Comscore Tracker

5 Hal Ini Bantu Dukung Pemulihan Ekonomi, Yuk #MulaiDariKamu!

Bisa kamu mulai dari hal paling sederhana, lho!

Sepanjang tahun 2020, pandemi COVID-19 berdampak luas pada berbagai aspek kehidupan masyarakat global baik di bidang kesehatan, ekonomi, maupun sosial. Kondisi ini hampir dirasakan di berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia. Pemerintah pun sudah melakukan langkah mitigasi untuk menekan penyebaran pandemi sekaligus perlahan bangkit untuk pemulihan ekonomi.

Proses pemulihan ekonomi ini tidak akan berhasil tanpa adanya dukungan dan kerja sama dari berbagai pihak, terutama generasi milenial Indonesia. Meski kamu tidak memiliki kapasitas untuk membuat kebijakan pemulihan ekonomi, kamu masih bisa mendukung pemerintah untuk bersama-sama bangkit bahkan dengan hal yang sederhana.

Lalu, apa yang bisa kamu lakukan untuk membantu pemerintah dalam program pemulihan ekonomi nasional? Berikut adalah ulasannya untukmu.

1. Bisa #MulaiDariKamu untuk lindungi sesama dengan memakai masker dan ikut vaksinasi

5 Hal Ini Bantu Dukung Pemulihan Ekonomi, Yuk #MulaiDariKamu!ilustrasi vaksinasi Covid-19 (unsplash.com/@matnapo)

Tahukah kamu bahwa mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker dan mengikuti program vaksinasi dari pemerintah adalah hal sederhana untuk mendukung program pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi COVID-19?

Pembatasan mobilitas beberapa waktu lalu memberi dampak pada proses produksi, distribusi, dan konsumsi berbagai kebutuhan ekonomi terutama pemenuhan kebutuhan rumah tangga.

Keberhasilan program vaksinasi perlahan akan memulihkan aktivitas ekonomi di masyarakat karena mulai dibukanya akses mobilitas perdagangan dan ekonomi masyarakat dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan sebagai bentuk adaptasi kebiasaan baru.

2. Menyuarakan dukungan kepada pelaku usaha lewat Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia

https://www.youtube.com/embed/N-aIY9EcWck

Pelaku UMKM merupakan salah satu aspek terbesar penggerak perkenomian di Indonesia. Pandemi COVID-19 memberi dampak luar biasa kepada pelaku UMKM di berbagai daerah di Indonesia. Sebagian besar kegiatan ekonomi UMKM seperti proses produksi dan distribusi barang menjadi terhenti.

Saat ini, pelaku UMKM perlahan bangkit untuk memulihkan aktivitas ekonomi dengan dukungan program stimulus usaha dari pemerintah. Pelaku UMKM pun mulai merambah konsumen digital dengan ikut program UMKM Go Online yang bekerja sama dengan berbagai e-commerce Indonesia untuk menjangkau pasar konsumen yang lebih luas.

Kamu bisa ikut mendukung ekonomi UMKM dengan menyuarakan Gerakan Bangga Buatan Indonesia. Gerakan ini digagas oleh pemerintah sebagai bentuk dukungan kepada pelaku UMKM sekaligus ajakan kepada masyarakat untuk membeli produk-produk lokal tanah air.

Kamu juga bisa membagikan produk lokal unggulan yang kamu beli ke media sosial. Harapannya, gerakan ini akan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melakukan transaksi ekonomi di pelaku UMKM.

Baca Juga: 6 Upaya yang Bisa Dilakukan untuk Bantu Pemulihan Ekonomi Nasional

3. Jadi bagian penggerak ekonomi dengan mengembangkan usaha kreatif

5 Hal Ini Bantu Dukung Pemulihan Ekonomi, Yuk #MulaiDariKamu!ilustrasi wirausaha kerajinan (unsplash.com/@rwlinder)

Momentum pemulihan pasca pandemi ini membuka peluang agenda kewirausahaan yang lebih luas. Hal ini pun menjadikan aspek pengembangan kewirausahaan menjadi salah satu agenda prioritas pemerintah guna mendukung pemulihan ekonomi nasional. Pasalnya, kewirausahaan dan ekonomi berbasis UMKM memegang peran strategis untuk pertumbuhan ekonomi.

Pemerintah menggalakkan berbagai program kewirausahaan khususnya menyasar ke kalangan anak muda yang baru memasuki ke pasar kerja. Ini kesempatan untuk kamu yang mau ikut ambil bagian sebagai penggerak ekonomi nasional.

Pertumbuhan kewirausahaan yang masif akan berdampak pada perluasan penciptaan lapangan kerja yang nantinya akan berdampak pada pergerakan ekonomi yang berkelanjutan.

4. Butuh liburan? Berwisata di Indonesia saja untuk membantu ekonomi warga di wilayah pariwisata

5 Hal Ini Bantu Dukung Pemulihan Ekonomi, Yuk #MulaiDariKamu!ilustrasi wisata indonesia (unsplash.com/@devondcs)

Pariwisata di Indonesia tak kalah bagusnya jika dibandingkan dengan negara lain. Ada banyak sektor pariwisata unggulan yang bisa menjadi destinasi liburan yang menyenangkan. Tak hanya itu, di situasi pasca pandemi COVID-19 ini kamu juga turut membantu perekonomian warga sekitar area wisata.

Dengan mengunjungi wisata di Indonesia, kamu berperan menghidupkan kembali rantai aktivitas ekonomi pariwisata yang terputus karena dampak pandemi. Mulai dari industri jasa transportasi, perhotelan, hiburan, kuliner, UMKM kerajinan tangan dan lainnya. Jadi, ayo mulai persiapkan liburanmu di Indonesia saja! Liburan menyenangkan sambil membantu memulihkan ekonomi. Tapi, tetap perhatikan protokol kesehatan juga ya!

5. Berusaha untuk terus meningkatkan kompetensi dan keterampilan diri

5 Hal Ini Bantu Dukung Pemulihan Ekonomi, Yuk #MulaiDariKamu!ilustrasi meningkatkan keterampilan (unsplash.com/@campaign_creators)

Perkembangan teknologi yang masif menuntut untuk siap beradaptasi mempelajari berbagai pengetahuan dan keterampilan yang relevan terutama untuk pemenuhan kebutuhan di dunia kerja. Semakin berpengalaman, penuh pengetahuan, dan keterampilan akan meningkatkan nilai jual seseorang di industri pasar kerja. Hal ini nantinya akan berdampak pada penurunan angka pengangguran sehingga pergerakan ekonomi akan terus berkelanjutan.

Nah, itu tadi beberapa hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mendukung program pemulihan ekonomi nasional. Sederhana namun memiliki dampak luar biasa. Dukunganmu tersebut diharapkan akan memberikan kinerja positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Yuk, bisa kok #MulaiDariKamu!

Baca Juga: 5 Manfaat Digital Marketing bagi Pelaku UMKM di Era Pandemi

Dede Surya Pradipta Photo Verified Writer Dede Surya Pradipta

Pop news geek in superhero movie, comics, and series

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya