Comscore Tracker

Yuk Dicoba! 7 Langkah Elegan Ubah Passion Jadi Pundi Rupiah

Gak sulit, asalkan konsisten guys! #Powerful10

Setiap orang pasti pernah merasakan dilema menentukan antara bekerja karena tuntutan kebutuhan, maupun bekerja sesuai dengan passion. Hanya saja tidak semua individu berani mengambil keputusan untuk mendalami apa yang benar-benar membuatnya tertarik, tanpa memikirkan embel-embel tuntutan ekonomi setelahnya.

Alih-alih menyerah dengan meneruskan pekerjaan stagnan yang tak membuatmu bersemangat, coba yuk, terapkan tujuh langkah di bawah ini agar passion dalam dirimu justru mendatangkan pundi-pundi rupiah kelak.

1. Memaknai dan mengenali dirimu lewat berbagai hal

Yuk Dicoba! 7 Langkah Elegan Ubah Passion Jadi Pundi RupiahPixabay/Free-Photos

Sudah sepatutnya, kamu adalah orang yang paling mengenal pribadi kamu. Orang lain hanya perantara yang merefleksikan dirimu yang nampak di permukaan. Misalnya, jika kamu adalah pribadi yang menyenangkan dan murah senyum, otomatis orang-orang akan suka berada di dekatmu. Berlaku pula sebaliknya.

Namun, apa yang kamu pikir dan rasakan, belum tentu orang lain paham. Atas dasar itu, mulailah untuk memaknai arti dirimu sendiri lewat berbagai hal. Sesuatu yang sejatinya dapat membuatmu menemukan segala hal tentang 'aku'. 'Aku' yang hanya dapat kamu pahami seorang diri.

2. Bebaskan pikiran dan biarkan hati menuntunmu sesekali

Yuk Dicoba! 7 Langkah Elegan Ubah Passion Jadi Pundi RupiahPixabay/Free-Photos

Rundungan masalah, apalagi masalah finansial, memang kerap membuat seseorang enggan mengambil langkah ekstrem. Ekstrem di sini dalam arti keluar dari zona nyaman yang selama ini diciptakan.

Ada banyak hal yang mesti dipertimbangkan, diperhitungkan, dianalisis dan sebagainya, sebelum seseorang memutuskan untuk mendalami passion. Padahal, pada akhirnya kita hanya diam di tempat dan tak bergerak maju.

Sesekali yang kamu harus lakukan adalah membebaskan pikiran dari segala hal-hal rumit yang hanya membuatmu terkungkung. Beri kesempatan pada hatimu untuk melakukan sesuatu yang membangkitkan 'warna' dirimu. 

Shannon L. Alder pernah berkata, “penyesalan terbesar dalam hidup adalah menjadi apa yang diinginkan orang lain daripada menjadi dirimu sendiri.”

3. Bertemu dengan banyak orang dan banyak kegiatan positif

Yuk Dicoba! 7 Langkah Elegan Ubah Passion Jadi Pundi RupiahPixabay/StockSnap

Hal yang kamu geluti saat ini mungkin tanpa sadar telah mendiktemu untuk berlaku stagnan. Apalagi jika kamu tidak menjiwai apa yang kamu kerjakan sekarang, tentunya tujuh hari dalam seminggu buatmu hanya begitu-begitu saja.

Saatnya kamu ubah jadwal weekend kamu untuk melakukan kegiatan positif dan bermanfaat, yang juga memungkinkan kamu untuk berinteraksi dengan orang baru. Mungkin di luar sana, ada orang-orang yang siap menerima kehadiranmu kapan saja untuk berbagi passion yang sama.

Baca Juga: 7 Cara Menemukan Passion Khusus Untuk Kamu yang Sedang Kebingungan

4. Temukan komunitas yang membuatmu tertarik berada di tengahnya

Yuk Dicoba! 7 Langkah Elegan Ubah Passion Jadi Pundi RupiahPixabay/Free-Photos

Jika kamu telah yakin akan apa yang benar-benar ingin kamu selami, sudah waktunya kamu mencari komunitas dengan visi yang sama. Paling tidak, orang-orang dalam komunitas tersebut akan membuatmu termotivasi dan menantangmu untuk berkompetisi secara sehat.

Hal positif lainnya, kamu akan banyak bertukar pengalaman dengan orang-orang yang telah lebih dulu survive mengembangkan passion menjadi bisnis. Hal-hal apa saja yang mereka lakukan dan yang tidak mereka lakukan hingga akhirnya bisa sukses seperti sekarang.

5. Persenjatai dirimu dengan sesuatu yang mendukung secara optimal

Yuk Dicoba! 7 Langkah Elegan Ubah Passion Jadi Pundi RupiahPixabay/Free-Photos

Di zaman yang serba instan dan canggih seperti sekarang ini, banyak hal-hal baru yang menjadi passion seseorang dan lebih banyak pula yang mengandalkan teknologi. Sebut saja seperti blogger, vlogger hingga selebgram

Berbicara mengenai 'senjata' dalam mendukung optimal passion kamu, Samsung Galaxy Note10 | 10+ hadir sebagai pilihan tepat dan bijak buat kamu, nih. Pasalnya, smartphone ini dilengkapi dengan lensa widetelephoto, dan ultrawide, serta Time of Flight 3D Camera (khusus Galaxy Note10+). RAM-nya pun masing-masing terdiri dari 8GB dan 12GB. Tak perlu bingung lagi deh, kreasikan content unik kamu untuk di-publish and share.

Pekerja kantoran juga dapat mengandalkan fitur S Pen yang dilengkapi teknologi Digital Text Conversion dan Air Gesture dari Samsung Galaxy Note10 | 10+, lho. Kamu penasaran? Jadi, terlepas dari apa pun passion kamu, yuk segera kunjungi www.samsung.com/id untuk dapatkan penawaran menarik Samsung Galaxy Note10 | Note 10+.

6. Meski hasil pertama tak memuaskan, jangan langsung menyerah

Yuk Dicoba! 7 Langkah Elegan Ubah Passion Jadi Pundi RupiahPixabay/Lukas Bieri

Jika akhirnya kamu benar-benar terjun pada passion yang kamu minati dan menjadikannya sebuah bisnis. Meski hasil awal yang kamu dapat tak langsung memuaskan, jangan buru-buru menyerah.

Pahami bahwa segala sesuatu memang dimulai dari kecil, yang membedakan hanya seberapa besar kita memupuk konsistensi dan rasa sabar.

7. Jangan lupa berdoa dan berbagi dengan sesama

Yuk Dicoba! 7 Langkah Elegan Ubah Passion Jadi Pundi RupiahPixabay/Bessi

Hal lain dari konsistensi, kamu juga harus selalu melibatkan Tuhan dalam setiap usaha. Hasil memang tak mengingkari kerja keras, namun kerja keras tanpa berdoa akan terasa seperti sia-sia saja.

Sementara berbagi pada sesama membuatmu memaknai keberadaan dirimu sendiri bagi orang lain dalam hidup. Akan lebih membanggakan, terutama untuk diri kamu sendiri, jika keterikatan antara passion dan bisnis yang kamu geluti bermanfaat bagi kebaikan orang banyak.

Itulah tujuh langkah elegan dalam mengubah passion yang kamu miliki menjadi pundi-pundi rupiah. Semoga dapat bermanfaat dan menambah rasa percaya diri kamu untuk mulai mengambil langkah konkret meraih mimpi, ya!

Baca Juga: Ini Dia Peringatan Keras Kamu Sedang Mengerjakan Hal yang Bukan Passion Kamu

Devi Latifah Photo Verified Writer Devi Latifah

Menulis adalah cara lain menggapai cita-cita.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You