Cuan MAXimal, 5 Tips Bikin Dagangan Laris di Tengah Pandemik

#IniBaruGokil Bikin konsumen puas, cuan ngalir terus

Berbisnis di tengah pandemik pasti sangat besar tantangannya. Apalagi bisnis skala kecil dan yang baru dirintis. Salah satu sektor bisnis yang terkena dampak besar adalah perdagangan.

Di antara pembaca ada yang berwirausaha atau berdagang? Salut buat kalian sebab bisa bertahan di situasi ini pasti gak mudah. Belum lagi PPKM yang terus diperpanjang, pasti bikin hasil penjualan makin gak menentu.

Ada sedikit tips dan trik nih untuk menarik minat konsumen di tengah pandemik ini. Gak perlu keluar banyak biaya buat promosi, ini cara cerdik bikin dagangan laris MAXimal. Yuk simak!

1. Gencar melakukan promosi di berbagai platform media sosial

Cuan MAXimal, 5 Tips Bikin Dagangan Laris di Tengah PandemikIlustrasi mengakses media sosial. (Pexels.com/cottonbro)

Pembatasan kegiatan di tengah pandemik bikin ruang gerak kita terbatas. Mau gak mau, para pedagang kini harus bersahabat dengan teknologi dan menjadikan media sosial sebagai etalase untuk memajang barang dagangan.

Saat ini, ada beberapa media sosial yang digemari masyarakat. Sebagai pedagang, kamu harus berusaha aktif di beberapa media sosial untuk menyapa calon pembeli dari berbagai kalangan.

Selain Instagram, Facebook, dan Twitter; mulailah merambah TikTok serta YouTube. Tiap-tiap platform ini memiliki karakter pengguna yang berbeda. Nah, kamu perlu menyesuaikan diri dengan cepat agar konten promosimu bisa diterima oleh mereka.

2. Berkolaborasi dengan sesama pelaku UMKM

Cuan MAXimal, 5 Tips Bikin Dagangan Laris di Tengah PandemikIlustrasi bisnis pernak-pernik. (Pexels.com/Sam Lion)

Menurunnya daya beli dan promosi yang makin gencar dari tiap penjual, bikin persaingan jadi makin ketat. Pernah terpikir untuk melakukan promosi lewat endorse artis atau figur publik? Butuh biaya besar lho, serta belum menjamin bisa meningkatkan hasil penjualan secara signifikan. 

Mau coba cara serupa namun lebih murah? Coba deh berkolaborasi dengan sesama pelaku UMKM. Usahakan berkolaborasi dengan UMKM yang memiliki produk berbeda dengan usahamu agar gak terkesan menyaingi.

Misalnya kamu menjual lauk siap saji. Ajak pelaku UMKM lain yang berjualan minuman, sambal, atau camilan beku. Kemas dagangan kalian menjadi beberapa pilihan paket yang bisa mencakup semua produk tersebut. Dengan begitu, ada empat produk dari brand berbeda dalam sekali promosi.

Makin banyak UMKM yang terlibat, makin luas pula sebaran promosinya. Produkmu ikut dikenal oleh para konsumen dari tiap-tiap brand dalam kolaborasi ini. Seru, kan?

Baca Juga: 5 Tips Memulai Bisnis Jualan Online dari Nol, Harus Dicoba!

3. Aktif membalas pertanyaan calon pembeli

Cuan MAXimal, 5 Tips Bikin Dagangan Laris di Tengah PandemikIlsutrasi multitasking. (Pexels.com/Yan Krukov)

Penjual yang ramah bakal bikin pembeli betah, pegang prinsip ini. Di situasi seperti sekarang ini, kamu sebagai penjual harus siap menghadapi pertanyaan dari calon pembeli, bisa lewat komentar atau pesan singkat di berbagai aplikasi.

Karena semuanya serba online dan virtual, definisi penjual ramah adalah yang rajin serta cepat dalam merespons pesan masuk. Wah, jaringan internet yang stabil harus jadi modal utamamu, nih!

Jangan khawatir, ada Smartfren Gokil Max yang siap membantu aktivitas berdagangmu jadi lebih MAXimal. Jaringannya stabil dan lancar, membalas pesan sampai kirim gambar produk ke pembeli dijamin cepat prosesnya.

Kuota Smartfren Gokil Max terdiri dari kuota lokal dan kuota nasional yang bisa diakses meski kamu sedang berada di luar kota. Jadi kamu bisa merespons pesan dari calon pembeli kapan pun dan di mana pun. Bakal dikenal sebagai pedagang gokil yang super responsif pada calon pembeli, nih! Siap-siap kebanjiran order, ya!

4. Bikin konten yang menambah informasi tentang produkmu

Cuan MAXimal, 5 Tips Bikin Dagangan Laris di Tengah PandemikIlustrasi upload konten dengan Smartfren Gokil Max. (Dok. pribadi/Dian Septi Arthasalina)

Promosi yang dikemas dengan kreatif dan edukatif pasti lebih menarik minat calon pembeli. Jangan cuma memajang deskripsi produk dan harga, konten promosimu bisa kok disulap jadi lebih berbobot.

Kasih informasi yang lebih luas hingga fakta-fakta menarik terkait produkmu. Kamu bisa membahasa bahan baku, sejarah unik, fakta ilmiah, hingga kegunaan lain dari produkmu yang mungkin belum diketahui pembeli.

Misalnya barang daganganmu adalah pernak-pernik berbahan batik. Coba buat konten tentang filosofi motif batik, ide padu padan batik untuk berbagai konsep acara, sejarah batik di Indonesia, hingga proses perawatan kain batik agar terjaga kualitasnya. Bisa dikemas dalam kumpulan foto, video, atau ulasan singkat. 

Selain riset buat konten, kamu juga butuh kuota yang melimpah. Tenang, Smartfren Gokil Max gak cuma stabil dan lancar jaringannya, tapi juga menawarkan kuota besar dengan harga murah. Kuotanya beneran gokil, dengan harga Rp70 ribuan kamu bisa mendapat kuota 36 GB yang bisa digunakan 24 jam di semua aplikasi.

Gak cuma itu, ada tambahan ekstra kuota 70 GB mulai jam 01.00 - 05.00 WIB dan jaringannya seratus persen 4G, kuotanya sultan banget! Cocok nih buat bikin konten promosi tengah malam setelah merekap hasil penjualan harian.

5. Buat penawaran menarik, misalnya give away dan flash sale

Cuan MAXimal, 5 Tips Bikin Dagangan Laris di Tengah PandemikIlustrasi mengemas produk. (Pexels.com/Kampus Production)

Pembeli mana sih yang gak tergoda dengan penawaran giveaway dan diskon? Bikin program ini deh buat melancarkan promosimu. Gak perlu menjanjikan hadiah besar, yang penting kemas program ini dengan menarik.

Misalnya bikin giveaway untuk pengikut akun media sosialmu yang rajin komentar di tiap unggahan. Atau, kasih hadiah kejutan buat yang memberi komentar unik. 

Kamu juga bisa bikin midnight flash sale untuk menyapa para calon pembeli yang hobi begadang. Sekalian menikmati esktra kuota sultan dari Smartfren Gokil Max yang tersedia di jam 01.00-05.00 WIB. 

Coba deh terapkan lima tips di atas untuk mempromosikan bisnismu. #IniBaruGokil bikin calon pembeli auto melirik produk daganganmu!

Baca Juga: 5 Tips Memulai Bisnis di Sela Aktivitas Pekerjaan, Manajemen Waktu!

Dian Arthasalina Photo Verified Writer Dian Arthasalina

bukan orang penting, kecuali anda mementingkan saya. kadang-kadang ngoceh di instagram @arthasalina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya