Comscore Tracker

Kian Digemari, Ini 5 Situs Crowdfunding yang Jadi Primadona

Pengajuan dana lewat crowdfunding kini kian menjadi pilihan

Jakarta, IDN Times – Perkembangan financial technology (fintech) di Indonesia sangat pesat karena menjadi opsi bagi masyarakat di tengah sulitnya akses pendanaan dari lembaga keuangan formal. Salah satu jenis fintech yang lagi marak ialah crowdfunding. Sistem ini memungkinkan penghimpunan dana dari masyarakat luas untuk membiayai proyek tertentu.

Berikut ini 5 situs crowdfunding di Indonesia yang dirangkum IDN Times, untuk mencari dana dengan mudah, aman, dan nyaman.

1. Urunan dana untuk industri kreatif di kolase.com

Kian Digemari, Ini 5 Situs Crowdfunding yang Jadi Primadonakolase.com

Baru berjalan satu tahun, namun sudah bantu mendanai sebanyak Rp1  miliar. Kolase.com merupakan situs crowdfunding pertama di Indonesia yang menyajikan beragam pilihan campaign bagi pelaku industri kreatif, baik itu musisi, pegiat event, penulis buku, maupun creative planner lainnya.

Kelebihan dari platform ini ialah, saling menguntungkan antara kedua belah pihak yakni, campaigner dan juga booster, sebutan bagi pendukung creative planner yang membuat campaign. Adapun beberapa musisi yang sudah melakukan campaign-nya dan berhasil adalah, Tulus, Fourtwnty, Elephant Kind, Mocca, Dekat, dan beberapa musisi Tanah Air lainnya.

Baca Juga: IMS 2019: Bupati Sigi Apresiasi Crowdfunding Bantu Daerah Likuifaksi

2. Pinjam dana untuk usaha melalui Akseleran

Kian Digemari, Ini 5 Situs Crowdfunding yang Jadi Primadonaakseleran.com

Mengutip dari halaman Akseleran, situs tersebut merupakan peer-to-peer (P2P) lending platform, di mana Usaha Kelas Menengah (UKM) yang membutuhkan pinjaman untuk mengembangkan usaha, dihubungkan dengan kumpulan pemberi pinjaman yang memiliki dana lebih untuk mendanai pinjaman tersebut. Dalam situs tersebut juga terdapat pilihan untuk user, ingin menjadi pemberi pinjaman atau mengajukan pinjaman.

3. Donasi melalui kitabisa.com

Kian Digemari, Ini 5 Situs Crowdfunding yang Jadi Primadonakitabisa.com

Situs yang nampaknya sudah dikenal oleh banyak kalangan di Indonesia khususnya Jakarta. Mengutip dari halaman kitabisa.com website tersebut merupakan situs yang mewadahi orang untuk berdonasi maupun galang dana.

4. Melakukan aksi sosial melalui ayopeduli.id

Kian Digemari, Ini 5 Situs Crowdfunding yang Jadi Primadonaayopeduli.id

Merupakan salah satu situs crowdfunding asal Indonesia yang bertujuan untuk mempertemukan masalah sosial dan pemberi solusi, yakni penggerak sosial, sponsor maupun donatur.

Baca Juga: 6 Cara Memulai Bisnis Supaya Dapat Modal dari Crowdfunding

5. Pendanaan jangka pendek oleh GandengTangan

Kian Digemari, Ini 5 Situs Crowdfunding yang Jadi Primadonagandengtangan.co.id

Berhasil menyalurkan dana sebanyak Rp. 7 Milyar, GandengTangan memiliki misi untuk menghubungkan para pemilik usaha mikro yang membutuhkan pembiayaan dengan para pendana yang ingin memberikan dampak sosial.

Baca Juga: IMS 2019: Semua Dana Crowdfunding Harus Seizin Kemensos

Topic:

  • Dian Apriliana
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya