Comscore Tracker

5 Cara Mengatur Keuangan Bulanan dengan Gaji di Bawah Rp1 Juta

Yuk, mulai rencanakan keuangan bulananmu

Banyak orang yang merasa pusing dan merasa bingung harus mengatur keuangan setiap bulanannya terutama teruntuk kalian yang memiliki gaji di bawah Rp1 juta setiap bulannya. Wah, bagaimana ya bertahan hidup dengan gaji yang kecil?

Nah, buat kamu yang sedang mengalami hal yang sama berikut lima tips yang dapat digunakan untuk membantumu mengatur dana bulanan.

1. Sisihkan uang tabungan terlebih dahulu!

5 Cara Mengatur Keuangan Bulanan dengan Gaji di Bawah Rp1 Jutapexels.com/maitree rimthong

Menabung bukan buat orang dengan gaji besar saja. Langkah pertama yang kamu lakukan adalah mulai lah untuk menyisihkan uang tabungan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan karena akan ada kemungkinan besar dana tabungan setiap bulannya tidak akan terkumpul jika kamu tidak mengalokasikannya dana di awal. Kamu bisa alokasikan dana tabungan sekitar 10-30% dari gaji bulanan atau sesuai dengan kemampuanmu.

2. Mulailah untuk merincikan dana apa saja yang kemungkinan akan dikeluarkan pada bulan itu

5 Cara Mengatur Keuangan Bulanan dengan Gaji di Bawah Rp1 Jutapexels.com/bongkarn thanyakij

Setelah menyisihkan uang tabungan, sekarang mulailah untuk merinci daftar keperluan mu setiap bulannya. Seperti uang makan, uang skincare, uang sedekah, uang listrik, uang gas, dan lain sebagainya. Catat dan buatlah serinci mungkin dan alokasikan besaran dana tersebut ke setiap pos keuangannya. Eliminasi untuk membeli hal yang gak penting-penting banget. Di sini kamu harus cermat.

Baca Juga: 4 Kesalahan Orangtua Millennial dalam Merencanakan Keuangan 

3. Kemudian pisahkan uang berdasarkan masing-masing pos keuangan yang telah dibuat

5 Cara Mengatur Keuangan Bulanan dengan Gaji di Bawah Rp1 Jutaunsplash.com/Micheile Henderson

Apabila sudah menentukan daftar kebutuhan yang akan dikeluarkan di bulan itu maka masukkanlah uang-uang tersebut ke dalam Wallet Organizer dan beri nama setiap pos dengan kebutuhan apa yang akan digunakan dengan uang tersebut. Kamu harus disiplin dan hindari pengeluaran yang gak perlu agar terlihat seperti yang orang lain lakukan.

4. Apabila terdapat uang sisa maka buatlah expense tracker

5 Cara Mengatur Keuangan Bulanan dengan Gaji di Bawah Rp1 Jutaunsplash.com/Adeolu Eletu

Nah, apabila masih terdapat uang sisa setelah kamu telah membagi gajimu ke dalam pos-pos maka buatlah expenses tracker atau catatan pengeluaran. Kamu bisa menggunakan aplikasi untuk mencatat keperluan tidak terdugamu. Namun, jika gak bersisa gak masalah, dengan mengelola gaji kecil kamu sudah jadi keren.

5. Siapkan dana darurat

5 Cara Mengatur Keuangan Bulanan dengan Gaji di Bawah Rp1 Jutapexels.com/Anna Shvets

Menyiapkan dana darurat sangat penting untuk dilakukan loh! maka dari itu kamu bisa menentukan terlebih dahulu besaran dana darurat mu. Biasanya besaran minimal dana darurat  yang harus dimiliki adalah adalah tiga kali jumlah kebutuhanmu tiap bulan.

Dengan besaran gaji Rp1 juta atau mungkin kurang, sebenarnya sama saja cara mengaturnya. Namun, yang perlu kamu ketahui adalah menjadi realistis dengan gak membeli barang-barang di luar kemampuan. Asumsinya dengan gaji tersebut, kamu masih tinggal dengan orangtua, ya.

Baca Juga: 5 Risiko Memaksakan Diri Bergaya Mewah padahal Gaji Seadanya

Dewi indah Purnamasari Photo Writer Dewi indah Purnamasari

just oradinary human

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya