Comscore Tracker

Tiket AirAsia yang Kamu Beli di Situs Traveloka Masih Berlaku Lho!

AirAsia memutuskan tarik semua penjualan tiket di Traveloka

Jakarta, IDN Times - Calon penumpang AirAsia sempat dibuat waswas ketika mendengar informasi maskapai asal Malaysia itu memilih tidak lagi menjual tiketnya di situs Traveloka. Pasalnya, ada sebagian dari mereka yang sudah sempat membeli tiket AirAsia di situs tersebut. Sempat muncul kekhawatiran tiket yang sudah dibeli jauh sebelum AirAsia "cerai" dari Traveloka tidak lagi berlaku untuk digunakan. 

Salah satu penumpang yang waswas itu adalah Arum Dewi. Ia sudah sempat membeli tiket untuk berlibur ke Hong Kong dan mengisi libur panjang akhir pekan. Lalu, bagaimana nasib yang sudah sempat ia beli? Apakah masih berlaku?

1. Calon penumpang AirAsia sempat khawatir tidak bisa menggunakan tiket yang dibeli di Traveloka

Tiket AirAsia yang Kamu Beli di Situs Traveloka Masih Berlaku Lho!airasia.com

Kepada IDN Times yang menghubunginya pada Kamis (7/3) kemarin, Arum menceritakan ia sudah memesan tiket pesawat AirAsia Jakarta-Hong Kong pada pekan lalu di Traveloka. Begitu mendengar informasi AirAsia yang memutuskan tak lagi menjual tiketnya di Traveloka, Arum langsung menghubungi platform perusahaan unicorn tersebut. 

"Saya langsung hubungi traveloka syukurlah tiket yang saya pesan bisa digunakan besok," kata dia pada Kamis kemarin. 

Menurutnya, proses pemesanan tiket untuk tanggal 8-10 Maret berjalan lancar. Ibu satu anak itu sempat bingung ketika mendengar AirAsia memilih tidak lagi menjual tiketnya di Traveloka. Tapi, ia mengaku lega tiket yang sudah dipesan tidak bermasalah. 

Baca Juga: AirAsia Tarik Penjualan Seluruh Tiket dari Situs Traveloka

2. Tiket AirAsia yang dipesan di Traveloka masih valid

Tiket AirAsia yang Kamu Beli di Situs Traveloka Masih Berlaku Lho!Traveloka.com

Public Relation Manager Traveloka, Busyra Oryza menjelaskan, calon penumpang AirAsia yang sudah memesan tiket sebelum tanggal 4 Maret masih bisa digunakan.

"Tiket yang sudah dipesan masih valid dan dapat digunakan untuk terbang. Konsumen dapat langsung check-in di bandara atau menggunakan fasilitas web check-in maskapai," ujarnya singkat saat dihubungi IDN Times pada Kamis (7/3).

3. Pengamat menilai keputusan AirAsia merugikan diri mereka sendiri

Tiket AirAsia yang Kamu Beli di Situs Traveloka Masih Berlaku Lho!thenational.ae

Sementara, dalam pandangan pakar transportasi Djoko Setijowarno, keputusan AirAsia justru malah bisa merugikan perusahaan asal Malaysia itu sendiri. Pasalnya konsumen sudah terbiasa memesan transportasi udara melakui aplikasi daring atau OTA.

"Kalau tidak muncul (tiketnya) tentu tidak dipilih," kata Djoko ketika dihubungi melalui pesan pendek pada Kamis kemarin. 

Kendati masyarakat juga bisa memesan tiket melalui situs atau aplikasi AirAsia, tetapi sulit mengubah kebiasaan pelanggan yang sudah terbiasa menggunakan aplikasi Traveloka atau platform lainnya seperti tiket.com

4. Calon penumpang AirAsia kecewa tidak bisa membeli tiket di Traveloka

Tiket AirAsia yang Kamu Beli di Situs Traveloka Masih Berlaku Lho!Tiket.com

Sementara, calon penumpang AirAsia lainnya Larasati Dinda juga mengaku kecewa tidak menemukan tiket AirAsia di beberapa situs online. Menurutnya, platform booking online tersebut lebih banyak menawarkan promo untuk konsumen.

"Sejujurnya sih kecewa AirAsia menarik penjualan tiket di OTA (online travel agent) karena biasanya banyak promo tambahan," ujar Larasati. 

5. Konsumen berharap AirAsia kembali ke platform Traveloka dan situs agen travel lainnya

Tiket AirAsia yang Kamu Beli di Situs Traveloka Masih Berlaku Lho!traveloka.com

Walau begitu, Larasati tetap menggunakan penerbangan AirAsia kendati harus mencarinya di situs atau aplikasi AirAsia. Ia mengaku rajin mencari tiket penerbangan murah di maskapai asal Malaysia itu. 

"AirAsia sering bagi-bagi kursi gratis asal rajin pantengin cocok buat traveler seperti saya," ucapnya.

Kendati demikian, Larasati tetap berharap AirAsia bisa kembali ke situs online Traveloka. Sebab, di situs OTA, lebih banyak menawarkan promosi dan mudah untuk memesan tiket. 

"Saya berharap keputusan tersebut ini segera ditarik dan AirAsia bisa dipesan lagi melalui Online Travel Agent (OTA) agar pelanggan kembali dimudahkan," kata dia berharap.

Baca Juga: AirAsia Putus dengan Traveloka, Pelanggan Beralih ke Maskapai Lain 

Topic:

  • Santi Dewi

Berita Terkini Lainnya