Comscore Tracker

Migor dan Daging Sapi Sudah Normal, Harga Cabai di Depok Masih 'Pedas'

Kenaikan harga cabai disebabkan faktor cuaca

Depok, IDNTimes - Kepala UPT Pasar Cisalak, Muhammad Sahal, mengatakan sejumlah harga kebutuhan pokok di Pasar Cisalak mengalami penurunan. Namun terdapat kebutuhan pokok yang belum mengalami penurunan harga sejak beberapa bulan lalu, salah satunya cabai.

"Harga cabai masih tetap naik sejak Ramadan dan hari ini kami cek masih mengalami kenaikan," ujar sahal kepada IDN Times, Kamis (19/5/2022). 

Baca Juga: Harga Cabai di Serang Meroket, Setara Harga Daging

1. Kenaikan cabai mencapai Rp6 ribu per kilogram

Migor dan Daging Sapi Sudah Normal, Harga Cabai di Depok Masih 'Pedas'Kepala UPT Pasar Cisalak, Muhammad Sahal saat meninjau harga kebutuhan pokok di Pasar Cisalak, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Sahal menuturkan, harga cabai yang mengalami kenaikan yakni rawit hijau Rp41 ribu per kilogram yang sebelumnya Rp35 ribu, dan cabai rawit merah Rp43 ribu per kilogram sebelumnya Rp41 ribu per kilogram. Kenaikan harga tersebut hampir merata di sejumlah kios atau los pedagang sayuran di Pasar Cisalak.

"Kenaikan harga untuk cabai rawit merah Rp2 ribu per kilogram dan cabai rawit hijau Rp6 ribu per kilogram,” tutur Sahal.

Sahal mengungkapkan, harga cabai hijau dan cabai merah biasa untuk ukuran besar dalam kondisi stabil. Cabai hijau besar di jual para pedagang sebesar Rp30 ribu per kilogram dan cabai merah biasa ukuran besar Rp40 ribu per kilogram.

"Untuk ketersediaan cabai di Pasar Cisalak masih dapat melayani pembeli karena stok mencukupi," ungkap Sahal. 

Baca Juga: Lebaran Sudah Usai, Kok Harga Daging Sapi Masih Tinggi? 

2. Harga daging mengalami penurunan sebesar Rp20 ribu perkilogram

Migor dan Daging Sapi Sudah Normal, Harga Cabai di Depok Masih 'Pedas'Kepala UPT Pasar Cisalak, Muhammad Sahal saat meninjau harga sembako di Pasar Cisalak, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Sahal menjelaskan, untuk harga kebutuhan pokok lainnya seperti minyak goreng, daging, ayam, dan komoditas lainnya terbilang stabil. Bahkan harga minyak goreng kemasan yang sebelumnya melambung kini turun menjadi Rp24 ribu per liter.

"Untuk minyak goreng curah harga tetap Rp21 ribu per liter," jelas Sahal.

Selain itu, harga daging di Pasar Cisalak yang sebelumnya mencapai Rp160 ribu per kilogram kini menjadi Rp140 ribu per kilogram. Sedangkan ayam broiler Rp35 ribu per kilogram dan telur ayam sebesar Rp27 ribu per kilogram.

"Sedangkan beras kualitas premium Rp11 ribu per kilogram dan kualitas medium Rp9 ribu per kilogram," terang Sahal.

Baca Juga: Bukan Cuma India, Deretan Negara Ini juga Melarang Ekspor Bahan Pangan

3. Warga diminta untuk belanja berlebihan dan menimbun barang

Migor dan Daging Sapi Sudah Normal, Harga Cabai di Depok Masih 'Pedas'Salah seorang pedagang sayuran sedang menimbang cabai di Pasar Cisalak, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Depok, Sony Hendro, mengatakan harga kebutuhan pokok di Kota Depok mengalami penurunan namun masih fluktuatif. Namun secara garis besar harga kebutuhan pokok mengalami penurunan dibandingkan pada saat Ramadan maupun menjelang Idul Fitri.

"Harga kebutuhan pokok mulai berangsur-angsur turun namun masih fluktuatif,"  kata Hendro.

Hendro menuturkan, harga daging di Kota Depok yang sebelumnya Rp160 ribu per kilogram menjadi Rp150 ribu per kilogram. Harga bawang merah sedang saat beberapa hari jelang lebaran mencapai Rp50 ribu hingga 60 ribu per kilogram, kini turun menjadi Rp35 ribu per kilogram, bawang putih cutting rata-rata Rp37 ribu per kilogram, dan bawang putih biasa Rp27 ribu per kilogram.

"Kami meminta warga untuk membeli kebutuhan pokok sesuai kebutuhan dan tidak membeli berlebihan atau menimbun karena stok pangan di Kota Depok aman," tutup Hendro.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya