Comscore Tracker

Meski Sudah Ada Toko Online, 5 Hal Ini Buktikan Pentingnya Toko Retail

Toko retail dan toko online saling melengkapi

Di zaman serba online ini, banyak retail yang justru gulung tikar karena kalah bersaing dengan toko online yang ada. Hal ini membuat banyak orang berpikir, apakah toko retail sebaiknya sudah tidak perlu ada lagi?

Eits, sebelum kamu mengambil kesimpulan ada baiknya kamu membaca artikel di bawah ini mengenai kelebihan toko retail yang tidak bisa dimiliki oleh toko online. Apa sajakah itu? Berikut adalah ulasannya untuk kamu!

1. Bisa langsung melihat fisik barang

Meski Sudah Ada Toko Online, 5 Hal Ini Buktikan Pentingnya Toko RetailPexels/ Bruce Mars

Keuntungan utama dari membeli barang di toko retail adalah kita bisa langsung melihat barang yang ingin kita beli. Hal ini akan sangat penting apabila kita ingin membeli barang seperti pakaian dan smartphone yang seringkali harus kita coba terlebih dahulu untuk mengetahui cocok atau tidak. Berbeda dengan toko online yang hanya menyediakan gambar saja sehingga informasi lebih minim.

2. Mengurangi kesalahan pembelian

Meski Sudah Ada Toko Online, 5 Hal Ini Buktikan Pentingnya Toko RetailPexels/ Artem Bali

Seringkali kita tidak memahami spesifikasi yang diberikan di toko online. Hal ini membuat kita beresiko salah membeli barang, contohnya adalah ukuran baju yang bisa saja berbeda dengan ukuran tubuh kita sebenarnya. Dengan belanja di toko retail, kita dipastikan tidak akan salah membeli barang karena kita menyentuh langsung barang tersebut.

Baca Juga: Baru Gajian, Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Jadi Penggila Belanja

3. Adanya interaksi sosial

Meski Sudah Ada Toko Online, 5 Hal Ini Buktikan Pentingnya Toko Retailindrabel.com

Hampir tidak ada interaksi antara pembeli dan penjual di transaksi secara online. Hal ini membuat kita kesulitan untuk bertanya-tanya dengan penjual ataupun meminta saran dari mereka. Misalkan jika ingin membeli make up dan bingung dengan apa yang harus dibeli, biasanya akan ada petugas yang sudah mendapatkan pelatihan khusus agar paham dengan kebutuhan pelanggan.

Selain itu, toko retail juga bisa meningkatkan frekuensi interaksi sosial kita yang dewasa ini sudah terasa makin tergeser oleh interaksi di dunia maya.

4. Beli langsung pakai

Meski Sudah Ada Toko Online, 5 Hal Ini Buktikan Pentingnya Toko Retailfun-japan.jp/id

Jika membeli barang secara online, kamu harus menunggu beberapa hari hingga kamu bisa memakai barang tersebut. Apabila kamu bukan orang yang sabaran, toko retail adalah pilihan terbaik untuk kamu karena kamu bisa langsung memakai barang tersebut begitu sudah membelinya. Tidak hanya itu, terkadang kita membutuhkan barang tersebut dengan cepat sehingga belanja di toko online bukanlah pilihan.

5. Membuka lapangan pekerjaan

Meski Sudah Ada Toko Online, 5 Hal Ini Buktikan Pentingnya Toko Retailbendigoadvertiser.com.au

Terakhir, hal terpenting dari adanya toko retail adalah membuka lapangan pekerjaan bagi banyak orang. Hal ini akan membantu pergerakan ekonomi dan mengurangi jumlah pengangguran yang sudah cukup banyak di Indonesia.

Dalam sebuah toko retail, ada banyak pekerja seperti bagian gudang, kasir, hingga manager retail, jadi jika toko retail sampai menghilang akan ada banyak orang yang kehilangan pekerjaannya.

Nah, jadi itulah 5 hal yang menjadi kelebihan toko retail dan tidak bisa dimiliki oleh toko online. Jadi manakah yang lebih baik, toko online ataukah toko retail? Kalau menurut penulis sendiri sih keduanya sama penting sehingga alangkah baiknya kedua jenis toko ini saling melengkapi. Kalau menurut kamu bagaimana?

Baca Juga: 7 Cara ini Bisa Selamatkan Dompetmu Saat Berbelanja Bahan Makanan

Deny Hung Photo Verified Writer Deny Hung

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya