Comscore Tracker

UMKM Punya Peluang Berkembang di Masa Pandemik Lho, Ini Caranya!

Jangan menyerah dan selalu optimistis ya!

Seperti yang kita ketahui, UMKM merupakan salah satu sektor yang paling terdampak dari pandemik COVID-19. Akibatnya, pertumbuhan ekonomi pun melemah. Pemerintah sebenarnya sudah memberikan berbagai stimulus untuk penyelamatan sektor UMKM. Tapi, ada juga nih beberapa hal yang perlu dikembangkan agar UMKM bisa bertahan dan naik kelas. Yuk disimak!

1. Punya kemampuan manajemen keuangan dan organisasi yang baik

UMKM Punya Peluang Berkembang di Masa Pandemik Lho, Ini Caranya!pintek.id

Ada baiknya pelaku UMKM perlu memisahkan keuangan pribadi dan bisnis yang mereka jalankan. Tujuannya untuk memastikan pelaku UMKM tetap memiliki tabungan untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari. Selain itu, pelaku UMKM juga perlu melakukan perhitungan kesiapan modal yang dimiliki, dan modal yang disiapkan tersebut setidaknya harus mampu menghidupi bisnis hingga enam bulan ke depan. 

Hal ini juga tak boleh terlupakan untuk pelaku UMKM, yakni manajemen SDM. Pilihlah dengan selektif dan tetap memperhatikan skill yang dimiliki dari orang tersebut agar bisnis UMKM tetap berjalan dan sukses. Menetapkan standar operasional juga penting lho, seperti menetapkan hari masuk dan hari libur yang jelas untuk seluruh pegawai termasuk jam kerja. Dengan adanya aturan seperti itu, seluruh pekerja jelas akan jauh lebih disiplin dan bisa memaksimalkan tenaga produktif mereka.

2. Inovasi produk sesuai kebutuhan di masyarakat juga bisa diterapkan

UMKM Punya Peluang Berkembang di Masa Pandemik Lho, Ini Caranya!Ilustrasi pembuatan masker. (ANTARA FOTO/REUTERS/Kham)

Selama pandemik, ada beberapa kebutuhan yang ternyata menjadi keharusan untuk dimiliki atau dibeli setiap orang. Nah, pelaku UMKM harus jeli menangkap fenomena tersebut dan menciptakan peluang agar UMKM dapat terus berjalan dan berkembang. Pasalnya, membuat inovasi produk berdasarkan kebutuhan merupakan salah satu strategi untuk bertahan di tengah pandemik lho.

Contohnya nih, permintaan masker kain yang meningkat selama pandemik membuat brand fashion banyak yang banting setir menciptakan produk-produk masker kain yang diinginkan masyarakat dengan tampilan yang lebih menarik. Bahkan, ada juga yang sampai bekerja sama dengan ratusan mitra penjahit produktif dan memproduksi ribuan masker per hari selama pandemik lho. Keren banget kalau pelaku UMKM sudah bisa menangkap dan menciptakan peluang untuk bisnisnya.

3. Turunkan harga agar produk dapat dibeli, asalkan menutup biaya operasi

UMKM Punya Peluang Berkembang di Masa Pandemik Lho, Ini Caranya!Ilustrasi pertumbuhan ekonomi turun. (IDN Times/Arief Rahmat)

Salah satu masalah yang dialami pelaku UMKM saat ini ialah menurunnya permintaan pasar dan daya beli konsumen. Beberapa produsen/pedagang sangat sulit meningkatkan pendapatan. Maka dari itu, mematok target yang realistis pun bisa jadi salah satu strategi untuk bertahan di masa pandemik. 

Misalnya saja dengan menurunkan harga untuk membuat produk lebih bersaing dan dapat dibeli oleh konsumen yang daya belinya sedang turun. Dengan catatan produk yang dijual bisa bisa menutup biaya produksi (yang penting impas).

Tentunya dibarengi juga dengan berhemat (mengurangi jam operasi, musyawarah dengan pegawai terkait pengurangan gaji sementara waktu yang dikompensasi dengan penurunan beban kerja, atau mengakses program pemerintah yang mampu membantu menurunkan beban biaya. 

4. Strategi pemasaran berbasis digital, penting banget nih!

UMKM Punya Peluang Berkembang di Masa Pandemik Lho, Ini Caranya!pexels.com

Di tengah kondisi pandemik seperti saat ini, media sosial dan marketplace merupakan tempat yang paling ramai dikunjungi banyak orang. Makanya, memaksimalkan keduanya perlu banget untuk mengenalkan produk dan layanan dari UMKM yang kamu punya. Selain itu, digital advertising juga bisa menjadi salah satu solusi untuk memperkuat eksistensi UMKM kamu di marketplace maupun media sosial.

Nah, supaya pengetahuanmu lebih jelas dan makin mendetail agar UMKM kamu makin berkembang, kamu bisa nih mengikuti acara webinar dari salah satu BUMN, Hutama Karya, yang akan diselenggarakan pada Kamis, 24 September 2020, pukul 13.15 WIB dengan tema “UMKM Kuat, Indonesia Sehat” melalui Zoom Meeting, Youtube Live, dan Instagram Live. 

Acara tersebut akan mengupas tuntas tantangan sekaligus peluang UMKM di masa pandemik seperti saat ini yang tentunya berguna banget buat kelangsungan bisnis yang kamu punya. Untuk info lebih detailnya, kamu bisa klik di sini ya untuk hadir di acara tersebut. Yuk, jangan sampai terlewat acaranya!

5. Kondisi stok barang juga perlu diperhatikan ya

UMKM Punya Peluang Berkembang di Masa Pandemik Lho, Ini Caranya!Shutterstock.com/ESB Professional

Kelangkaan bahan baku sampai saat ini masih menjadi salah satu masalah yang dialami para pelaku UMKM. Meskipun secara umum persediaan bahan baku dan stok produk pelaku UMKM tidak terganggu, tidak ada salahnya untuk tetap meng-update informasi tentang produk yang ditawarkan karena perubahan secara mendadak dalam kondisi saat ini sangat mungkin terjadi.

Kamu bisa menghubungi supplier dari jarak jauh dan juga menanyakan ketersediaan barang selama satu bulan ke depan. Jika kelangkaan terjadi, kamu bisa mulai memikirkan strategi yang akan dipakai selanjutnya, misalnya mengurangi anggaran lainnya supaya tetap bisa mendapatkan bahan baku yang sama, atau mencari bahan yang bisa menggantikannya.

Topic:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya