Comscore Tracker

30 Tahun Sogo Indonesia, Inovasi di Tengah Persaingan Bisnis Ritel

Eksistensi sogo di tengah era digital

Jakarta, IDN Times - Managing Direktur PT Panen Lestari Indonesia, Handaka Santoso mengungkapkan persaingan bisnis ritel sangat ketat di era digitalisasi, oleh karenanya perlu dilakukan inovasi untuk bisa menarik perhatian customer.

"Sogo departemen store ini sudah masuk 30 tahun, banyak sekali tantangannya, apalagi bisnis ritel juga merupakan persaingan yang sangat ketat karena banyak yang online kita harus terus berinovasi di era digitalisasi serta melakukan banyak experience di dalam store kita," ucapnya dalam acara 30th Anniversary Sogo Indonesia, Senayan, Selasa (3/3).

1. Inovasi magic mirror di beberapa store

30 Tahun Sogo Indonesia, Inovasi di Tengah Persaingan Bisnis Ritel30 Tahun SOGO Indonesia (IDN Times/Denny Adhietya Febrian)

Di era digitalisasi ini banyak store yang sudah memanfaatkannya melalui sistem online dalam berbelanja. Berbeda dengan Sogo Departemen Store yang sudah eksis selama 30 tahun ini, perusahaan ritel tersebut berinovasi dengan magic mirror di beberapa store-nya. Handaka mengatakan ini merupakan inovasi yang dibuat untuk menarik perhatian customer untuk berbelanja.

"Memang kebanyakan sudah online, kita melakukan inovasi magic mirror dibeberapa store kita, jadi customer bisa mencoba pakaian seperti torch gitu dengan magic mirror," ucapnya.

2. Konsistensi selama 30 tahun dengan melakukan inovasi dan experience

30 Tahun Sogo Indonesia, Inovasi di Tengah Persaingan Bisnis Ritel30 Tahun SOGO Indonesia (IDN Times/Denny Adhietya Febrian)

Handaka mengatakan bahwa konsistensinya dalam persaingan ketat di pasar ritel dengan melakukan berbagai experience di store serta melakukan inovasi dan juga memberikan service yang baik agar customer merasa nyaman dan puas dalam berbelanja.

"Kita sangat mensyukuri sudah eksis selama 30 tahun, banyak inovasi dan experience yang dilakukan agar mampu bersaing dipasar ritel seperti memberikan service yang maksimal kepada para customer supaya bisa berbelanja dengan nyaman dan puas," ucapnya.

3. Tips bisnis ritel agar bisa bertahan lama

30 Tahun Sogo Indonesia, Inovasi di Tengah Persaingan Bisnis RitelIDN Times/ Denny Adhietya

Handaka mengungkapkan beberapa poin penting terkait bisnis ritel agar tetap eksis sampai saat ini yaitu dengan menyediakan segala kebutuhan yang diperlukan customer serta mampu bersinergi dengan supplier dan juga memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

"Tinggal gimana kita bisa bersinergi dengan supplier, terus memberikan treatment yang baik kepada customer dengan memberikan promosi dan juga menyediakan bonus serta kebutuhan yang diperlukan customer kita," ucapnya

Baca artikel menarik lainnya di IDN App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya