

17. Soekarno-Hatta, Tangerang-Makassar Rp 911.000

18. Soekarno-Hatta, Tangerang-Palu Rp  963.000

19. Soekarno-Hatta, Tangerang-Kendari Rp 1.080.000

20. Soekarno-Hatta, Tangerang-Banda Aceh Rp 1.129.000

21. Manado-Soekarno-Hatta, TangerangRp 1.315.000

22.  Soekarno-Hatta, Tangerang-Ternate Rp 1.460.000

23. Soekarno-Hatta, Tangerang-Jayapura  Rp 2.326.000, dan rute-rute /instagramable/ lainnya.

Baca Juga: [BREAKING] Basarnas: Pesawat Lion Air Dipastikan Jatuh 

2. Lion Air ingin manjakan para traveller

Kabar Gembira! Lion Air Turunkan Harga Tiket untuk Rute Domestikunsplash.com/JESHOOTS.COM

Danang mengatakan, tarif spesial yang telah berjalan merupakan salah satu wujud kesungguhan Lion Air dalam memberikan berkesempatan kepada traveller untuk mengunjungi berbagai kota di Indonesia semakin bersar. Sekaligus membantu mewujudkan impian mereka bisa terbang.

Lion Air memastikan besaran tarif tiket (harga jual) yang dijalankan telah sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan regulator menurut layanan kelas ekonomi domestik. Dalam menentukan tarif penumpang pelayanan kelas ekonomi domestik, Lion Air Group telah menghitung dan memberlakukan secara bijak.

Untuk harga jual tiket penerbangan yang dijual merupakan implementasi penggabungan beberapa komponen menjadi kesatuan harga tiket pesawat. Biaya tiket untuk penerbangan langsung terdiri dari komponen, tarif dasar (basic fare) tiket pesawat menurut jarak, pajak (government tax) dengan kisaran 10 persen dari harga dasar (basic fare) tiket pesawat, iuran wajib asuransi yang disingkat IWJR (Iuran Wajib Jasa Raharja), Passenger Service Charge (PSC) atau airport tax dimasukkan langsung dalam biaya tiket pesawat. Besarnya berbeda-beda sesuai dengan bandar udara di masing-masing kota.

3. Para traveller bisa membeli bagasi sebelum bepergian

Kabar Gembira! Lion Air Turunkan Harga Tiket untuk Rute DomestikIDN Times/Holy Kartika

Agar setiap penerbangan menyenangkan, Lion Air menawarkan “tren perjalanan udara simpel”. Apabila travellers akan membawa bagasi saat bepergian maka bisa membeli bagasi. Sebaliknya, bila berangkat tanpa bagasi, maka tidak perlu membayar bagasi. Konsep ini memberikan nilai lebih ekonomis serta terjangkau yang disesuaikan kebutuhan.

Travellers yang akan membawa bagasi dapat melakukan pembelian voucher bagasi (pre-paid baggage) melalui agen perjalanan (agent travel), www.lionair.co.id dan kantor penjualan tiket Lion Air Group. Pembelian bagasi harga lebih hemat dapat dilakukan pada saat dan setelah pembayaran tiket (issued ticket), ketentuan batas waktu maksimum enam jam sebelum keberangkatan.

Setiap travellers (kecuali bayi), dibolehkan membawa satu bagasi kabin (cabin baggage) dengan maksimum berat 7 kg dan satu barang pribadi (personal item) seperti tas laptop/ perlengkapan bayi/ bahan membaca/ kamera/ tas jinjing wanita (hand luggage) ke dalam kabin (hand carry), yang mengikuti aturan berlaku sesuai maksimum ukuran dimensi bagasi kabin.

Baca Juga: Menhub: Aktivitas Penerbangan dari BIJB Kertajati Dimulai 1 Juli

Topic:

  • Santi Dewi

Just For You